Inilah Daftar Makanan yang Baik Untuk Meningkatkan Sirkulasi Darah

Inilah Daftar Makanan yang Baik Untuk Meningkatkan Sirkulasi Darah – Apakah anda sering mengalami keluhan seperti kesemutan, kram otot, kulit yang memerah, atau berbagai keluhan lainnya di dalam tubuh. Jika hal ini terjadi sekali-kali mungkin tidak menjadi masalah, namun jika terjadi secara terus menerus, maka anda perlu untuk sedikit lebih waspada mengenai kesehatan tubuh anda. Sebab ada berbagai gangguan kesehatan yang seringkali terabaikan, dan barulah seseorang akan melakukan perawatan jika gangguan tersebut sudah dalam tahap yang lebih parah dan serius. Jika anda sering mendapati gejala-gejala seperti kesemutan atau kram otot ini muncul pada tubuh anda, maka dapat dikatakan bahwa sirkulasi darah dalam tubuh sedang tidak lancar atau mendapat hambatan.

Penyebab sirkulasi darah tidak lancar bisa di karenakan tubuh anda kurang mendapatkan asupan nutrisi yang baik atau bisa karena tubuh kurang bergerak untuk berolahraga. Untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, anda harus selalu menyempatkan waktu anda untuk olahraga secara rutin, dan selain itu mengkonsumsi beberapa makanan sehat juga sangat dianjurkan. Apa saja makanan sehat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh? Simak infermasinya di bawah ini.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

6 Makanan Sehat yang Berguna Meningkatkan Sirkulasi Darah.

  1. Cokelat Hitam

Untuk anda yang gemar memakan cokelat, pasti akan senang jika mendengar manfaat cokelat yang satu ini. Namun manfaat ini khusus untuk jenis cokelat hitam. Cokelat hitam merupakan jenis makanan bergizi yang mempunyai citarasa amatlah enak. Sehingga dengan menjadikan cokelat hitam ini sebagai obat alami yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, pasti anda tidak akan menolaknya.

Faktanya di dalam cokelat hitam terkandung zat flavonoid yang berfungsi sebagai peningkat peredaran darahdalam tubuh, sehingga akan membantu menyehatkan tubuh sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cokelat hitam juga efektif mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan hebatnya lagi dengan anda mengkonsumsi cokelat hitam ini maka anda akan terhindar dari masalah stres karena mampu melepaskan serotonim dan juga phenylethylamine.

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Sebenarnya bawang putih dan bawang merah pada hakekatnya adalah bumbu dapur yang wajib digunakan untuk membantu melezatkan masakan secara alami. Namun tahukan anda, bahwa bawang putih dan juga bawang merah yang sring digunakan untuk memasak ini, meruapakan bahan makan yang dapat memberi manfaat yang sangat baik bagi tubuh, terutama untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Untuk itu tak perlu menghindari konsumsi kedua jenis bawang ini aam masakan, meskipun memang baunya agak menyengat. Karena manfaat yang dikandungnya jauh lebih berguna untuk anda.

Bawang putih dan bawang merah berguna untuk mencegah terjadinya plak pada dinding arteri dan berguna juga untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bawang merah dan bawang putih juga bersifat antibiotik alami yang mampu melawan berbagai macam infeksi di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan yang ada didalam bawang merah dan bawang putih juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai pemurni darah.

  1. Cabai

Bagi anda penggila makanan pedas, berarti sama saja dengan hobi menikmati cabai. Meskipun makanan-makanan pedas yang dimasak dengan banyak cabai teradang sering menimbulkan masalah pencernaan, akan tetapi di sisi lain juga memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, cabai bermanfaat untuk merangsang peredaran darah dalam tubuh sekaligus membantu meningkatkan susana hati.

Selain itu, kandungan capcains didalam cabai ini berguna untuk meredakan rasa nyeri sehingga dengan mengkonsumsi masalah nyeri dan juga stres dapat terselamatkan. Namun tetap harus diingat jangan berlebihan, jika tidak ingin efek sampingnya datang menhampiri anda.

  1. Minyak Zaitun

Selanjutnya jenis makanan sehat yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh adalah minyak zaitun. Ada banyak manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini, sebab didalam minyak zaitun tersimpan bermacam-macam kandungan sehat seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan beragam kandungan penting lainnya.

Dengan banyaknya kandungan itulah yang membuat minyak zaitun ini dipenuhi akan manfaat. Manfaat minyak zaitun adalah membantu meningkatkan nafsu makan, membantu mengurangi kadar kolesterol, menjaga kepadatan tulang, dan mampu melindungi sistem pencernaan. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan fenolik yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mampu meningkatkan peredaran darah dalam tubuh.

  1. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Bahan makanan seperti biji-bijian dan juga kacang-kacangan juga termasuk makanan sehat yang mampu melindungi kesehatan  pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena pada biji-bijian atau kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin B3, asam lemak omega 3, dan juga niasin.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi didalamnya. Selain itu, kandungan yang ada didalam buah jeruk juga berperan sebagai pengencer darah secara alami, yang akan membantu mengurangi pembekuan pada darah sehingga secara otomatis akan membantu meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh.

Manfaat lain yang dimiliki buah jeruk adalah  sebagai sumber antioksidan yang akan menghilangkan racun didalam tubuh, meningkatakan sistem imunitas dalam tubuh serta mencegah terjadinya gangguan dalam darah.

Itulah macam-macam makanan sehat yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Yang akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Sekarang memang banyak beredar suplemen yang berguna untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, akan tetapi yang alami akan tetap yang terbaik.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan mata :

5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

7 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Inilah Daftar Makanan yang Baik Untuk Meningkatkan Sirkulasi Darah | Dwi ady | 4.5