Tips Agar Tidak Nyeri Saat Haid

Tips Agar Tidak Nyeri Saat Haid – Haid merupakan masa yang tentu tidak disukai wanita, haid biasanya terjadi setiap bulan dimana ini berlaku untuk wanita yang sudah memasuki usia subur, saat haid, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rasa nyeri. dimana semua wanita jelas mengeluhkan ras anyeri saat haid ini. penyebab nyeri tersebut sendiri berragam, seperti dinding rahim yang terkontraksi dimana jika ini terjadi, maka pembuluh darah akan terjepit dan munculah iskemi jaringan yang kemudian menimbulkan rasa nyeri.

Untuk mengatasi nyeri saat haid ada banyak sekali caranya, seperti menjalankan pola atau gaya hidup sehat sehari hari dan bahkan dari segi pakaian pun dapat menyebabkan masalah haid ini, orang yang terlalu sering berpakaian ketat misalnya menggunakan celana jeans, akan lebih besar kemungkinan mengalami nyeri saat haid, oke untuk lebih lengkapnya, simak beberapa ulasang dibawah ini untuk Tips Cara Agar Haid Tidak Nyeri.

tips agar tidak nyeri saat sedang haid

Mengonsumsi Kunyit Asam

Meskipun mengonsumsi berbagai bahan alami herbal kurang disukai karena rasanya yang tidak enak, namun jika anda memang ingin tidak mengalami nyeri saat haid, anda harus mau mengonsumsinya, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati rasa nyeri saat haid adalah kunyit asam. anda bisa membeli jamu tradisional yang terbuat dari kunyit asam. jika anda ingin membuatnya sendiri pun juga tidaklah terlalu sulit. anda cukup dengan membeli kunyit asam di toko yang biasanya ada dalam bentuk bubuk, lalu untuk bahannya sendiri juga sangat mudah ditemukan di pasar pasar. setelah itu tinggal parut beberapa ruas kunyit dengan menambahkan air sedikit dan peras serta ambil air sarinya. tambahkan juga sedikit asam jawa serta gula merah dan rebuslah sampai mendidih. lalu minum saat anda dalam periode haid.

Perbanyak Makan Makanan yang Mengandung Zat Besi

Faktor konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap nyeri tidaknya saat sedang haid. salah stau sumber makanan yang sangat bagus untuk dapat mengurangi rasa nyeri saat haid adalah makanan yang mengandung zat besi, seperti buah buahan maupun makanan seperti bayam, kacang kacangan, ubi merah dan usahakan juga perbanyak minum air putih.

Selain itu hindarilah beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk anda para wanita yang sedang haid diantara lain : Minuman bersoda, es maupun kopi dimana makanan atau minuman jenis ini dapat menimbulkan rasa nyeri saat haid.

Tidur Yang Cukup

Selain dari segi makanan atau konsumsi, anda juga harus memperhatikan waktu istirahat anda sehari hari, jangan sampai kurang tidur karena itu sangat tidak baik untuk anda yang sedang haid. minimal tidurlah selama 8 jam sehari untuk maksimal.

Hindari Menggunakan Pakaian Ketat

Saat sedang haid, usahakan anda stop dulu menggunakan pakaian yang sifatnya ketat terutama celana, hal ini karena dapat menekan area perut dan bawah perut dimana hal ini tentu dapat membuat nyeri saat haid.

Menungging

Tips yang satu ini juga patut di coba, menungging ditujukan untuk membuat Rahim menghadap ke bawah, dengan begini rasa nyeri saat haid kemungkinan besar akan berkurang atau bisa hilang dengan sekejap.

Mandi Air Hangat

Tips terakhir untuk mengatasi haid yang timbul rasa nyeri adalah dengan mandi air hangat, air hangat dapat membuat tubuh kita menjadi rileks, sehingga raasa nyeri saat haid perlaan akan dapat berkurang.

itulahh beberapa tips cara agar tidak nyeri saat haid, dengan menerapkan tips diatas, anda akan melewati masa masa haid dengan nyaman dan tentunya tanpa rasa nyeri!

baca juga : Macam – Macam Keputihan

Add Comment