Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Mudah

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil  – Bagi wanita yang sudah menikah, hamil menjadi salah satu masa yang paling dinantikan. Namun, dalam masa kehamilan tentunya  ibu hamil akan mengalami gejala-gejala. Salah satunya yaitu kaki bengkak. Kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil merupakan hal yang biasa. Pembengkakkan terjadi akibat sel-sel air dalam tubuh menyerang bagian kaki.

Tek heran, jika bagi ibu hamil tidak bisa menggunakan sepatu kesayangannya bahkan menggunakan sandal. Hal ini dikarenakan bengkak tidak hanya meenyerang bagian kaki saja. Melainkan menyerang seluruh bagian kaki dan jari-jari kaki. Nah, untuk itulah disini kami akan membahas mengenai mengatasi kaki bengkak saat hamil, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dengan Mudah

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Di bawah ini ada beberapa mengatasi kaki bengkak saat hamil yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Memperhatikan Posisi Duduk

Mengatasi kaki bengkak saat hamil yang pertama yaitu dengan memperhatikan posisi duduk. Posisi duduk memang sangat berperan penting dalam mencegah atau mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan jika Anda duduk dengan posisi kaki menggantung dan posisi duduk yang tidak tegak lurus. Tentunya bisa memicu kaki mengalami pembengkakan. Untuk itulah, posisi duduk ibu hamil yang benar yaitu dengan menyanggah kaki dengan bantal dan biarkan posisi kaki dan tubuh tegak lurus.

Menggunakan Jeruk Nipis Dan Garam

Selain memperhatikan posisi duduk, menggunakan jeruk nipis dan garam juga bisa menjadi salah satu caranya. Akan tetapi, biasanya cara ini dilakukan jika pembengkakan telah dialami oleh ibu hamil. Namun, tidak menutup kemungkinan jika cara ini juga bisa dilakukan untuk mencegah kaki bengkak. Caranya pun tergolong mudah yaitu dengan menyiapkan air hangat, dan campurkan garam dan perasan jeruk nipis. Kemudian rendam kaki hingga beberapa menit. Lakukan cara tersebut secara rutin agar bengkak kaki bisa teratasi dan mencegah bengkak kaki.

Menggunakan Alas Kaki Yang Nyaman

Alas kaki memang sangat berperan penting jika kaki mengalami bengkak. Untuk itulah, sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Dengan menggunakan alas kaki yang nyaman tentunya akan mengurangi resiko terkena kaki bengkak pada masa kehamilan. Atau bisa bagi ibu haml untuk menggunakan andal khusu untuk ibu hamil yang nyaman dan juga lebih aman. Dengan demikian, ibu hamil akan terhindar dari kaki bengkak.

Jangan Duduk Dan Berdiri Terlalu Lama

Cara mengatasi yang selanjutnya yaitu jangan duduk dan berdiri terlalu lama. Duduk dan berdiri terlalu lama dapat menjadi memicu pembengkakan pada kaki. Hal ini dikarenakan pada saat duduk dan berdiri kaki lah yang menjadi penopangnya. Apalagi pada saat itu, ibu sedang mengalami kehamilan yang dipastikan ibu memiliki berat badan yang berlebih. Dengan begitu, kaki akan bengkak. Sehingga sangat disarankan ibu untuk tidak duduk terlalu lama. Serta usahakan untuk berjalan-jalan atau istirahat.

Mencukupi Kebutuhan Air Minum

Mengatasi kaki bengkak saat hamil yang terakhir yaitu dengan mencukupi kebutuhan air minum. Air minum ternyata tidak hanya berperan penting untuk membuang racun-racun yang ada dalam tubuh. Melainkan dengan mencukupi kebutuhan air minum juga bisa mengurangi pembengkakan pada kaki. Sehingga dengan demikian, Anda sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan air minum 6-8 gelas setiap harinya.

Nah, itulah beberapa mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa Anda coba lakukan, bagi Anda ibu hamil yang sedang mengalami kaki bengkak. Apalagi cara-cara di atas temasuk cara yang mudah dilakukan. Jadi tidak ada salahnya Anda untuk mencobanya bukan. Terima kasih dan selamat mencoba

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan :

Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, Apa Saja?

Ini Daftar Menu Makan Siang Sehat Yang Benar

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Mudah | Dwi ady | 4.5