Memory smartphone anda sering bermasalah? Kenali penyebabnya dan solusinya

Penyebab dan solusi sd card bermasalah – SD card merupakan salah satu media penyimpanan yang berperan sangat penting pada smartphone kita, setelah space penyimpanan pada memory telfon kita penuh otomatis kita pasti akan menggunakan SD card untuk menyimpan data apapun itu.

Berikut ini akan dibahas 7 masalah umum pada kartu memori beserta solusi-solusi mudah yang dapat anda ikuti sesuai dengan permasalahannya.

Permasalahan ini bisa terjadi untuk semua memory card mulai dari smartphone atau pun kamera digital.

1. Loading lambat pada memory card

Jika anda menemukan permasalahan saat memindahkan data dari atau ke kartu memori yang lambat. Bisa jadi itu dikarenakan kartu memori anda yang bermasalah.

Untuk itu kenali kelas kartu memori anda, jika anda sudah memiliki kartu memori kelas 10 dan sudah diakui kecepatannya. Maka solusinya adalah dengan memformatnya, kemungkinan ada buffer data yang tidak tertata rapi didalam kartu memori anda.

2. Memory damaged atau korup

Memori card adalah media yang sangat sensitif, dimana sangat rentan terhadap kerusakan. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya data korup atau memory damaged ini. Bisa dari faktor luar seperti terlalu panas, terkena air. Atau juga bisa dari faktor internal yaitu memori itu sendiri.

Silahkan baca: Memory SD Card Tidak Terbaca di Android ‘Damaged’

3. Cannot to use dengan muncul pesan error

Jika muncul pesan error dan memori anda tidak bisa digunakan, kemungkinan telah terjadi korup data atau kesalahan pemformatan. Jika anda menemukan masalah ini, maka langkah pertama adalah anda harus me-restart smartphone anda. Jika cara ini masih belum berhasil maka anda harus back up dulu semua data anda ke komputer / laptop lalu anda harus memformatnya dengan format FAT.

4. Data hilang atau tidak dapat dibaca (unreadable)

Jika anda merasa memory card anda baik-baik saja, dapat menyimpan lagu atau mengambil foto atau merekam video, namun setelah anda melihat kembali foto atau video nya ternyata tidak dapat dibaca. Langkah pertama adalah anda harus mencoba membuka dikomputer. Jika masih belum bisa anda harus membuka memory melalui software recovery data.

5. Memory card tidak terdeteksi oleh smartphone

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepaskan memory card dari smartphone. Lalu bersihkan lempengan kuning pada memory card dengan penghapus pensil, lakukan hingga lempengan terlihat bersih. Dan silahkan masukan dan dicoba kembali.

6. Memory card tidak terbaca oleh Komputer

Jika anda menemukan permasalahan ini walaupun di smartphone dapat dibaca dengan baik. Kemungkinan masalah terjadi pada komputer anda, anda bisa mencoba menancapkan memory ke port USB yang berbeda atau di komputer yang berbeda. Pada komputer lama anda diharuskan untuk meng-install driver yang sesuai dengan memory card anda.

7. Memory card dikunci atau write protected

Permasalahan ini biasanya terjadi pada kartu memory SDHC atau SDXC. Biasanya memory seperti ini memiliki pengunci disisi kiri kartu memory, anda cukup menggesernya ke arah sebaliknya. Biasanya posisi atas untuk mebuka kunci dan posisi bawah untuk mengunci.

kunci terbuka sd card meroket

Source: www.quora.com

TIPS

  • Jangan mencabut kartu memory pada saat memory sedang digunakan, seperti mendengarkan lagu atau melihat foto/video. Hal ini bisa terjadi jika anda memiliki smartphone dengan tipe slot memory terpasang diluar batrai. Untuk itu langkah amannya adalah dengan mematikan smartphone anda terlebih dulu.
  • Jangan menggunakan space nya terlalu penuh, usahakan selalu sisakan minimal 100 Mb supaya pemprosesan data dapat berjalan dengan lancar.
  • Belilah memory yang merek nya sudah dikenal kualitasnya dan memilih kartu memory class 10. Dan tentu saja anda harus membeli produk yang ber garansi.

Silahkan baca juga artikel lain tentang gadget :

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android Tanpa Root Lewat PC

Cara Menambah Ram Android Tanpa Root Yang Aman

Inilah 5 Game Pesawat Tempur Android Yang Paling Seru

No Responses

Add Comment