Memory SD Card Tidak Terbaca di Android ‘Damaged’

SD Card Tidak Terbaca di Android – Pernahkah anda mengalami data-data yang ada pada memory card android anda tiba-tiba hilang. Lagu, foto atau data-data penting lainnya tidak bisa diakses padahal memory card masih terpasang pada smartphone anda. Android memang sensitiv dalam membaca data yang ada pada memory card, jika ada daya yang corrupt atau error maka sistem android akan menganggap memory anda rusak.

Jika memang itu terjadi pada android anda maka akan muncul notifikasi “SD card is damaged. Try reformatting it”. Jika anda mengklik atau membuka notifikasi itu maka anda akan dibawa ke menu format SD Card, jika SD card anda masih baru dan tidak ada data penting tidak masalah untuk melakukan format ulang memory. Tapi bagaimana jika didalam memory itu terdapat data-data penting, data-data berharga yang hanya ada pada memory tersebut dan masih belum ada back-up an nya.

Android damaged notifikasi-SD Card Tidak Terbaca di Android

SD card tidak terbaca di android

Pertama anda harus mencoba untuk membuka SD card anda pada komputer melalui card reader, jika anda tidak punya atau masih tidak terbaca maka lanjutkan dengan cara lainnya yaitu dengan chek disk dan auto fix (chkdsk) melalui sistem operasi windows. Pada permasalahan kali ini saya menggunakan Windows 7 dan smartphone lenovo dengan android versi 4.1.

Pertama anda harus mempersiapkan komputer/laptop dan kabel data dengan sistem operasi windows Seven(Windows XP dan Windows Eight) juga bisa. Setelah siap, ikutilah panduan berikut:

  • Sambungkan kabel data antara smartphone dengan komputer.

koneksi android dari pc ke smartphone

  • Klik/Tekan pada “Turn on USB storage”.

Maka di komputer/laptop anda akan mendeteksi dua ruang penyimpanan yaitu phone storage dan SD Card. Dalam masalah ini, SD card tidak terbaca dan hanya phone storage yang terbaca oleh komputer.

  • Buka command prompt anda dengan cara menekan tombol ‘Windows+R’ pada keyboard.

command prompt cmd

  • Ketikan CMD lalu tekan ‘Enter’
  • Lalu ketikan perintah berikut di command prompt anda:

chkdsk /x /f h:

chkdsk pada command prompt phone storage

 

Lalu tekan Enter, maka command prompt akan melakukan cek disk dan auto fix seperti gambar diatas.

Note: h pada perintah diatas adalah lokasi drive phone storage pada komputer anda. Anda bisa melihatnya di windows explorer. Biasanya c adalah sistem dan d adalah data.

  • Setelah itu lepaskan kabel data dan restart smartphone anda.

Setelah restart, biasanya notifikasi SD card is damaged akan hilang.

  • Sambungkan kembali smartphone anda ke komputer.

Maka akan terlihat dua ruang penyimpanan yaitu SD card dan phone storage. Jika tadi phone storage saya berada di drive  h, maka SD card saya akan berada di drive i. Maka lanjutkan dengan perintah yang sama.

  • Buka kembali command prompt dan ketikan perintah:

chkdsk /x /f i:

chkdsk pada command prompt sd card-SD Card Tidak Terbaca di Android

Maka sistem command prompt akan cek data corrupt dan data hilang yang menyebabkan sd card tidak terbaca dan automatis melakukan auto fix/correction. Seperti terlihat pada gambar diatas.

Dan proses perbaikan pun selesai, hal yang harus anda lakukan adalah memback up data pada sd card anda ke dalam komputer. Untuk menghindari suatu waktu nanti terjadi masalah yang lebih parah dan data tidak bisa di kembalikan.

Silahkan baca juga: Memory smartphone anda sering bermasalah? Kenali penyebabnya dan solusinya

TIPS

  • Jika notifikasi ‘SD card is damaged’ masih muncul setelah anda melakukan perintah pertama dan drive SD card tidak muncul dikomputer maka anda harus shutdown smartphone anda dan hidupkan kembali.
  • Back up lah data pada smartphone anda secara rutin pada komputer anda. Jika anda tidak punya komputer maka gunkanlah free storage online seperti Google drive/Drop box untuk menyimpan data anda.

baca juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android Tanpa Root Lewat PC

Memory SD Card Tidak Terbaca di Android ‘Damaged’ | Dwi ady | 4.5