Olahraga Malam Atau Olahraga Pagi, Mana Yang Lebih Baik?

Olahraga malam atau olahraga pagi, mana yang lebih baik? – Ingin berolahraga untuk meningkatkan kesehatan Anda dan berencana membuat rencana yang sangat ketat untuk mendapatkan hasil latihan terbaik? Namun, tidak tahu apakah Anda harus berlatih pagi atau sore hari? Maka jangan lewatkan artikel ini karena akan memberi Anda informasi yang sangat berguna untuk menentukan waktu terbaik bagi Anda untuk berlatih.

Catatan: Selain waktu dan latihan yang tepat, nutrisi juga merupakan faktor yang sangat penting yang menentukan hasil dari proses pelatihan.

olahraga malam

Manfaat olahraga di pagi hari

Penelitian

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi sangat ideal untuk mencegah tekanan darah tinggi dan memperbaiki tidur.

Bersama dengan dua asisten, Kimberly Fairbrother dan Ben Cartner, Scott Collier dari Appalachian State University memantau tingkat tekanan darah dan pola tidur di antara sekelompok orang yang berusia 40 hingga 60 tahun. Orang ini diminta untuk menerapkan latihan rutin tiga kali seminggu selama sekitar 30 menit pada tiga waktu yang berbeda: 7 pagi, 1 siang dan 7 malam.

Hasil

Semua anggota latihan pagi (jam 7 pagi) menunjukkan penurunan 10% tekanan darah dan penurunan berlangsung sepanjang hari. Di malam hari, mereka tidur lebih baik, siklus tidur lebih stabil dan para ahli mengukur penurunan 25% dalam tekanan darah.

Menurut Collier, “Kami kagum dengan latihan 7 jam, yang bermanfaat dalam hal menurunkan tekanan darah dan tidur lebih baik daripada yang kami lakukan pada jam 7 malam. Tekanan darah meningkat (meski tidak signifikan) dan merasa sedikit tidur.

Latihan

“Meskipun kita masih belum tahu mekanisme fisiologis yang mengarah pada perubahan ini, kami memiliki bukti yang cukup untuk mengkonfirmasi bahwa jika Anda ingin menurunkan tekanan darah Anda, Anda perlu meningkatkan kualitas tidur dan kolektif Berada pada jam 7 pagi mungkin adalah pilihan terbaik untuk mempertahankan mode tidur ilmiah. ”

Jadi, jika Anda memiliki masalah jantung atau memiliki tekanan darah tinggi atau gangguan tidur, mengembangkan latihan rutin pagi adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Selain keuntungan awal dalam latihan pagi hari juga memberi Anda banyak manfaat lainnya.

Manfaat olahraga sore atau malam hari

Penelitian

Sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Klinis Universitas Chicago menemukan bahwa orang yang memilih olahraga setelah bekerja sering mencapai hasil yang lebih baik (kualitas latihan yang lebih baik) daripada mereka yang berolahraga di pagi hari

Latihan

Sampel darah dari 40 pria sehat antara usia 20 dan 30 dibagi menjadi 5 kelompok. 4 kelompok menerapkan latihan intensitas tinggi di pagi, siang atau malam hari dan kelompok ke-5 tidak berpartisipasi dalam latihan. Kemudian, para ahli terus mengambil darah mereka untuk memeriksa perubahan tingkat dua hormon, kortisol dan tirotropin.

Hasil

Penelitian telah menunjukkan bahwa kedua jenis hormon tersebut meningkat ke tingkat tertinggi pada peserta yang berolahraga di malam hari atau larut malam, dan ini serupa dengan mereka yang diminta untuk mengurangi asupan glukosa.

“Hasil ini menunjukkan bahwa proses metabolisme dalam tubuh beradaptasi dengan baik dengan latihan rutin, dan kami juga menyarankan bahwa lebih baik berolahraga setelah bekerja daripada berolahraga di pagi hari. “Kata Orfeu Buxton, ketua peneliti.

Kesimpulan

Latihan

John Trower, Direktur Teknik di UK Athleticics, atlet top sering menghadiri sesi pelatihan teknis pagi dan sore dari jam 4:00 hingga 6:00, di mana mereka akan menjalani sesi pelatihan. pelatihan yang lebih ketat. Namun, dia menekankan bahwa ini bukan kasusnya.

“Beberapa orang yang berolahraga di pagi hari merasa lebih baik dan beberapa merasa lebih energik di malam hari, yang merupakan pilihan pribadi.”

baca juga : Efek Negatif Yang Ditimbulkan Pada Penggunaan AC

Jadi, jika jadwal Anda padat dan Anda mencoba mencari waktu luang untuk berlatih, tentukan dulu sasarannya. Jika berolahraga untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan tidur lebih baik maka pilih pagi hari. Namun, jika tujuannya adalah untuk memiliki kekuatan fisik, kencang, mencegah penyakit karena kadar glukosa tinggi seperti diabetes, maka kebiasaan olahraga di malam hari sangat ideal.

Add Comment