Kenali Gejala Sariawan dan Cara Pencegahannya

Kenali Gejala Sariawan dan Cara Pencegahannya – Pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas mengenai gejala sariawan serta cara pencegahannya. Dalam dunia medis sariawan ini biasa dikenal dengan sebutan Stomatitis. Arti Stomatitis sendiri adalah bagian rongga mulut yang terkena peradangan. Menurut penelitian, stomatitis ini asalnya dari bahasa yunani yang terbagi menjadi dua. Pertama adalah stoma artinya mulut, dan yang kedua adalah itis artinya inflamasi atau peradangan. Sehingga arti sebenarnya adalah peradangan pada mulut.Peradangan sariawan ini biasa menyerang area mulut. Misalnya seperti bagian dalam pipi, lidah, bibir luar, dan bibir dalam. Rasa yang muncul akibat sariawan ini adalah persis seperti luka teriris. Bila terkena sentuhan ataupun bergesekan dengan makanan maka rasa nyeri yang ditimbulkan akan semakin terasa.

Bagi Anda yang saat ini sedang sehat tentu merupakan hal yang bagus, akan tetapi karena sehat tidaklah selalu pasti maka ada baiknya Anda mengetahui gejala sariawan dan juga cara pencegahannya. Dengan informasi gejala sariawan dan cara pencegahan sariawan ini, maka akan sangat membantu Anda agar tidak terkena sariawan. Adapun informasi selengkapnya dapat Anda baca di bawah ini.

Kenali Gejala Sariawan dan Cara Pencegahannya

Kenali Gejala Sariawan dan Cara Pencegahannya

Kenali Gejala Sariawan dan Cara Pencegahannya

Sebelum kita membahas gejala sariawan, maka kita akan membahas penyebab sariawan atau stomatitis ini. Penyebab yang bisa menjadi pemicu sariawan ini ada banyak, beberapa hal tersebut misalnya seperti gangguan hormon pada wanita karena akan datang menstruasi, kekurangan buah seperti jeruk dan jambu merah sehingga tubuh kekurangan vitamin C, adanya infeksi yang terjadi pada bagian mulut, atau bisa juga disebabkan karena terjadinya luka gesekan atau luka gigit pada bagian mulut. Itulah beberapa penyebab yang mana awal mulanya seseorang bisa terkena sariawan. Kini kita akan membahas apa saja gejala-gejala yang dirasakan seeorang yang terkena penyakit sariawan ini? Berikut adalah gejala-gejalanya :

1. Bibir Terlihat Kering dan Pecah-Pecah

Gejala pertama adalah bibir kering. Biasanya ini terjadi pada orang yang terkena sariawan pada bagian bibir. Kurangnya dehidrasi adalah penyebab sariawan menyerang bagian bibir Anda.

2. Bekas Luka Di Mulut Tidak Sembuh-Sembuh

Gejala sariawan yang kedua adalah tidak sembuhnya luka di bagian lidah atau bibir Anda. Luka seperti tergigit biasanya tidak dapat sembuh dengan cepat karena berubah menjadi sariawan. Luka ini ditandai dengan rasa nyeri dan perih seperti luka bakar.

3. Munculnya Benjolan Kecil Berwarna Putih

Gejala sariawan berikutnya yakni terdapat benjolan seperti luka melepuh yang berwarna putih. Sariawan jenis ini biasanya menyerang pada bibir dan pipi bagian dalam.

Baca Juga : Cara Mengobati Sariawan Parah dengan Cepat

Cara Pencegahan Sariawan

Untuk mencegah agar sariawan tidak menyerang Anda, maka caranya tidak terlalu sulit. Agar lebih jelas, silahkan baca cara pencegahan sariawan berikut ini :

1. Mengurangi Makanan yang Keras

Makanan yang keras juga dapat memicu terjadinya sariawan. Bila Anda memang tidak ingin terkena sariawan, maka hindarilah mengkonsumsi makanan keras agar bagian mulut Anda tidak luka sewaktu mengunyah makanan yang keras tersebut.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Pencegahan sariawan yang kedua adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak Vitamin C. Contohnya adalah Jeruk dan Jus Jambu Merah.

3. Istirahat yang Cukup

Tubuh yang lelah menyebabkan imunitas tubuh Anda jadi menurun. Agar sariawan tidak menyerang saat imunitas tubuh Anda serang turun, maka sebaiknya perbanyaklah istirahat.

4. Rajin Menjaga Kebersihan Mulut

Pencegaha yang terakhir adalah dengan rajin menjaga kebersihan mulut. Bagian mulut yang kotor menjadi penyebab sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk mencegah sariawan jenis ini maka Anda harus rajin menjaga kebersihan mulut.

Demikian adalah informasi mengenai gejala sariawan dan cara pencegahannya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Kenali Gejala Sariawan dan Cara Pencegahannya | dyca | 4.5