Nama Obat Gatal Pada Kulit di Apotik Yang Terbukti Ampuh

Nama Obat Gatal Pada Kulit di Apotik – Sebagai bagian dari organ tubuh paling luar, kulit memang sangat beresiko terjangkit penyakit, apakah itu karena efek dari zat-zat tertentu maupun ulah bakteri dan jamur yang ‘mampir’ di permukaan kulit. Beberapa waktu lalu Meroket.com telah memberikan penjelasan rinci mengenai jenis penyakit kulit di sini Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Dan Obatnya dan penyebab badan gatal-gatal pada postingan yang ini Daftar Penyebab Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab. Tulisan ini akan fokus membahas mengenai obat dari penyakit tersebut secara lebih rinci yakni nama obat gatal pada kulit di apotik yang bisa dibeli dengan atau tanpa resep dokter.

Rata-rata obat gatal yang dijual di apotik tersebut terbuat dari bahan-bahan modern yang berupa zat-zat kimia obat. Silahkan simak selengkapnya pada subjudul di bawah.

nama obat gatal pada kulit di apotik

4 Nama Obat Gatal Pada Kulit Yang Dijual di Apotik

Empat macam nama obat gatal berikut bisa Anda beli di apotik dalam rentang harga yang tidak terlalu mahal alias masih terjangkau. Disertakan juga efek samping yang ditimbulkan oleh masing-masing obat tersebut.

1. Ketoconazole Untuk Gatal-Gatal

Ketoconazole merupakan nama obat gatal kulit yang sangat ampuh yang untuk mengobati gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit kulit seperti panu, kurap dan ketombe di kulit kepala akan dengan mudah dihilangkan memakai jenis obat satu ini. Cara kerjanya adalah dengan merusak jaringan jamur yang disebut dengan Sintesa Ergosterol yang menjadi biang kerok rasa gatal atau perih pada daerah kulit yang terjangkiti.

Obat ampuh ini dijual dengan harga sekita Rp 99.000 , bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah, tergantung dari apotik yang menjualnya. Beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi setelah memakai Ketoconazole adalah sebagai berikut:

– Merasa pusing dan sakit kepala
– Mual, sakit perut atau bahkan muntah
– Gangguan haid pada wanita
– Mungkin akan terjadi peningkatan enzim pada hati
– Dan lain-lain.

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat gatal yang berbentuk krim. Pemakaian jenis obat yang ini sebaiknya atas petunjuk dokter, karena tidak semua gatal-gatal pada kulit cocok digunakan. Kortikosteroid sendiri merupakan obat khusus mengobati gatal-gatal yang disebabkan alergi dan peradangan. Jika kulit gatal karena jamur misalnya, jangan sekali-kali memakainya, karena bisa jadi akan bertambah parah alih-alih bisa sembuh.

Harga jual obat anti alergi ini cukup murah, cuma dikisaran Rp 10 ribuan saja dan seperti halnya obat yang lain, Kortikosteroid juga memiliki efek samping seperti berikut:

– Nafsu makan kemungkinan akan meningkat
– Gangguan pada sistem pencernaan
– Rasa gugup dan gelisah.

3. Antihistamin

Antihistami dijual dengan harga cukup murah juga, hanya Rp 4 ribuan saja per butir. Tidak seperti dua obat di atas yang termasuk kategori obat luar, Antihistamin berbeda karena harus diminum. Cara kerjanya adalah dengan menghambat zat kimia tertentu yang menyebabkan rasa gatal di kulit.

Efek samping yang mungkin terjadi setelah meminum obat Antihistamin ini bisa berbeda pada setiap orang, namun secara umum efek sampingnya adalah:

– Menyebabkan kantuk
– Sakit kepala dan susah buang air besar
– Penglihatan kabur dan bisa juga mulut kering
– Muntah-muntah.

Karena obat ini bisa menyebabkan rasa kantuk, maka sangat disarankan untuk tidak membawa kendaraan setelah mengkonsumsinya, sebab akan sangat berbahaya bagi keselamatan.

4. Miconazole

Miconazole merupakan obat gatal yang disebabkan oleh jamur juga, hampir sama seperti Ketoconazole pada poin nomor satu di atas, namun Miconazole ini khusus untuk bagian tubuh tertentu saja seperti pada mulut dan kemaluan. Penggunaan dosis dari obat ini sebaiknya juga atas saran dan resep dokter.

Miconazole termasuk obat keras, dan untuk itu segera bawa ke dokter jika mengalami efek samping berikut:

– Rasa sakit atau terbakar pada bagian mulut
– Timbul sariawan baru pada mulut atau lidah
– Timbul rasa nyeri pada gusi atau sekaligus disertai pembengkakan
– Detak jantung cepat atau berdebar-debar di luar batas wajar
– Susah untuk berkonsentrasi
– Kulit terlihat pucat.

Itulah empat nama obat gatal-gatal pada kulit yang biasanya dijual di apotik. Jika Anda membeli salah satu obat di atas, sangat disarankan untuk membaca lagi dengan teliti petunjuk-petunjuk lain mengenai obat pada kemasan seperti dosis, frekuensi pemakaian dan info penting lainnya.

Nama Obat Gatal Pada Kulit di Apotik Yang Terbukti Ampuh | Dwi Ady | 4.5