Obat Gatal di Apotik Yang Bisa Dibeli Secara ‘Bebas’

Obat Gatal di Apotik – Tidak ada orang yang mau menderita sakit tertentu, termasuk penyakit gatal pada kulit. Namun di sisi lain, penyakit menyerang tidak kenal usia atau jenis kelamin seseorang, semua bisa kena. Jika dalam waktu dekat Anda berencana untuk membeli obat gatal di apotek tanpa perlu berkonsultasi ke dokter, Anda bisa memilih salah satu dari 4 jenis obat di bawah ini yang memang bisa dibeli secara ‘bebas’ di apotek umum.

Kalau Anda ingin menggunakan obat gatal yang berupa krim, silahkan lihat artikel ini 5 Krim Obat Kulit Gatal Yang Telah Terbukti Khasiatnya yang membahas secara rinci mengenai obat tersebut, tapi kalau Anda ingin membeli obat gatal yang lebih umum, silahkan baca tulisan ini sampai akhir.

obat gatal di apotik

4 Jenis Obat Gatal di Apotik Yang Bisa Dibeli Tanpa Perlu Resep Dokter

Membeli obat yang pas tanpa perlu terlebih dahulu bekonsultasi dengan dokter selain bisa menghemat biaya pengobatan, juga akan lebih cepat karena tidak perlu antri. Membeli obat langsung ke apotik memang masih menjadi pilihan bagi sebagian orang karena alasan yang telah disebutkan itu. Nah, jika Anda ingin membeli obat gatal di apotik, ini obat-obat yang bisa Anda beli.

1. Elocon

Elocon merupakan obat gatal yang bebas dijual di apotik tanpa perlu resep dokter, yang dijual dengan harga dikisaran Rp 60 ribuan. Obat ini cocok digunakan untuk mengobati gatal yang disebabkan oleh alergi. Reaksinya tergolong cepat, langsung terasa sejak pertama kali dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi.

Efek samping yang bisa ditimbulkan oleh Elocon antara lain kemerahan, benjolan, penipisan kulit, kesemutan dan rasa terbakar. Jika sewaktu memakai obat ini Anda mengalami efek samping seperti yang disebutkan, disarankan untuk segera membawa ke dokter.

Dalam penggunaannya, terdapat bagian tubuh yang TIDAK boleh diolesi dengan Elocon yaitu pada luka terbuka dan daerah sekitar mata dan selaput lendir yang lain.

2. Nizoral

Nizoral juga obat gatal yang disebabkan oleh alergi dan bisa dibeli secara bebas oleh umum tanpa memerlukan resep dari dokter, kecuali ibu hamil dan menyusui. Efek samping yang bisa ditimbulkan adalah iritasi pada kulit dan sensasi panas.

Cara menggunakannya sama dengan Elecon pada poin nomor satu di atas, yaitu cukup oleskan pada bagian kulit yang terkena alergi. Anjuran dosis yang disarankan adalah satu kali sehari. Jika obat ini akan diberikan kepada ibu hamil atau menyusui, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membelinya.

3. Scabimite

Obat yang bernama Scabimite ini juga cocok untuk gatal disebabkan oleh alergi kulit. Harga obat yang memiliki kemasan berupa “tube” ini adalah dikisaran Rp 40 ribuan saja. Efek samping yang ditimbulkan oleh pemakaian Scabimite antara lain ruam kulit, eritma, sensasi terbakar dan juga perih.

Cara penggunaan dan dosisnya sama dengan dua obat di atas, cukup oleskan pada bagian kulit yang mengalami alergi. Untuk ibu yang sedang hamil, agar aman harus melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan Scabimite.

4. Hydrocortisone

Hydrocortisone merupkan obat yang berfungsi sebagai anti-pruritus, anti-inflamasi dan anti-alergi pada kulit. Harga jual untuk kemasan 5 gram tergolong murah, hanya Rp 8 ribua saja. Selain yang disebutkan, radang kulit juga bisa disembuhkan dengan Hydrocortisone.

Tidak semua umur bisa memakai Hydrocortisone untuk mengobati rasa gatal yang timbul di kulit, anak berusia di bawah 4 tahun, bayi dan ibu hamil wajib menggunakan obat satu ini setelah mendapat izin dari dokter terlebih dahulu.

Efek samping yang bisa ditimbulkan karena memakai Hydrocortisone antara lain rasa panas pada kulit yang diolesi, atropi dan kekeringan kulit. Dosis penggunaan yang dianjurkan adalah 3-4 kali dalam sehari.

Itulah beberapa obat gatal di apotik yang bisa dibeli oleh umum tanpa membutuhkan resep dan konsultasi dari dokter, yang tentunya dengan pengecualian ibu hamil, ibu menyusui dan bayi. Akhir kata, Silahkan pilih salah satu dari 4 jenis obat di atas sesuai dengan jenis penyakit gatal yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

Add Comment