Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi – Tepung terigu adalah bahan utama yang banyak sekali dijadikan bahan dasar pembuatan makanan. Salah satu makanan yang paling populer dari bahan tepung terigu ini adalah bolu. Untuk membuat bolu, tepung terigu harus dicampur dengan telur kemudian diolah menggunakan oven maupun dikukus. Salah satu bolu yang banyak peminatnya adalah bolu kukus. Bolu kukus ini selain rasanya enak dan lembut, juga mengenyangkan perut. Bolu kukus yang paling laris saat ini adalah bolu kukus pelangi. Warna warni yang menyerupai pelangi inilah yang menjadi daya tarik orang untuk memakannya.

Selain enak untuk dimakan sendiri, bolu kukus ini enak juga untuk dijadikan cemilan keluarga. Untuk membuat bolu kukus pelangi ini caranya juga cukup mudah. Asalkan Anda mengetahui resep dan cara pembuatannya, maka bolu kukus pelangi bisa Anda sajikan kapan saja. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat bolu kukus pelangi ini, maka pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas resep bolu kukus pelangi sederhana yang bisa dengan mudah Anda praktikkan. Lebih lanjut mengenai resep tersebut bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi

Bila Anda sudah pernah membuat bolu kukus maka membuat bolu kukus pelangi ini bukanlah masalah besar untuk Anda. Selain memang cara membuatnya cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus pelangi ini juga tidaklah sulit untuk dicari. Namun semudah-mudahnya dalam membuat bolu kukus pelangi ini tidaklah boleh menggunakan komposisi bahan yang asal-asalan. Menggunakan komposisi yang pas dan tepat adalah kunci untuk membuat bolu kukus pelangi yang enak. Nah, sebelum kita masuk ke cara pembuatan bolu kukus pelangi ini, maka terlebih dahulu kita harus ketahui apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatannya.

Bahan-Bahan untuk Membuat Bolu Kukus Pelangi

  • 50 gram Tepung Terigu
  • 4 butir Telur Ayam
  • 150 ml Santan Kental
  • 1 Sdt Cake Emulsifer
  • 1 Sdt Pewarna Makanan
  • 150 gram Gula Pasir
  • Perasa Vanilla Secukupnya
  • Kertas Roti Secukupnya

Itulah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus pelangi. Untuk rasa yang enak, sebaiknya Anda tidak merubah komposisi takaran yang sudah dijelaskan di atas. Bila bahan-bahan sudah siap, kini waktunya untuk cara pembuatannya.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Spesial

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi

Cara Membuat Bolus Kukus Pelangi

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat bolu kukus pelangi adalah membuat adonannya terlebih dahulu. Untuk membuat adonannya silahkan campurkan cake emulsifer, gula pasir, dan telur ayam 4 butir. Bahan-bahan tersebut dapat Anda kocok dengan menggunakan mixer sampai rata dan pada akhirnya mengembang.

2. Bila sudah mengembang, kecilkan putara mixer agar berputar secara perlahan. Kemudian masukkanlah tepung terigu, lalu kocok terus menggunakan mixer hingga tercampur merata.

3. Setelah tepung terigu, kini masukkan juga santan kental dengan cara yang sama seperti memasukkan tepung terigu.

4. Bila bahan-bahan di atas sudah tercampur semuanya, kini Anda dapat mengukusnya. Agar adonan tersebut dapat menjadi warna warni, maka gunakan 3 wadah yang ukurannya berurut dari besar sampai kecil dalam 1 kukukusan yang sama.

5. Kini masukkanlah pewarna makanan yang berbeda ke 3 wadah tersebut. Masukkan pewarna makanan yang berbeda untuk tiap wadah agar menghasilkan bolu kukus pelangi.

6. Selanjutnya siapkan loyang kukus, kemudian berilah lapisan kertas roti agar adonan tidak lengket dan mudah untuk diangkat nanti.

7. Masukan adonan dengan warna pertama ke dalam loyang pertama, disusul dengan loyang kedua dan tiga. Bila sudah masuk loyang semuanya. Kini waktunya dikukus.

8. Kukuslah loyang tersebut selama kurang lebih 25 menit. Bila sudah matang, kini bolu kukus pelangi siap disajikan.

Demikian adalah Resep Bolu Kukus Pelangi yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencobanya ya.

Add Comment