Resep Mango Sticky Rice Sederhana

Resep Mango Sticky Rice Sederhana – Memang para chef atau pembuat makanan selalu saja menemukan cara unik untuk membuat makanan jadi menarik serta enak disantap. Salah satu kuliner yang sedang hits sekali saat ini adalah mango sticky rice. Berbeda dengan makanan-makanan pada umumnya, mango sticky rice ini adalah nasi yang dicampur dengan mangga untuk disantap. Aneh bukan? Biasanya nasi dicampur dengan daging atau ikan, akan tetapi di Thailand nasi dicampur dengan mangga untuk disantap. Ya, mango sticky rice ini adalah makanan yang populer pertama kali di Thailand. Saking santer dan populernya makanan tersebut hingga membuat nama makanan ini akhirnya sampai ke Indonesia. Bagi Anda pecinta kuliner, maka sudah pasti wajib sekali untuk mencoba makanan satu ini.

Berhubung di Indonesia sendiri masih jarang yang menjual menu makanan ini, maka tidak ada salahnya untuk membuat makanan ini sendiri. Untuk masalah resepnya Anda tidak perlu khawatir. Sebab, pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas resep mango sticky rice sederhana yang bisa Anda buat sendiri. Kita akan membahas secara lengkap, mulai dari bahan hingga cara pembuatannya. Lebih lengkapnya tentang resep tersebut, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

Resep Mango Sticky Rice Sederhana

Resep Mango Sticky Rice Sederhana

Resep Mango Sticky Rice Sederhana

Sebelumnya Anda perlu tahu, kata rice di atas sebenarnya tidak mengacu pada arti yang sebenar-benarnya. Meski arti Rice adalah nasi dalam bahasa Indonesia, namun sebenarnya Rice tersebut mengacu pada ketan putih. Ya, mango sticky rice ini dibuat menggunakan ketan putih dicampur dengan mangga. Adapun lebih lengkapnya mengenai bahan-bahan mango sticky rice ini bisa Anda simak di bawah ini.

Bahan-Bahan untuk Membuat Mango Sticky Rice Sederhana

  • Mangga Manis 1-2 Buah tergantung selera
  • Ketan Beras atau Ketan Putih 250 gram
  • Daun Pandan 1 Lembar
  • Garam 1 sdt
  • Santan Kental 100ml (Gunakan yang instan saja)
  • Air 400 ml
  • Gula Pasir 4 Sdm
  • Tepung Maizena 1 Sdt dicampur dengan air putih biasa 2 Sdm
  • Wijen Secukupnya

Itulah bahan-bahan yang wajib Anda sediakan untuk membuat mango sticky rice sederhana. Bilamana bahan-bahan di atas sudah siap, maka langsung saja kita bahas cara membuat mango sticky rice ini. Semoga resep ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Resep Mango Sticky Rice Sederhana

Resep Mango Sticky Rice Sederhana

Cara Membuat Mango Sticky Rice Sederhana

Sesuai dengan judulnya, cara membuat mango sticky rice ini tidaklah sulit dan hanya menggunakan cara sederhana saja. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Langkah pertama adalah mengukus ketan putih terlebih dahulu selama kurang lebih 10-15 menit. Pengukusan ketan putih ini tidak perlu sampai matang, akan tetapi perkirakan saja sampai setengah matang.

2. Bila sudah setengah matang, kini lanjutkan dengan mencampur daun pandan, santan, air, garam, dan gula pasir. Aduklah sampai mendidih. Bila Anda menyukai rasa yang manis, maka Anda bisa menambahkan gulanya lagi sesuai dengan selera.

3. Kini siapkan wadah khusus untuk memindahkan ketan yang sudah kita kukus.

4. Berikutnya ketan tersebut kita lumuri dengan Gula dan Santan 150 ml. Aduklah campuran tersebut hingga terserap semuanya ke dalam ketan. Kini kukus kembali ketan yang telah dicampur tersebut sampai matang. Perkiraan waktu matangnya adalah 20 menit. Selesai. Kini ketan sudah siap disajikan.

5. Untuk membuat sausnya silahkan masak campuran Gula 1 Sdm, Santan, dan Maizena Secukupnya. Masaklah sampai campuran tersebut mengental. Bila sudah kental, artinya Saus sudah siap disajikan.

6. Kini ambil piring datar, dan tuangkan ketan putih tersebut dengan bentuk seperti bola kepal. Lalu potong mangga sesuai dengan selera lalu letakkan di samping ketan tersebut. Untuk penyelesaiannya silahkan siram saus ke ketan putih dan mangga. Jangan lupa beri taburan wijen agar semakin mengunggah selera. Selesai.

Demikian adalah resep mango sticky rice sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencobanya ya.

Resep Mango Sticky Rice Sederhana | dyca | 4.5