Pencegahan Sariawan Pada Bibir dan Lidah yang Perlu Diketahui

Pencegahan Sariawan Pada Bibir dan Lidah yang Perlu Diketahui – Sariawan adalah penyakit yang seringkali menyerang daerah mulut seperti bibir dan lidah. Penyakit ini tidak memandang usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa bisa terkena sariawan. Rasa perih yang dihasilkan sariawan membuat seseorang tidak nafsu makan, bahkan bisa menyebabkan demam. Sariawan ini terjadi bisa disebabkan oleh banyak hal, akan tetapi penyebab sariawan yang paling sering adalah karena imunitas tubuh yang menurun. Gejala sariawan ini biasanya ditandai dengan lidah memutih, kemudian pada bibir atau lidah akan terdapat benjolan kecil berwarna putih. Bagian yang berbenjol putih itulah yang akan menjadi sariawan nantinya.

Sariawan ini memang bukanlah penyakit yang perlu dikhawatirkan higga membuat Anda panik. Sariawan biasanya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu beberapa hari. Meski demikian, bukan berarti Anda dapat membiarkan penyakit ini menyerang Anda. Dibandingkan Anda harus merasakan perihnya sariawan, lebih baik Anda mencegahnya. Nah, pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas info tentang pencegahan sariawan pada bibir dan lidah. Lebih lengkapnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pencegahan Sariawan pada Bibir dan Lidah

Pencegahan Sariawan pada Bibir dan Lidah

Pencegahan Sariawan Pada Bibir dan Lidah yang Perlu Diketahui

Bila sudah sariawan, makan dan minum pun menjadi tidak nyaman. Untuk itu dibutuhkan pecegahan sariawan, terutama untuk bagian bibir dan lidah. Adapun pencegahan sariawan pada bibir dan lidah yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut ini :

1. Hindari Dehidrasi

Kekurangan cairan adalah salah penyebab sariawan yang paling sering ditemui pada orang yang sering melakukan banyak aktivitas. Banyaknya aktivitas yang dilakukan biasanya membuat seseorang lupa akan minum sehingga menimbulkan dehidrasi. Ciri termudah yang bisa Anda lihat bila Anda terkena dehidrasi adalah mudah haus dan bibir sangat kering. Bagian bibir kering inilah yang biasanya akan terkena sariawan. Jadi untuk mencegah sariawan dengan mudah, Anda bisa perbanyak minum air putih.

2. Menjaga Kebersihan Area Mulut

Biasanya sariawan terjadi karena ada bagian mulut yang tergores, tergigit, ataupun ada luka. Namun ada lagi penyebab lainnya yang bisa menyebabkan sariawan, yakni  jamur dan bakteri. Bila Anda jarang menjaga kebersihan area mulut Anda, maka sariawan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri juga dapat menyerang Anda. Untuk mencegahnya, Anda dapat rajin berkumur-kumur serta menggosok gigi secara teratur.

Baca Juga : Inilah Obat Sariawan Alami yang Paling Ampuh

3. Perbanyak Konsumsi Nutrisi untuk Tubuh

Sudah sewajarnya bila kondisi daya tahan tubuh Anda menurun, maka berbagai penyakit dapat menyerang. Salah satu penyakit yang akan Anda dapatkan bila daya tahan tubuh Anda lemah adalah sariawan. Untuk mencegahnya Anda dapat perbanyak nutrisi untuk diserap tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan secara rutin.

4. Rajin Berolahraga

Pencegahan sariawan pada bibir dan lidah yang terakhir adalah dengan berolahraga. Bagi orang yang malas berolahraga, bisa dipastikan orang tersebut akan sering sakit. Hal ini dikarenakkan orang tersebut tidak menjaga kebugarannya. Sariawan termasuk salah satu penyakit yang bisa didapatkan oleh orang yang jarang atau bahkan tidak berolahraga sama sekali. Bila Anda tidak ingin terkena sariawan, maka cobalah olahraga minimal satu kali dalam seminggu.

Demikian adalah informasi mengenai pencegahan sariawan pada bibir dan lidah yang perlu diketahui. Memiliki imunitas tubuh yang kuat adalah kunci pencegahan sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pencegahan Sariawan Pada Bibir dan Lidah yang Perlu Diketahui | dyca | 4.5