Kenali Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit Agar Mudah Diobati

Kenali Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit – Kulit gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, namun secara umum adalah karena memiliki pola hidup dan kebiasaan yang kurang sehat. Kebiasaan seperti tidak membersihkan tubuh sehabis bekerja atau olah raga, tempat tinggal yang kurang bersih atau tidak memiliki pencahayaan cukup diketahui menjadi penyumbang terbesar penyakit kulit gatal. Agar satu rasa gatal pada kulit bisa segera ditangani, sebaiknya kenali penyebab gatal-gatal pada kulit tersebut terlebih dahulu.

Sebelumnya Meroket.com telah membahas tentang beberapa jenis kulit gatal beserta faktor pemicunya pada postingan ini : Kulit Gatal, Ketahui Jenis Dan Penyebabnya, Silahkan lihat dulu artikel tersebut untuk mengetahui macam-macam penyakit kulit gatal yang dialami.

kenali penyebab gatal-gatal pada kulit

Penyebab Penyebab Gatal Pada Kulit Yang Umum Di Masyarakat

Apapun jenis suatu penyakit, tak terkecuali gatal-gatal pada kulit, akan lebih mudah diobati jika penyebabnya diketahui. Metode pengobatan yang efektif selain akan bisa meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan untuk berobat, waktu Anda juga tidak terbuang sia-sia. Berikut adalah penyebab gatal pada kulit yang umum di temui di tengah masyarakat.

1. Alergi

Alergi kulit yang menimbulkan rasa gatal bisa disebabkan oleh alat kosmetik tertentu, makanan dan zat kimia lainnya. Jika Anda mengalami rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi, pengobatan paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan berhenti memakai atau mengkonsumsi ‘barangnya’.

2. Iritasi

Iritasi kulit dapat menyebkan rasa gatal juga, di samping rasa perih atau sensai terbakar. Iritasi kulit bisa disebabkan oleh udara yang terlalu lembab atau bisa juga karena bersentuhan langsung dengan zat-zat kimia tertentu. Jika iritasi itu disebabkan oleh zat kimia, Anda bisa langsung membersihkan bagian kulit yang terkena zat.

3. Penyakit Dalam

Selain penyebab eksternal, rasa gatal pada kulit bisa juga karena penyakit dalam seperti masalah tiroid, kanker, penyakit hati, ginjal dan sebagainya. Rasa gatal yang ditimbulkan biasanya bukanlah pada area tubuh tertentu saja, namun seluruh tubuh.

4. Gangguan Pada Sistem Syaraf

Penyebab gatal pada kulit selanjutnya adalah karena gangguan syaraf seperti herpes zoster, saraf terjepit, multiple sclerosis dan lain-lain. Baru-baru ini stress diketahui juga bisa menyebabkan kulit gatal.

5. Penyakit Kulit

Walaupun penyakit kulit identik dengan gatal, namun tidak semuanya karena ada penyakit kulit tertentu yang malah terasa sakit dan perih. Jenis penyakit kulit yang menimbulkan rasa gatal diantaranya adalah panu, kudis, cacar, kurap, psoriasis, biduran dan masih banyak lagi. Metode pengobatan yang bisa dilakukan beragam, tergantung dari jenis penyakit secara lebih spesifik.

6. Hamil

Bagi wanita tertentu, saat ia sedang hamil akan mengalami kulit gatal-gatal yang merupakan sebagai ‘bagian’ dari proses kehamilan itu sendiri. Area tubuh yang berpotensi mengalami rasa gatal biasanya paha, perut, payudara dan lengan. Untuk mengobati rasa gatal yang timbul, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter khusus di bidang itu.

7. Biang Keringat

Biang keringat merupakan penyebab gatal-gatal pada kulit yang kerap terjadi pada hampir semua orang. Sesuai dengan namanya, biang keringat disebabkan oleh air keringat atau bisa juga karena kalenjer keringat yang belum ‘berkembang’. Negara-negara beriklim trpis seperti Indonesia sudah familiar dengan penyakit satu ini. Biang keringat secara umum tidak membutuhkan penanganan khusus karena biasanya akan bisa sembuh sendiri, kecuali beberapa kasus tertentu yang memang membutuhkan penanganan serius.

Nah, itulah beberapa penyebab gatal-gatal pada kulit yang umum dikenal. Agar terhindar dari penyakit gatal, Meroket.com tak bosan-bosannya menyampaikan untuk selalu menerapkan budaya dan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Add Comment