Manfaat Sehat Junggul Untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Sehat Junggul Untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui – Apakah anda pernah mendengar sebuah tanaman yang bernama junggul? Tanaman junggul memiliki nama latin Crassocephalum Crepidioides, yang banyak dikenal sebagai salah satu tanaman pengganggu yang jika tumbuh pasti akan segera di musnahkannya. Namun diluar hal tersebut, khusunya untuk masyarakat daerah Jawa tengah maupun Jawa barat banyak yang sudah menganggap junggul ini sebagai sayuran yang dapat dikonsumsi untuk menu makan sehari-hari. Olahan sayur junggul berupa uraban, pecel dan juga sering lansung dikonsumsi sebagai bahan lalapan berteman sambal. Banyak sekali nama sebutan dari sayuran junggul ini misalnya saja, puyung, bagini, tespong, taplek dan lain sebagainya.

Namun berbeda nama pun tak membuat banyak orang tahu akan manfaat yang terkandung di dalam tanaman junggul ini, sehingga keberadaan junggul ini selalu dipandang sebelah mata, dan segera diberantas dengan cepat karena dianggap mengganggu tumbuh kembang tanaman utama. Padahal tidak selamanya tanaman gulma itu tidak memiliki manfaat sama sekali, sama seperti junggul ini, yang sebenarnya menyimpan banyak kegunaan yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh. Jika anda penasaran dengan manfaat sayur atau tanaman gulma yang bernama junggul ini, silahkan ikuti informasinya di bawah ini.

Manfaat Sehat Junggul Untuk Tubuh

Manfaat Junggul Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Kram Perut

Selanjutnya manfaat junggul untuk kesehatan adalah sebagai obat alami yang efektif mengobati masalah kram perut. Untuk itu tak perlu bingung lagi jika mengalami hal semacam kram perut ini, sebab kita tinggal mencari tanaman junggul ini di pekarangan rumah dan segera membuatnya menjadi ramuan alami dengan cara di rebus dan segera diminum air rebusan junggul tadi. Kram perut dapat segera di sembuhkan.

  1. Mengobati Radang Tenggorokan

Meskipun jarang diketahui oleh banyak orang, namun tanaman junggul memiliki sifat anti inflamasi yang tentunya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena dengan adanya sifat inilah yang akan membuat tanaman gulma ini berkhasiat untuk mengobati masalah peradangan yang sering meyerang tubuh. Untuk itu, jika anda mengalami gangguan kesehatan seperti radang tenggorokan maka cobalah untuk mengkonsumsi sayur junggul ini. Minumlah air rebusan junggul untuk segera mengobati gangguan tenggorokan yang anda derita.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Selanjutnya manfaat tanaman junggul untuk tubuh adalah dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar. Jika anda mau mengkonsumsi junggul ini dalam menu harian anda, pastilah masalah kesusahan buang air besar tidak akan pernah anda rasakan. Junggul yang anda konsumsi akan membantu melancarkan pencernaan, serta meringankan kinerja dari usus sehingga usus dapat semakin sehat, dan buang air besarpun semakin lancar.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Tanaman junggul juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan mata. Hal itu terlihat dari bagian tanaman ini yang berwarna merah, yang menandakan adanya kekayaan kandungan beta karoten. Selain itu vitamin A yang terkandung di dalam sayuran ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan organ mata, agar terhindar dari berbagai gangguan mata seperti mata katarak dan lain sebagainya.

  1. Mengatasi Kesusahan Tidur

Bayak orang yang memiliki masalah dalam tidurnya, sehingga seringkali mengeluh karena tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Padahal istirahat di malam hari akan sangat berguna untuk meningkatkan stamina di pagi harinya. Dimana harus kembali beraktivitas dan menjalankan tugas yang belum selesai. Jika hampir setiap hari mengalami gangguan seperti kesulitan tidur atau yang lebih dikenal dengan nama insomnia, maka bisa jadi kita tidak bisa menjalankan aktivitas dengan maksimal. Untuk menghindari hal tersebut, maka segeralah mencari solusi agar masalah insomnia yang kita derita segera berakhir. Tanaman junggul memiliki kandungan yang berguna untuk di jadikan obat alami guna mengatasi masalah insomnia. Konsumsilah air rebusan daun junggul sebelum tidur, maka akan memudahkan kita untuk bisa cepat tertidur pulas.

  1. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk membantu proses penyembuhan dan pemulihan setelah sakit, biasanya akan cepat berjalan dengan lancar jika tubuh bisa selalu terpenuhi kebutuhan gizinya. Namun umumnya pada saat itu kebanyak orang akan mengalami nafsu makan yang buruk, dan sering merasa tidak berselera ketika melihat makanan. Akhirnya asupan gizi di dalam tubuh tidak dapat terpenuhi, tubuh akan semakin lemas dan bisa saja penyakit yang sudah sembuh datang menyerang kembali. Untuk membantu meningkatkan nasfu makan yang hilang, anda bisa mengandalkan sayur junggul ini sebagai solusi terbaiknya. Junggul mampu meningkatkan nasfu makan dengan sangat efektif, sekaligus membantu mengurangi produksi asam lambung yang menjadi salah satu penyebab menurunnya nafsu makan.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Kesehatan tubuh dapat dicapai dengan adanya penjagaan yang kuat dari sistem imun di dalam tubuh. Sebab, sistem imun inilah yang dapat membuat kita dapat terus aktif sepanjang hari. Daya tahan tubuh yang kuat akan melindungi kita dari berbagai ancaman peyakit yang biasa ataupun yang berbahaya sekalipun. Untuk itu, guna membangun sistem kekebalan dalam tubuh bisa dengan rutin mengkonsumsi junggul ini.

  1. Mengobati Sakit Kepala

Tanaman yang sering dianggap sebagai gulma ini, ternyata juga memiliki kandungan yang bersifat analgesik, yang akan memberikan manfaat untuk menyembuhkan sakit kepala. Bahkan untuk membantu mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain, sayur junggul ini terbukti ampuh dan tentunya aman untuk dikonsusmsi meskipun dalam jangka panjang.

Tentunya banyak dari kita yang tidak menyangka bahwa manfaat tanaman junggul untuk kesehatan tubuh, sangatlah besar peranannya. Untuk itu, cobalah untuk berpikir dua kali jika ingin benar-benar membasmi tanaman junggul ini.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan mata :

5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

7 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Manfaat Sehat Junggul Untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui | Dwi ady | 4.5