Rupanya Ini Pantangan Penyakit Ginjal Yang Harus Dihindari

Pantangan penyakit ginjal – menderita sakit ginjal adalah hal terburuk yang harus kita hindari. Namun jika saat ini kita sudah menderita penyakit ginjal, tentu hal terbaik yang harus kita lakukan ialah berusaha untuk sembuh dan bangkit dari penyakit ini. Memang tidak mudah untuk sembuh dari penyakit ginjal yang notabenya merupakan penyakit berat.

Namun dengan menghindari beberapa pantangan penyakit ginjal serta melakukan berbagai macam cara mengobati penyakit ginjal secara alami, butuh lama-lama penyakit ginjal yang kita derita akan sembuh dengan sendirinya. Untuk itu sangat penting sekali bagi kita agar mengerti pantangan penyakit ginjal yang tidak boleh kita lakukan agar sakit yang kita derita tidak lebih parah lagi.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui beberapa pantangan penyakit ginjal cari tahu informasi lengkapnya di bawah ini!

Pantangan Penyakit Ginjal Yang Harus Dihindari

Pantangan Penyakit Ginjal Yang Harus Dihindari

Dibawah ini meroket.com sudah menyediakan beberapa pantangan penyakit ginjal yang harus dihindari. Adapun beberapa tantangan tersebut diantaranya:

Mengkonsumsi Nasi Putih Secara Berlebihan

Mengkonsumsi Nasi Putih Secara Berlebihan

Pantangan penyakit ginjal yang harus dihindari ialah mengkonsumsi nasi putih dalam kadar berlebih. Seperti yang kita tahu, nasi merupakan sumber karbohidrat yang memiliki kadar gula sangat tinggi apabila kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih. Kadar gula yang tinggi ini nantinya akan membuat ginjal kita yang semula sehat mengalami gagal ginjal kronis.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu gagal ginjal kronis silakan baca pada artikel gagal ginjal kronis yang sudah kami ulas sebelumnya.

Mengkonsumsi Jagung

Mengkonsumsi Jagung

Bagi penderita ginjal sangat dianjurkan agar tidak mengkonsumsi jagung dalam jumlah yang banyak. Bahkan ada beberapa dokter yang melarang atau menjadikan pantangan penyakit ginjal dengan tidak mengkonsumsi jagung. Hal ini mengingat jagung juga memiliki kandungan zat gula yang tinggi sehingga memicu gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal kronis ini merupakan kondisi dimana ginjal kita tidak berfungsi secara normal atau rusak karena sering melakukan kegiatan ekstra tanpa diimbangi dengan pola menjaga kesehatan ginjal.

Mengkonsumsi Mie Instan

Mengkonsumsi Mie Instan

Pantangan penyakit ginjal yang harus dihindari ialah mengkonsumsi mie instan. Seperti yang kita tahu mie instan memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi seperti halnya nasi (walaupun tidak sebesar nasi kandungan karbohidrat dan zat gula nya). Selain itu bahan pengawet yang terdapat pada mie instan akan sangat sulit disaring oleh ginjal sehingga bisa berujung pada pembentukan batu kristal atau batu ginjal. Jika sudah demikian tentu mau tidak mau kita harus melakukan operasi batu ginjal yang harganya memakan puluhan juta rupiah.

Mengkonsumsi Daging Ayam Berlebih

Mengkonsumsi Daging Ayam Berlebih

Pantangan penyakit ginjal yang sangat berbahaya ialah daging ayam. Seperti yang kita tahu daging ayam merupakan salah satu daging yang memiliki kandungan protein hewani sangat tinggi. Selain itu kandungan kalium yang terdapat pada daging ayam bisa memicu terjadinya hipertensi secara tiba-tiba.

Ketika anda sering melakukan aktivitas yang tidak sehat ini, bentuk ginjal anda lama-kelamaan akan rusak. Namun ketika anda mengkonsumsi daging ayam dalam porsi yang pas, hal ini tidak akan menyebabkan ginjal anda mengalami kerusakan.

Jadi pada intinya, pantangan penderita ginjal ialah tidak boleh mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebih. Terlebih apabila makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yang bisa memicu kenaikan kadar gula dalam darah. Selain itu ketika mengkonsumsi makanan yang dilarang sangat dianjurkan untuk mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi air putih dalam kadar yang pas. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan ginjal :

Kenali Gejala Gagal Ginjal Kronis Sedari Dini

Ciri – Ciri Ginjal Sehat, Apa Saja Ya?

Awas! Kenali Gejala Penyakit Ginjal Yang Sering Diabaikan Ini

Add Comment