Mengenal Aneka Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Mengenal Aneka Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan – Labu siam merupakan jenis sayuran yang sudah sangat terkenal dimanapun keberadaannya. Dan di Indonesia sendiri, labu siap menjadi salah satu jenis sayuran yang paling banyak diminati untuk di olah menjadi aneka masakan. Cara paling sederhana mengolah labu siam adalah dengan cara direbus untuk dijadikan campuran pecel, atau di jadikan tumisan lezat yang cukup menggoda selera. Didalam sayuran ini tersimpan aneka kandungan yang baik untuk tubuh, seperti vitamin, serat, rendah kalori dan juga mineral  penting lainnya. Adapun manfaat dari labu siam ini adalah sebagai berikut.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh.

Mengenal Aneka Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

  1. Mencegah Penyakit Stroke.

Timbulnya penyakit srtoke disebabkan oleh tingginya kadar homocysteine di dalam darah, jika hal ini terus berlanjut maka kemungkinan tubuh terserang penyakit stroke dan jantungpun akan semakin besar. Sayuran labu siam yang anda konsumsi menyediakan kandungan folat yang berguna membantu tubuh dalam menyeimbangkan kembali jumlah homocysteine dalam darah. Sehingga risiko akan penyakit stroke ini dapat dicegah dan dihindari dengan baik.

  1. Mengurangi Berat Badan.

Bagi anda yang sedang melakukan diet, maka bisa memasukan sayuran labu siam ini ke dalam menu sehat diet anda. Seperti halnya dengan jenis labu-labu lainnya, labu siampun termasuk yang rendah akan kandungan kalori. Dalam setiap gramnya, anda hanya akan menemukan kandungan kalori sekitar 16 kalori saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sayuran labu siam ini bebas dari kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol. Selain itu, kandungan serat yang ada didalam labu siam akan sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan yang akan membantu melancarkan buang air besar pula. Tidak hanya itu, dengan serat ini juga, yang akan membantu perut anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Mencegah Bayi Cacat Lahir.

Kandungan baik seperti B kompleks berbentuk asam folat di dalam labu siam ini, akan membantu memberikan asupan folat untuk para wanita yang sedang hamil. Folat ini berguna untuk membantu proses pembelahan sel yang akan melindungi janin di dalam kandungan dari masalah cacat saat lahir.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat.

Selanjutnya manfaat sayur labu siam untuk tubuh adalah karena sayuran ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang telah anda tahu bahwa labu siam ini bebas dari kandungan lemak jenuh dan rendah kalori. Sehingga dengan anda mengkonsumsi labu siam secara teratur, tentu akan membantu meyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Kanker.

Siapa yang tak kenal dengan penyakit kanker, salah satu penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Perlu adanya pencegahan yang serius terhadap penyakit kanker ini. Solusi mudah untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit kanker adalah dengan mengkonsumsi sayur labu siam. Pasalnya labu sam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi berupa apigein dan luteolin, dimana ke dua antioksidan tersebut akan bekerja melawan dan menghadang dampak buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas dan segala polusi lainnya yang dapat mengakibatkan penyakit kanker ini.

  1. Membangun Energi Tubuh.

Salah satu kebaikan dari sayuran labu siam untuk tubuh adalah sebagai sumber stamina dan energi tubuh. Manfaat ini ada di dalam labu siam karena labu siam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan potassium, yaitu salah satu elektrolit alami yang bermanfaat untuk membentuk energi tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi sayur labu siam di saat makan siang akan memberikan pengaruh yang baik pada tubuh, membantu menghindarkan kelelahan saat bekerja atau beraktivitas.

  1. Melancarkan Pencernaan.

Setiap harinya, tubuh anda membutuhkan asupan serat yang berguna untuk membantu menyehatkan organ pencernaan. Sayuran labu siam banyak mengandung serat sehat, yang dapat membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Sehingga dengan anda mencampurkan labu siam ini kedalam menu makan sehari-hari, tentu akan membantu mengatasi masalah sembelit.

  1. Mengatasi Hipertensi.

Terjadinya tekanan darah tinggi dapat memicu gangguan kesehatan lainnya dalam tubuh. Untuk itu, jika sampai anda mengalami tekanan darah tinggi, di sarankan untuk secepatnya melakukan pengobatan. Bahan alami seperti labu siam ternyata sangat baik dalam membantu menurunkan tekanan darah yang sedang meningkat. Konsumsilah labu siam secara tertur sampai tekanan darah kembali normal.

  1. Mengatasi Anemia.

Tidak hanya masalah tekanan darah tinggi yang dapat diatasi dengan baik oleh manfaat labu siam ini. Akan tetapi gangguan seperti anemia atau kurang darah juga mampu ditangani oleh kebaikan labu siam ini. Labu siam mengandung zat besi dan juga vitamin B2 yang akan mendukung proses produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga anemia ini dapat diatasi dan dicegah.

  1. Mengobati Penyakit Batu Ginjal.

Bagian lain dari tanaman labu siam yaitu daunnya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat alami yang mampu mengobati penyakit batu ginjal. Jika anda sedang mencari obat yang ampuh dan aman untuk penyakit batu ginjal anda, maka bisa segera memanfaatkan daun dari labu siam ini.

  1. Mengatasi Perut Kembung.

Masalah seperti perut kembung sudah menjadi gangguan perut yang paling umum terjadi. Meskipun terlihat sepele namun jika dibiarkan tentu dapat membuat anda merasa tidak nyaman. Bantu atasi perut kembung dengan labu siam ini, sebab didalam labu siam terdapat kandungan zat diuretik yang mempunyai fungsi yang baik dalam mengatasi gangguan pada perut. 

  1. Mencegah Penyakit Jantung.

Kandungan sehat didalam labu siam seperti vitamin essensial berupa vitamin C akan berperan sebagai antioksidan yang akan mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, yang bisa disebabkan oleh adanya radikal bebas.

Banyak sekali manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh, yang akan membantu anda dalam mendapatkan tubuh yang sehat, dan terbebas dari berbagai gangguan kesehatan.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan mata :

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

6 Cara Mengatasi Mata Alergi Debu Dengan Bahan Alami

5 Cara Mengobati Mata Cylinder Secara Tradisional

Mengenal Aneka Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan | Dwi ady | 4.5