Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Dan Obatnya

Penyakit Kulit Dan Obatnya – Penyakit kulit ada banyak macamnya dan penyebabnya bisa karena berbagai faktor seperti yang telah Meroket.com bahas sebelumnya dalam posting yang ini : Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Disertai Gatal Dan Cara Mencegahnya. Penyakit kulit itu sendiri bisa menyerang siapa saja, terutama yang memiliki pola dan kebiasaan yang kurang sehat. Di bawah ini bisa disimak lebih detail jenis penyakit kulit dan obatnya.

Penyakit Kulit Dan Obatnya

4 Jenis Penyakit Kulit Beserta Obatnya

1. Kurap

Kurap biasanya sering ditemui pada area tubuh sekitar leher, tengkuk, kulit kepala, badan dan lain-lain. Gejalanya yang umum adalah kult menjadi agak tebal disertai dengan gatal, berair, lembab atau lingkaran-lingkaran bersisik. Gejala tersebut ditimbulkan oleh sejenis jamur yang ada pada bagian kulit yang diserang.

Langkah pengobatan alami yang sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membeli obat kurap seperti Cap Kaki Tiga yang banyak dijual. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan lengkuas. Caranya adalah lengkuas yang telah dibersihkan diiris terlebih dahulu dan kemudian tempelkan pada daerah kulit yang terkena kurap. Kalau Anda marasakan perih atau panas, itu menandakan obat alami ini sedang bekerja.

2. Eksim

Penyakit Eksim umumnya ditandai dengan adanya benjolan-benjolan kecil pada kulit yang berisi nanah yang disertai dengan kulit berisik dan memerah. Penyakit kulit satu ini bisa menyerang bagian tubuh apa saja, namun yang paling sering adalah tangan, kaki, telinga dan daerah tubuh yang lain.

Metode pengobatan yang modern tentunya adalah dengan berobat ke dokter, namun jika Anda ingin mengobati dengan cara alami, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan jahe dan lobak. Berikut caranya:

– Parut lobak dan jahe yang telah dibersihkan, hasil parutan lalu pisahkan dalam wadah yang berbeda
– Peras jahe dan ambil airnya
– Tuangkan air jahe tadi ke wadah parutan lobak
– Setelah berupa pasta, lalu oleskan pada bagan kulit yang terkena Eksim.

3. Kudis

Penyakit kudis kerap menyerang sela-sela jari tangan dan kaki serta pinggang atau bawah ketiak. Kudis menyebabkan bagian tubuh yang terjangkit terasa sangat gatal. Penyebabnya adalah sejenis parasit tungau. Langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan membeli obat kudis yang banyak dijual di apotik. Namun, jika Anda ingin melakukan pengobatan menggunakan bahan alami, silahkan coba memakai rebusan air batang batrawali. Begini cara membuat ramuan tersebut:

– Rebus batang batrawali sepanjang 1 meter yang telah dipotong-potong dalam 4 liter air bersih
– Tunggu sampai medidih sambil digodok, kemudian tuangkan ke dalam ember
– Jika suhunya sudah turun menjadi hangat-hangat kuku, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

4. Bisul

Bisul merupakan jenis penyakit kulit yang berupa infeksi yang ditandai dengan adanya benjolan berisi nanah yang lama-kelamaan semakin besar. Penyakit satu ini jarang bisa kempes dengan sendiri, akan tetapi akan sembuh setelah bisulnya pecah. Masa penyembuhan termasuk lama, paling parah bisa mencapai dua minggu. Penyakit yang terasa sakit dan berdenyut ini disebabkan oleh sejenis bakteri Stafilokokus Aereus.

Pengobatan secara tradisional untuk mengobati bisul adalah dengan mahkota bunga teratai. Cara membuat ramuannya cukup mudah dan ringkas, Anda hanya perlu membakar mahkota bunga teratai sampai menjadi abu, lalu mengoleskan abu tadi ke seluruh permukaan bisul.

Itulah empat jenis penyakit kulit berserta obatnya seperti yang bisa dilihat di atas. Oleh karena penyakit kulit umumnya timbul karena kebiasaan yang kurang sehat, maka satu-satunya cara untuk tidak terjangkit adalah dengan membudayakan gaya hidup dan lingkungan sehat.

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Dan Obatnya | Dwi Ady | 4.5