Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan – Anda tentu sudah mengenal manfaat daun sirih merah.  Sirih merah adalah salah satu tumbuhan yang merambat.  Sirih merah memiliki nama latin Piper ornatum.  Sirih merah merupakan tumbuhan yang berasal dari Sulawesi.  Kini, tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan karena memiliki berbagai manfaat.

Manfaat daun sirih merah memang sudah tidak diragukan lagi.  Khasiatnya sebagai tanaman obat sudah banyak diketahui orang.  Untuk anda yang penasaran dengan manfaat daun tersebut.  Yuk kita simak informasi mengenai ragam manfaat yang bisa anda peroleh dari daun sirih merah.  Berikut informasinya tentang Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan untuk anda.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Mengobati Diabetes

Inilah salah satu manfaat daun sirih merah.  Manfaat daun sirih merah untuk diabetes bukanlah isapan jempol belaka.  Sirih merah diyakini mengandung flavonoid.  Yaitu sebuah zat yang berfungsi sebagai anti diabetes dan sangat bermanfaat bagi para penderita kencing manis.  Senyawa tersebut bekerja untuk mencegah produksi glukosa di dalam hati.  Selain flavonoid, manfaat yang sama juga dimiliki polifenol yang juga berfungsi sebagai zat anti diabetes.

Mencegah Kanker dan Tumor

Manfaat selanjutnya adalah mencegah kanker.  Daun sirih merah memiliki kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan juga anti kanker.  Salah satu senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan kanker dan dimiliki oleh daun sirih adalah alkaloid.  Untuk itu, mengkonsumsi rebusan daun sirih merah akan mencegah anda terjangkit kanker maupun tumor.

Mengobati Penyakit Jantung

Manfaat yang tidak kalah menarik adalah kemampuannya dalam mengobati penyakit jantung.  Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia.  Sayangi jantung anda dengan rutin mengkonsumsi daun sirih merah.  Caranya, rebus 3 hingga 4 lembar daun sirih merah dengan air 4 gelas hingga tersisi 2 gelas.  Minumlah air rebusan daun sirih merah 2 kali sehari sebelum makan. Lalkukan secara rutin dan berkala untuk mendapat hasi yang maksimal dari sirih merah ini.

Mengatasi Masalah Keputihan

Ini dia manfaat daun sirih merah yang sangat berguna bagi para wanita.  Manfaat daun sirih merah untuk keputihan memang sudah teruji secara klinis.  Daun sirih merah mengandung zat anti jamur dan antiseptik.  Untuk mengatasi keputihan, cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih merah.  Basuh daerah kewanitaan dengan menggunakan rebusan daun sirih merah, dengan begitu masalah keputihan perlahan akan teratasi.

baca juga : Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Nah, bagaimana?  Sebuah info yang menarik bukan?  Jangan sepelekan akan manfaat dari daun sirih merah ini.  Untuk itu, demi menjaga kesehatan anda, mulailah gunakan daun sirih merah sebagai obat herbal tanpa efek samping.  Dengan rutin menggunakannya, maka anda akan mendapat berbagai Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan | Dwi Ady | 4.5