Gejala dan Cara Mengatasi Migrain Paling Efektif

Gejala dan Cara Mengatasi Migrain Paling Efektif – Saat mendengar kata migrain, kita tentu langsung berpikiran tentang ‘sakit kepala sebelah’. Meski benar, tapi cakupan migrain ternyata jauh lebih luas. Terhitung ada lebih dari 7 jenis migrain yang saat ini sudah diidentifikasi. Cara mengatasi migrain ini juga tergantung dari jenis-jenis migrain-nya tersebut.

Selain itu, dilihat dari jenis dan gejalanya, obat paling ampuh untuk migrain belum bisa ditemukan. Semua jenis migrain ini memang bisa diatasi dan disembuhkan, tapi masih memiliki kemungkinan untuk kambuh lagi. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengantisipasi hal ini dengan melakukan tindakan pencegahan.

cara mengatasi migrain

Karena hanya bisa diatasi dan masih berpotensi untuk kambuh, migrain hampir seperti flu. Sampai saat ini, masih belum ada obat yang bisa membuat seseorang benar-benar sembuh dari flu dan migrain, karena penyakit ini bisa menyerang kapan saja. Kembali ke migrain, apa saja jenis, gejala, dan cara mengatasinya? Langsung saja simak baik-baik ulasan berikut ini.

  1. Migrain Abdominal

Anda pernah merasa begitu gugup? Menunggu pengumuman kelulusan sekolah, kuliah, wawancara kerja, presentasi skripsi, dan lainnya yang bisa membuat demam panggung? Kekhawatiran berlebih ini biasanya menyebabkan seseorang sakit perut dan ingin BAB. Padahal, hanya kram perut yang dipengaruhi oleh otak.

Sebenarnya, kram perut ini merupakan efek lain dari sakit kepala yang diikuti mual. Nah, jenis migrain yang pertama ini, yaitu migrain abdominal inilah yang membuat perut Anda sakit. Gejala yang timbul adalah sakit kepala, munculnya keringat dingin, perut yang terasa melilit. Cara mengatasinya adalah dengan mengingat Allah, minum, dan berpikiran positif.

  1. Migrain Exertion

Bagi Anda yang tidak ingin terserang migrain exertion, sebaiknya kurangi aktivitas berat yang bisa memicu kelelahan dan stres. Jenis migrain yang satu ini umumnya terjadi di siang hari atau musim kemarau karena berhubungan dengan dehidrasi. Tepatnya, fisik yang terlalu lelah tapi Anda mengesampingkan asupan cairan untuk tubuh.

Gejala yang timbul pada migrain extertion yaitu msakit kepala di salah satu sisi (kanan atau kiri), tubuh lemas, dan mata yang mulai terasa berkunang-kunang. Oleh karena itu, saat migrain ini menyerang, sebaiknya Anda beristirahat sejenak. Kemudian, penuhi cairan tubuh dengan minuman elektrolit seperti es kelapa muda, apalagi jika Anda termasuk orang sibuk.

  1. Migrain Basilar

Sakit kepala sebelah yang satu ini biasanya menyerang remaja perempuan atau wanita usia dewasa awal. Apalagi remaja yang kondisi psikologisnya masih labil sehingga emosionalnya sering berubah-ubah (mudah baper dan galau). Sakit sebelah di kepala ini diakibatkan oleh mengerutnya pembuluh arteri sehingga peredaran darah di otak pun menjadi terganggu.

Gejala yang timbul adalah sakit di beberapa titik di kepala sehingga konsentrasi dan fokus pun menjadi terganggu. Bahkan, untuk merespon percakapan orang yang mengajaknya bicara pun perlu perjuangan. Cara mengatasi migrain basilar ini yaitu dengan mengistirahatkan diri di rumah, perbanyak minum air putih, atau bisa juga dengan jus.

  1. Migrain Noctural

Migrain berikutnya berhubungan dengan malam dan waktu tidur Anda karena biasa menyerang justru di saat Anda sedang beristirahat malam. Gejala yang timbul adalah sakit kepala saat tidur dan cara mengatasi migrain nocturnal ini yaitu dengan merilekskan pikiran dan berusaha melupakan masalah yang terjadi di pagi atau siang hari sebelumnya.

Karena, salah satu faktor penyebab migrain ini adalah istirahat yang tidak berkualitas akibat banyak beban pikiran yang ikut dibawa saat tidur. Termasuk kondisi fisik yang lemah, turut mempengaruhi kambuhnya migrain yang satu ini. Biasanya, dokter akan meresepkan obat untuk meringankan migrain yang Anda alami.

  1. Migrain Opthalmoplegic

Jenis migrain berikutnya yaitu migrain opthalmoplegic yang berhubungan dengan mata. Mengingat syaraf penglihatan dan otak memang berdekatan, yaitu sama-sama di kepala, tidak menutup kemungkinanan untuk migrain mempengaruhi penglihatan Anda. Gejala yang timbul saat Anda mengalami migrain ini yaitu sakit kepala sebelah, terutama di sekitar mata.

Jika hal ini terjadi, tentu untuk membuka mata pun sulit. Kalaupun bisa, penglihatan akan terasa kabur seperti mengalamai mata minus, plus, atau katarak. Oleh karena itu, jangan anggap sepele migrain yang satu ini. Penanganan opthalmoplegic yaitu dengan pemeriksaan CT scan kepala atau TMS (Transcranial Magnetic Simulation) dan minum obat.

  1. Migrain Retina

Seusai dengan namanya dan mirip dengan opthalmoplegic, jenis migrain yang satu ini juga berhubungan dengan syaraf penglihatan. Migrain retina termasuk dalam kategori migrain yang sama beratnya dengan opthalmoplegic karena jika kambuh, fungsi penglihatan Anda (terutama retina), menjadi terganggu, bahkan tidak bisa melihat sama sekali.

Jadi, saat migrain ini kambuh, gejala yang timbul adalah sakit kepala hebat yang disertai dengan kebutaan sementara. Jika sakit kepala Anda sudah disertai dengan kehilangan penglihatan, cara mengatasi migrain ini yaitu dengan segera melakukan pemeriksaan CT scan di kepala atau TMS (Transcranial Magnetic Simulation).

  1. Migrain Hemiplegic

Jenis migrain terakhir ini harus Anda waspadai karena bukan sekadar sakit kepala yang akan Anda derita. Saat migrain hemiplegic menyerang, Anda juga bisa menderita kelumpuhan pada beberapa sisi tubuh.

Gejala yang timbul ini mirip seperti stroke, tapi masih ringan. Di antaranya yaitu kelemahan pada anggota tubuh uniteral seperti wajah, lengan, atau kaki. Kadang-kadang, Anda akan merasa seperti sulit bergerak sehingga tidak sedikit yang menerjemahkannya sebagai kesemutan. Sebaiknya, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

baca juga : 12 Cara Untuk Menyembuhkan Sakit Kepala Langsung Tanpa Obat

Secara umum, berbagai cara mengatasi migrain akan lebih efektif jika diimbangi dengan kemampuan untuk mengendalikan diri terhadap stres. Setiap orang tentu memiliki masalah dan dengan berpikiran positif bahwa semua masalah tersebut bisa Anda atasi, maka migrain pun bisa dihindari. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga makanan agar tubuh selalu fit.

Gejala dan Cara Mengatasi Migrain Paling Efektif | Dwi Ady | 4.5