Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui – Bagi ibu hamil makanan yang sehat sangat penting diperhatikan. Selain menunjang pertumbuhan  ibu juga bisa membuat produksi asi akan bertambah. Apalagi asi merupakan salah satu kebutuhan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan bayi. Dengan begitu, ibu memang harus bisa memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Namun demikian, disarankan ibu yang sedang menyusui untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Sebab jika sembarangan saat mengkonsumsi makanan yang akan dikonsumsi di khawatirkan dapat membuat produksi asi berkurang dan ibu juga akan mengalami gangguan kesehatan. Nah, untuk itulah disini kami akan membahas mengenai makanan sehat untuk ibu menyusui, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Di bawah ini ada beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa makanan tersebut diantaranya:

Ikan

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi ikan. Kenapa harus ikan? Sebab ikan mengandung omega 3 dan juga protein yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan asi. Apalagi jika ibu mengkonsumsi ikan, dan asi yang dihasilkan juga akan mengandung protein yang bisa meningkatkan kecerdasan otak bayi. Dengan demikian, Anda bisa mengkonsumsi ikan untuk dijadikan sebagai salah satu makanan wajib yang bisa dikonsumsi. Ikan yang bisa dikonsumsi yaitu ikan salmon, tuna dan lele.

Produk Susu

Makanan yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi susu. Susu memang bisa menjadi salah satunya apalagi susu juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan bayi dan ibu. Selain itu, bagi ibu hamil harus bisa memenuhi kalsium yang ada dalam tubuh sebanyak 1300 miligram per hari. Dengan begitu, kebutuhan ibu memang sangat penting yang akan menghasilkan asi. Namun, jika Anda mengkonsumsi susu formula sangat disarankan untuk melihat komposisi kandungan kalsium pada label.

Daging

Siapa yang tidak suka dengan produk olahan daging. Rata-rata produk olahan daging merupakan produk olahan yang memberikan rasa yang sangat lezat. Apalagi produk daging juga kaya akn zat besi. Sehingga sangat baik untuk menunjang produksi asi daan tumbuh kembang bayi. Namun demikian, Anda harus memperhatikan daging yang akan dikonsumsi. Bagi Anda yang berusia 18 tahun lebih muda dengan takaran 10 miligram zat besi setiap hari. Sedangkan usia 19 tahun ke atas, takarannya hanya 9 miligram.

Buah –Buahan

Buah-buahan menjadi salah satu makanan yang baik bagi ibu hamil. Apalagi dengan buah-buahan juga mengandung beberapa vitamin C, E, B, dan juga zat yang lainnya. Yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, untuk proses menyusui atau pun digunakan agar asi yang diproduksi juga akan bertambah. Dengan demikian, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Buah-buahan yang sangat bagus seperti jeruk, kiwi, apel, pisang, dan jenis berry.

Sayuran

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui  yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi sayuran. Sayuran memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan juga merangsang ibu hamil akan memproduksi asi semakin lancar. Apalagi sayuran juga mengandung beberapa vitamin, zat besi,  beta-glukan yang bisa menjaga energi dan pembentukan sela darah merah. Sehingga saat ibu proses menyusui tidak akan mengalami darah rendah. Sayuran yang bisa Anda konsumsi yaitu bayam, selada, tomat, mentimun, dan jagung.

Nah, itulah beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut, dipastikan persediaan asi akan sangat tercukupi untuk tumbuh kembang bayi Anda. Jadi tidak ada salahnya Anda untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan mata :

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, Apa Saja?

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

7 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui | Dwi ady | 4.5