Apa Penyebab Keputihan Berbau Dan Berwarna Coklat?

Apa Penyebab Keputihan – Banyak wanita Indonesia sering bertanya, apa penyebab keputihan itu sih? Bahkan tak sedikit bagi wanita yang baru memasuki masa menstruasi juga mengalami keputihan ini. Jika dilihat dari berbagai macam segi medis, yang sering menyebabkan seorang wanita mengalami keputihan ialah karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaannya.

Namun jika dilihat dari segi seksiologi, banyak yang beranggapan kalau berhubungan seksual dengan orang yang menderita penyakit kelamin juga bisa menyebabkan keputihan akut yang berbau dan berwarna coklat. Nah untuk mencari tahu lebih jelasnya, langsung saja yuk kita lihat apa penyebab keputihan berbau amis dan berwarna coklat.

Apa Penyebab Keputihan Berbau Dan Berwarna Coklat

Apa Penyebab Keputihan Berbau Tidak Sedap Dan Berwarna Coklat?

Di bawah ini kami telah merangkumkan beberapa penyebab keputihan berbau tidak sedap dan berwarna coklat. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya:

Kekurangan Hormon Estrogen

Kekurangan Hormon Estrogen

Jika Anda bertanya kepada dokter, apa penyebab keputihan berbau dan tidak sedap? Tentu dokter akan melihat terlebih dahulu seperti apa keputihan yang Anda alami. Jika penyebabnya adalah kekurangan hormone estrogen, tentu hal ini mudah diatasi. Kekurangan hormone estrogen atau dalam istilah medisnya atrofi vaginitis ini merupakan kondisi dimana vagina kekurangan suplai hormon estrogen. Alhasil produksi cairan lubrikasi akan menurun. Tanda ini bisa Anda lihat ketika berhubungan intim sering terasa sakit karena kondisi vagina yang kering.

Polip Rahim

Polip Rahim

Pernah bertanya kepada dokter kandungan tentang “apa penyebab keputihan berbau dan berwarna coklat?” Beberapa dokter kandungan beranggapan jika Anda sudah menikah dan sering mengalami sakit ketika melakukan hubungan intim serta sering muncul keputihan tidak sedap berbau coklat, maka ini merupakan indikasi Anda terkena polip rahim. Kondisi ini bisa dibilang berbahaya jika tidak segera diatasi oleh dokter yang ahli.

Kanker Servik

Kanker Servik

Terkait pertanyaan apa penyebab keputihan berbau tidak sedap dan sering keluar cairan berwarna coklat, rupanya ini bisa menjadi indikasi kalau Anda terkena kanker serviks. Namun ini hanya sebatas indikasi saja. Untuk lebih tepatnya Anda harus memeriksakan diri ke dokter kulit atau dokter kelamin agar bisa menyelesaikan masalah kewanitaan Anda.

Pernah Keguguran

Pernah Keguguran

Berdasarkan pengalaman banyak orang yang pernah mengalami keguguran dan tidak sempat kuret, mereka sering mengaku pernah mengalami masalah keputihan dengan rasa gatal yang super ekstra. Hal ini dipicu dari adanya infeksi yang disebabkan oleh beberapa benda yang tidak ikut keluar ketika keguguran. Kebanyakan dokter kulit biasanya memberikan salep khusus untuk meringankan gatal berlebih ini.

Infeksi Jamur

Infeksi Jamur

Beberapa penyebab keputihan berbau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Adanya infeksi jamur ini mengacu pada seberapa sering Anda berganti celana dalam, dan bagaimana cara Anda membersihkan serta menjaga organ kewanitaan Anda. Banyak dokter menyarankan untuk mengganti celana dalam sehabis buang air besar atau buang air kecil. Ini untuk menghindari adanya bakteri atau jamur yang bersarang.

Infeksi Bakteri

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri dan juga virus juga bisa menjadi penyebab keputihan berbau dan berwarna coklat. Infeksi ini bisa terjadi apabila organ kewanitaan Anda bersentuhan dengan organ vital orang yang memiliki penyakit kulit. Untuk itu harap berhati-hati ketika Anda buang air besar di tempat umum. Serta jangan pernah melakukan tukar celana dalam dengan teman dekat Anda.

Di atas adalah bahasan unik terkait apa penyebab keputihan berbau tidak sedap dan berwarna coklat yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat

Silahkan baca juga artikel tentang kesehatan wanita lainnya :

Macam – Macam Keputihan

Keputihan Berwarna Kuning – Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Apa Penyebab Keputihan Berbau Dan Berwarna Coklat? | Dwi Ady | 4.5