Kulit Gatal, Ketahui Jenis Dan Penyebabnya

Kulit Gatal kadang memang menjengkelkan, apalagi yang rasa gatalnya susah sekali hilang dan harus selalu digaruk. Dalam ilmu medis, penyakit gatal ini dikenal dengan istilah “Pruritus”. Penyebab kulit gatal sendiri ada bermacam-macam, diantaranya karena alergi, karena peradangan atau gigitan dan racun serangga tertentu.

Jika saat ini Anda sedang mengalami gatal-gatal pada kulit, sebaiknya kenali dulu jenisnya, sebab kalau sudah tahu jenis penyakit gatalnya apa, langkah pengobatan akan lebih mudah dilakukan; apakah harus segera ke dokter atau cukup dengan membeli obat warung saja.

kulit gatal

Jenis Gatal Pada Kulit Dan Penyebabnya

Jenis kulit gatal yang akan dibahas di bawah ini disebabkan oleh antara lain bahan kimia tertentu, serangga dan beberapa penyebab lain. Silahkan simak pembahasan lebih rinci mengenai hal tersebut berikut.

1. Gatal Karena Gigitan Nyamuk

Saat nyamuk menghisap darah, ia mengeluarkan air liur yang akan mencegah darah kita membeku. Rasa gatal saat digigit nyamuk bukan disebabkan oleh zat yang dikeluarkan oleh si nyamuk, namun karena reaksi sistem imun tubuh yang mengeluarkan zat yang disebut Histamin. Hastamin inilah yang kemudian menyebabkan rasa gatal dan bentol serta merah pada kulit.

2. Gatal Karena Jamur

Kulit yang sering gatal-gatal karena infeksi jamur adalah daerah sekitar pangkal paha, selangkangan dan ketiak. Kulit yang diinfeksi biasanya ruam atau merah, namun bisa juga kelihatan agak putih. Selain gatal, infeksi jamur juga akan menyebabkan sensasi terbakar pada kulit.

3. Gatal Karena Alergi Kucing

Alergi kucing biasanya berupa gatal-gatal dan bengkak di area sekitar mata atau hidung. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap ketombe si kucing yang sampai ke kulit.

4. Psoriaris

Psoriaris merujuk kepada jenis gatal pada kulit yang disebabkan oleh kulit mati, misalnya pada bekas luka yang sudah mulai sembuh. Hal ini wajar apalagi area kulit yang luka tersebut dulunya cukup besar.

5. Kurap dan Panu

Rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh panu atau kurap adalah karena infeksi sejenis jamur juga. Jika penyakit panu dan kurap tersebut masih ringan, bisa diobati dengan obat kurap dan panu yang banyak dijual bebas.

6. Gatal Karena Zat Kimia Tetentu

Gatal yang disebabkan oleh alergi pada zat-zat kimia tertentu biasanya hanya akan berupa kulit merah, namun bisa juga dalam bentuk lainnya. Rasa gatal jenis ini biasanya mudah disembuhkan dengan hanya mencuci dengan bersih area kulit yang terkontaminasi zat tersebut.

7. Gatal Karena Kulit Kering

Rasa gatal pada kulit bisa juga disebabkan oleh kondisi kulit yang kering. Area tubuh yang berpotensi mengalami kekeringan tersebut diantaranya lengan, kaki dan daerah perut.

8. Dermatitis Atau Peradangan Kulit

Radang kulit merupakan penyebab lain rasa gatal yang timbul pada kulit. Memiliki ciri-ciri kulit ruam merah muda dan merah tapi gatal.

9. Gatal Kulit Karena Serangga Lainnya

Serangga kecil seperti kutu, tungau dan serangga sejenis diketahui sering menyebabkan rasa gatal pada kulit. Daerah sekitar kulit yang digigit biasanya akan mengalami pembengkakan kecil, namun bisa juga bengkak besar. Jika dilihat masih ringan, bisa diobati dengan obat gatal serangga yang banyak dijual.

Itulah beberapa jenis kulit gatal beserta penyebabnya seperti yang terlihat di atas. Agar Anda terhindar dari penyakit gatal tersebut, disarankan untuk selalu mengalamalkan pola hidup sehat, yakni dengan menjaga kesehatan kulit itu sendiri dan juga tentunya tempat tinggal.

Kulit Gatal, Ketahui Jenis Dan Penyebabnya | Dwi Ady | 4.5