Haruskah Membiarkan Makanan Dingin Sebelum Anda Menyimpannya Di Lemari Es?

Haruskah Membiarkan Makanan Dingin Sebelum Anda Menyimpannya Di Lemari Es? – Sesuai dengan kebiasaan pengawetan makanan, kebanyakan orang membiarkan seluruh makanan dingin ke kulkas untuk pengawetan. Namun, ada banyak kontroversi seputar gagasan bahwa tidak perlu mendinginkan makanan segar di lemari es, yang mungkin panas atau dingin di kulkas.

Jadi, haruskah Anda membiarkan makanan dingin sebelum Anda menyimpannya di lemari es? Sebelum memberikan pendapat Anda, silakan lihat beberapa pandangan kami dalam artikel di bawah ini.

haruskah membiarkan makanan dingin sebelum Anda menyimpannya di lemari es?

Apa alasan untuk mendinginkan makanan?

Kebanyakan orang setuju bahwa perlu mendinginkan makanan sebelum memasukkannya ke dalam lemari es untuk disimpan, karena:

Makanan panas ketika didinginkan akan menyebabkan panas di dalam lemari untuk naik, kulkas harus segera memulai motor untuk cepat membawa suhu di kabinet ke suhu yang diatur, ini bisa Dibutuhkan listrik, mengurangi umur kulkas.

Proses pendinginan makanan panas di lemari es dapat memperpanjang suhu di dalam lemari, yang selalu lebih tinggi daripada suhu yang diperlukan untuk kriopreservasi. Makanan lain di dalam lemari mungkin terdegradasi. tidak cukup dingin. Efeknya sama seperti ketika Anda membuka kulkas terlalu lama, menyebabkan hilangnya panas, makanan mungkin rusak. Jika hidangan panas menyebabkan suhu dalam cangkir meningkat hingga 4,5 derajat Celcius, bakteri mulai berkembang biak dan makanan Anda tidak lagi aman untuk dimakan.

Apa yang terjadi, jika Anda meletakkan makanan panas di lemari es?

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa tidak perlu mendinginkan makanan sebelum didinginkan. Anda bisa membiarkan makanan dingin selama 2-3 menit dan kemudian memasukkannya ke dalam kulkas.

Proses membiarkan makanan di luar dingin dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berkepanjangan. Suhu di luar lingkungan selalu lebih tinggi daripada suhu di dalam lemari es, sehingga sisa makanan selama berjam-jam akan menghasilkan bakteri. Shelley Feist, direktur eksekutif Kemitraan untuk Pendidikan Keamanan Pangan, mengatakan makanan tidak boleh dibiarkan di luar selama lebih dari 2 jam, dan jika makanan dibiarkan di luar selama 5 hingga 60 derajat Celcius Bakteri akan tumbuh dengan sangat cepat. Banyak ibu rumah tangga sering “lupa” makanan selama berjam-jam karena psikologis menunggu makanan dingin untuk meninggalkan lemari es, yang dapat membuat makanan tidak aman.

Haruskah makanan didinginkan sebelum dimasukkan ke kulkas?

Lemari es dirancang untuk menjaga makanan tetap dingin, jadi biarkan dingin dan lindungi makanan Anda. Lemari pendingin membantu mendinginkan makanan lebih cepat dan karena itu akan melindungi makanan dengan lebih baik.

Pendapat ahli produksi

Pemilik waralaba memahami pengoperasian produk. Setiap jalur AC memiliki karakteristik tersendiri, sehingga menarik pandangan yang berlawanan.

Menurut merek Toshiba, makanan harus didinginkan dan kemudian disegel dan dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan biarkan makanan hanya mendidih di lemari, atau biarkan makanan benar-benar dingin di kabinet, cara ini tidak membuat lemari. Dingin harus menjalankan “terlalu banyak” dan makanan tidak cukup dingin untuk bakteri dapat berkembang biak.

baca juga : Efek Negatif Yang Ditimbulkan Pada Penggunaan AC

Dan untuk pabrikan Panasonic justru sebaliknya. Jangan biarkan makanan hangat / panas di dalam kulkas. Dalam beberapa kasus, panas makanan dapat menyebabkan peningkatan suhu sementara di kompartemen penyimpanan yang mengakibatkan penyimpanan makanan yang tidak diinginkan serta konsumsi energi yang tidak perlu. Makanan dapat melewatkan panas melalui wadah seperti laci, kotak, pot yang mengarah ke deformasi baki di kabinet. Selain itu, makanan panas yang terkandung dalam peralatan plastik mungkin tidak menjamin kualitas makanan, bahkan memicu reaksi kimia yang tidak kondusif bagi kesehatan konsumen. Anda dapat merujuk pada pelestarian makanan berikut ini dari perusahaan:

Namun, kedua pabrikan tidak memberikan percobaan terkait dengan pemindahan makanan ke dalam kabinet, atau studi ilmiah terkait.

Bagaimana seharusnya penggunaannya?

Dari pendapat profesional kesehatan dan produsen, yang terbaik adalah:

  • Biarkan makanan dingin mendingin dalam waktu sekitar 10-15 menit
  • Masukkan makanan dalam wadah tertutup dengan penutup, jika mungkin gunakan wadah kaca, jika volume makanan besar, harus dibagi menjadi kotak kecil, akan membantu mendinginkan lemari es lebih cepat.
  • Jangan meletakkan makanan panas di lemari es pada saat yang sama selalu menutupi makanan sebelum kulkas, hindari panas yang terpancar di seluruh kabinet hanya merusak kabinet dan pembusukan makanan lainnya, bakteri infeksi silang dari nyata produk lainnya.
Haruskah Membiarkan Makanan Dingin Sebelum Anda Menyimpannya Di Lemari Es? | Dwi Ady | 4.5