Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan – Jamur, satu kata yang membuat kita berfikir apakah tumbuhan ini beracun atau tidak. Jamur biasa tumbuh liar di pagar rumah, sumur atau bangkai pohon. Jamur tumbuh liar, namun sebagian dari jamur ada yang beracun dan ada yang bisa dikonsumsi. Di Indonesia, jamur telah dibudidayakan dan diolah dengan berbagai inovasi. Makanan yang dihasilkan dari jamur ini pun beraneka rasa. Jamur yang hanya kerap kita kenal beracun kini telah mendunia dengan berbagai keunikan.

Berbicara mengenai jamur yang tidak beracun, sudah pasti berbicara dengan makanan. Jamur merupakan sejenis tumbuhan yang bisa dikatakan tidak sempurna. Jamur ini tumbuh dengan kelembapan yang haruslah sesuai dan tidak boleh salah. Jamur yang sering kita konsumsi adalah jamur merang, jamur kuping dan jamur tiram. Jamur tiram adalah yang populer. Populernya, jamur tiram karena jamur ini sangatlah nikmat dikonsumsi jika pandai memasaknya.

Tahukah Anda, banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang belum diketahui oleh khalayak umum? Nah, dalam artikel ini akan diulas secara detail dan Anda pastinya akan mendapatkan ilmu serta wawasan baru bila membaca artikel ini.

manfaat jamur tiram untuk kesehatan

3 Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan

Jamur tiram mungkin tidak terlalu dikenal oleh masyarakat desa. Namun, di kota jamur tiram ini sangat populer. Terkadang, mengkonsumsi jamur sekadar hanya lauk. Padahal sebenarnya lebih ada banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan lebih dari sekedar lauk. Adapun manfaatnya yaitu:

1. Pencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit tumor ganas yang kerap menakuti para wanita Indonesia. Kanker ini menyerang tanpa ampun hingga penderita merasakan sakit yang luar biasa. Faktor makanan dan juga hal lain menyebabkan kanker payudara tidak dapat disembuhkan secara instan. Namun, kehadiran jamur tiram membawa kabar baik. Jamur tiram mengandung senyawa antioksidan yang mampu menghancurkan tumor ganas. Mengkonsumsi jamur tiram akan meredakan sakit dan perlahan menyembuhkan kanker payudara.

2. Pengendali Kolestrol Jahat Dalam Tubuh

Manfaat jamur tiram untuk kesehatan salah satunya adalah mengendalikan kolestrol jahat yang terus berselubung di dalam tubuh. Jamur tiram sebenarnya hampir sama dengan daging. Jika daging mengandung kolestrol, maka jamur tiram mengandung 0 persen kolestrol. Mengkonsumsi jamur tiram juga memberikan nutrisi lain yang dapat menyehatkan tubuh dibanding dengan daging. Maka, berdasarkan penelitian di Amerika, mengkonsumsi jamur tiram akan menurunkan dan mengendalikan koletrol jahat secara konstan.

3. Meningkatkan Imun Dalam Tubuh

Jaman yang penuh makanan serba instan, sudah pasti mengandung bahan pengawet yang merusak sistem kekebalan tubuh. Anda yang sering mengkonsumsi makanan siap saji sudah boleh berhenti. Lebih baik mengkonsumsi jamur tiram sebagai gantinya. Jamur tiram jika dikonsumsi secara berkala akan meningkatkan sistem imun tubuh. Berbeda dengan bahan pengawet yang bahkan merusak sistem kekebalan tubuh. Manfaat jamur tiram untuk kesehatan dalam meningkatkan sistem imun tubuh dikarenakan dalam jamur tiram banyak mengandung vitamin C. Berdasarkan penelitian, vitamin C baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kandungan magnesium dalam jamur tiram juga membantu menjaga sistem imun tubuh.

Tidak hanya sekadar 3 manfaat saja, jamur tiram memiliki manfaat lain. Jamur tiram sangat bermanfaat juga untuk ibu hamil. Mengkonsumsi jaur tiram pada saat hamil akan meningkatkan nutrisi dalam tubuh. Kandungan vitaminnya juga sangat berguna bagi janin. Maka, jangan ragu untuk mengkonsumsi jamur tiram.

Demikian ulasan mengenai manfaat jamur tiram untuk kesehatan. Hidup sehat dengan jamur tiram adalah pilihan paling tepat. Yuk, jaga kesehaatan dengan jamur tiram dan lengkapi gizi seimbang. Hidup sehat adalah awal menuju masa depan yang penuh kesenangan.

baca juga : 4 Jenis Teh Terbaik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan | Dwi Ady | 4.5