Awas! Kenali Gejala Penyakit Ginjal Yang Sering Diabaikan Ini

Gejala Penyakit Ginjal – Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya dalam bagian ginjal dan fungsinya, bisa dikatakan kita sangat ‘sembrono’ dalam menjaga kesehatan ginjal. Beberapa hal yang sering kita lupakan untuk menjaga ginjal agar tetap sehat ialah dengan rutin mengkonsumsi air putih. Selain itu, melakukan olahraga secara rutin juga termasuk sebagai salah satu langkah terbaik dalam menjaga kesehatan ginjal yang kita miliki.

Jika kita sering melupakan hal dalam menjaga kesehatan ginjal, tentu gejala penyakit ginjal awal akan muncul dan kita alami. Bahkan sangking tidak sadarnya kita, rupanya kita diam-diam terindikasi oleh beberapa gejala penyakit ginjal awal. Kira-kira apa saja ya gejala penyakit ginjal tahap awal ini?

Awas! Kenali Gejala Penyakit Ginjal Yang Sering Diabaikan Ini

Macam-macam Gejala Penyakit Ginjal Tahap Awal

Berikut ini Meroket.com akan memberikan referensi mengenai beberapa gejala penyakit ginjal tahap awal yang wajib diketahui. Adapun beberapa gejala tersebut diantaranya:

Kulit Gatal Dan Kering

Kulit Gatal Dan Kering

Salah satu gejala penyakit ginjal tahap awal bisa kita lihat dari kondisi kulit. Biasanya, penderita penyakit ginjal tahap awal ini sering mengalami kulit gatal di beberapa bagian. Serta kondisi kulit tersebut sering kering atau cepat kering. Hal ini disebabkan karena kondisi ginjal yang rusak bisa mengakibatkan beberapa proses penyaringan urine terganggu.

Serta, kebanyakan orang yang jarang mengkonsumsi air putih jelas kulit mereka akan cepat kering dan mudah gatal. Jika sudah demikian, sangat kami anjurkan untuk mulai rutin mengkonsumsi air putih serta menjaga kesehatan tubuh dengan rutin melakukan olahraga.

Urine Sedikit

Urine Sedikit

Gejala penyakit ginjal tahap awal yang kedua ialah urine yang keluar sangat sedikit. Sekalipun Anda mengkonsumsi air air putih dalam kadar yang pas, namun urine yang keluar nantinya tidak banyak. Jika sudah demikian, bisa dikatakan Anda terserangan gejala penyakti ginjal stadium awal. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

Namun Anda juga bisa menggunakan beberapa cara alami misalnya seperti rutin berolahraga, tidak menahan buang air kecil, mengkonsumsi air putih sesudah bangun tidur dan ketika hendak tidur di malam hari.

Kram Otot Bagian Kaki

Kram Otot Bagian Kaki

Selain kedua gejala penyakit ginjal stadium awal di atas, rupanya gejala penyakit ginjal tahap awal ini juga bisa diketahui dengan cara mendeteksi apakah kaki kita sering mengalami kram otot secara tiba-tiba atau tidak? Terjadinya kram otot ini merupakan tanda awal yang serius kalau Anda benar-benar akan mengidap penyakit ginjal.

Bau Nafas Tercium Seperti Bau Urine

Bau Nafas Tercium Seperti Bau Urine

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dokter ternama di Amerika Serikat, penderita ginjal stadium awal bianya memiliki ciri khas bau nafas seperti bau urine. Hal ini mengingat ketika kondisi ginjal sudah rusak bisa dipastikan kemampuan bagian ginjal tidak bisa berfungsi secara normal. Alhasil, penyaringan yang harusnya berjalan lancar akan terganggu.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Gejala penyakit ginjal yang terakhir ialah menderita tekanan darah tinggi secara tiba-tiba. Sekarang coba lihat diri Anda sendiri, apakah Anda dulunya punya riwayat sakit tekanan darah tinggi atau tidak? Jika tidak namun Anda tiba-tiba menderita darah tinggi, bisa jadi Anda terkena tahap awal sakit ginjal ini.

Itulah tadi beberapa gejala penyakit ginjal tahap awal yang wajib Anda ketahui. Apabila dari sekian tanda dan gejala di atas sudah Anda alami saat ini, maka langsung saja periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan informasi dan kepastian yang jelas. Namun jika Anda enggan berobat ke dokter, Anda bisa langsung menggunakan beberapa cara mengatasi penyakit ginjal.

baca juga : Ciri – Ciri Ginjal Sehat, Apa Saja Ya?

Awas! Kenali Gejala Penyakit Ginjal Yang Sering Diabaikan Ini | Dwi Ady | 4.5