Makanan-Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat

Makanan-Makanan Yang Mengandung Asam Folat – Tentunya kita sering mendengar istilah asam folat pada berbagai iklan. Asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B kompleks. Asam folat juga sering disebut vitamin B9 dan bersifat larut dalam air, tetapi tidak larut dalam lemak. Zat ini sangat penting terutama bagi ibu hamil, dimana berfungsi sebagai zat pembangun tubuh dan berbagai fungsi lainnya.

Pada ibu hamil, asam folat sangat diperlukan terutama untuk mencegah cacat lahir, mengurangi resiko bayi lahir prematur. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah anemia serta membantu pembentukan sel darah merah dan DNA. 

Asam folat banyak terkandung dalam sayur-sayuran hijau, buah-buahan dan kacang-kacangan. Nah, agar dapat mengambil manfaat dari asam folat, tentunya kita harus mengetahui makanan-makanan yang mengandung asam folat. Yuk simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

makanan-makanan yang mengandung asam folat

Makanan-Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Bayam

Bayam merupakan sayur-sayuran yang sering kita konsumsi dan tentunya sayuran ini sudah tidak asing lagi. Bayam termasuk sayur-sayuran yang tinggi kandungan asam folat (194 mcg / 100 gr, 49% AKG). Selain tinggi akan asam folat, bayam juga tinggi serat sehingga dapat digunakan untuk makanan diet dan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kuning Telur

Telur merupakan salah satu pangan hasil hewani yang telah dikenal oleh berbagai kalangan. Telur juga menjadi salah satu makanan-makanan yang mengandung asam folat yang dapat ditemukan di berbagai daerah. Kandungan asam folat juga termasuk tinggi (146 mcg / 100 gr, 37%). Bagian telur yang kaya akan asam folat adalah kuning telur. Pada bagian ini juga terdapat vitamin B kompleks lainnya.

Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang berasal dari tumbuhan rhizoma (batang di dalam tanah). Saat ini asparagus sudah lama dikonsumsi baik sebagai makanan maupun obat-obatan. Kandungan asam folat dalam asparagus adalah 135 mcg per 100 gr (34% AKG). Kandungan lain dari asparagus yaitu serat, kalsium, dan vitamin K. Sehingga, asparagus menjadi salah satu makanan-makanan yang mengandung asam folat dan direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Kacang Tanah

Tentunya kita tidak asing lagi dengan kacang tanah yang telah dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Selain memiliki harga yang terjangkau, kacang tanah juga mengandung berbagai gizi yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Selain kaya akan mineral, salah satu kandungan kacang tanah yaitu asam folat,  yaitu sebesar  120 mcg per 100 gr ( 30%). So, masih ragu dengan kacang tanah sebagai makanan-makanan yang mengandung asam folat?

Kacang Kenari

Kacang kenari adalah kacang yang berasal dari berbagai pohon berjenis Juglans. Kacang kenari merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan gizi. Kacang kenari mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan berbagai vitamin B terutama asam folat. Kandungan asam folat pada kacang kenari yaitu 98 mcg per 100 gram (25% AKG).

Bit Merah

Buah bit merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering dikonsumsi sebagai jus atau salad. Buah bit yang kaya akan asam folat yaitu jenis bit merah. Kandungan asam folat dalam buah bit merah  yaitu 107 mcg per 100 gr (27% AKG). Selain itu, bit merah juga kayak akan zat warna antosianin sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Hati Ayam

Hati ayam merupakan bagian yang penting dan menjadi makanan yang mengandung sumber gizi tinggi. Kandungan asam folat pada bagian hati ayam sangat tinggi, mencapai 578 mcg per 100 gr (144% AKG). Tidak hanya kaya asam folat,  hati ayam juga mengandung protein, sodium dan  lemak. Hal ini tentu sangat baik pertumbuhan janin bayi dan kesehatan ibu hamil.

Masih banyak lagi makanan-makanan yang mengandung asam folat yang berada di muka bumi. Namun, ulasan di atas merupakan bagian dari pilihan yang pernah diutarakan oleh para ahli. So, jangan pernah lewatkan makanan-makanan tersebut ya. Makanan kaya asam folat akan membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Demikian ulasan artikel ini. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu Anda. Ayo konsumsi makanan yang mengandung asam folat, dijamin tubuh sehat.

baca juga : Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Kulkas

Makanan-Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat | Dwi Ady | 4.5