Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Disertai Gatal Dan Cara Mencegahnya

Bintik merah pada kulit disertai gatal – kerap dialamai dalam kehidupan sehari-hari. Pada tingkat yang ringan, penyakit kulit tersebut bisa diobati dengan hanya mengoleskan obat luar yang banyak dijual secara bebas, sedangkan yang lebih parah harus segera ditangani oleh dokter.

Penyakit gatal-gatal pada kulit tidak semuanya disebabkan oleh serangga, namun bisa juga oleh faktor lain. Penjelasan mengenai beberapa jenis penyakit kulit dan penyebabnya telah Meroket.com bahas sebelumnya pada postingan yang ini : Kenali Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit Agar Mudah Diobati.

bintik merah pada kulit disertai gatal

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Disertai Gatal

Ada beberapa penyebab timbulnya bintik merah pada kulit yang diikuti dengan rasa gatal atau agak perih, silahkan simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Karena Alergi Bahan Kimia Tertentu

Ya, bintik merah pada kulit yang diikuti rasa gatal menjengkelkan bisa jadi disebabkan oleh kulit yang alergi terhadap zat-zat kimia tertentu yang berasal dari alat kosmetik misalnya, atau karena kulit bersentuhan langsung dengan zat tersebut.

2. Karena Alergi Makanan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung racun dan tidak cocok dengan darah dapat menimbulkan bintik merah pada kulit disertai rasa gatal yang susah hilang. Diantara jenis makanan tersebut misalnya yang mengandung zat Merkuri seperti pada kepiting, lobster, tiram dan kerang.

3. Karena Biang Keringat

Biang keringat diketahui bisa menimbulkan bintik merah pada kulit yang disertai dengan gatal-gatal. Ini biasanya disebabkan oleh suhu udara yang terlalu panas sehingga terjadi masalah pada permukaan kulit.

4. Karena Folikulitis

Folikulitis merupakan satu penyakit pada kulit karena infeksi dari bakteri bernama Straphylococcus Aureus yang biasanya banyak muncul pada udara yang tidak bersih atau banyak mengadung partikel bebas yang tidak menyehatkan. Penyakit ini biasanya menyerang pangkal rambut pada kulit.

5. Penyebab Lain

Penyebab bintik merah pada kulit disertai gatal yang lain misalnya karena gigitan serangga, karena iritasi kulit, stress, masa kehamilan dan lain sebagainya.

Cara Mencegah Bintik Merah Pada Kulit Disertai Rasa Gatal

Berikut adalah beberapa cara mencegah timbulnya bintik merah pada kulit disertai gatal yang dialami oleh seseorang:

1. Jagalah Kebersihan Tempat Tinggal

Menjaga kebersihan tempat kita tinggal sangatlah penting untuk mencegah timbulnya penyakit kulit seperti yang telah dijelaskan di atas. Rumah dan lingkungannya yang bersih akan memcegah datangnya berbagai jenis penyakit, tak terkecuali bintik merah dan gatal pada kulit.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Yang Menyebabkan Alergi Kulit

Ini adalah salah satu langkah pencegahan yang efektif, sebab kita langsung menjauhi sumber penyakitnya. Jika satu makanan telah jelas membuat bintik merah dan gatal pada kulit, maka segera tandai dan jangan dimakan lagi.

3. Mandi Secara Teratur

Mandi akan membuang bibit-bibit penyakit kulit yang berpotensi menimbulkan penyakit gatal-gatal. Mandilah minimal dua kali sehari agar kulit terhindar dari penyakit kulit apapun.

4. Hindari Kulit Terpapar Suhu Lingkungan Yang Tidak Normal

Suhu di sekitar kita yang tidak normal seperti terlalu panas atau terlalu lembab bisa menyebabkan kulit mengalami masalah, untuk itu hindari tempat-tempat atau lingkungan tersebut.

5. Selalu Gunakan Sabun Ketika Mandi

Sabun akan membantu menghilangkan jenis kuman tertentu yang dapat menyebabkan masalah pada kulit, terutama penyakit yang berupa gatal-gatal. Dengan terbiasa memakai sabun saat mandi, berbagai jenis penyakit kulit akan bisa diminimalisir.

Itulah beberapa penyebab bintik merah pada kulit beserta cara mencegahnya. Jika tulisan di atas dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan pada teman, keluarga dan sahabat Anda.

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Disertai Gatal Dan Cara Mencegahnya | Dwi Ady | 4.5