Ciri – Ciri Ginjal Sehat, Apa Saja Ya?

Ciri – Ciri Ginjal Sehat – seperti yang kita ketahui, ginjal adalah organ penting dalam tubuh kita. Disini ginjal berfungsi sebagai penyaring air, protein, dan juga darah sebelum diproses untuk membentuk urin. Jika terjadi kelainan dalam fungsi ginjal kita, tentu bisa dipastikan kalau kita menderita gejala gagal ginjal kronis.

Namun untuk mengetahui apakah kondisi ginjal kita saat ini sehat atau tidak, sangat kami sarankan bagi anda agar paham mengenai ciri – ciri ginjal sehat menurut dokter. Untuk mengetahui ciri – cirinya langsung saja simak informasi di bawah ini!

ciri - ciri ginjal sehat

Ciri – Ciri Ginjal Sehat Menurut Dokter

Berikut ini meroket.com akan memberikan beberapa ciri – ciri ginjal sehat menurut dokter. Ayo cek ginjal anda apakah termasuk dalam kategori ginjal sehat atau tidak!

Urine Tidak Berwarna Kuning Muda

Urine Tidak Berwarna Kuning Muda

Sebagian orang banyak memahami kalau warna urine kuning muda merupakan warna urine sehat. Padahal urine yang berwarna kuning muda masih tergolong sebagai kategori urine yang belum sempurna. Pasalnya masih terdapat beberapa zat seperti protein dan urea yang terkandung dalam urine tersebut.

Adapun warna urin sehat yang juga menandakan bahwa ginjal kita sehat ialah tidak berwarna. Kondisi urine tidak berwarna ini menunjukkan salah satu ciri – ciri ginjal sehat. Biasanya penyebab warna urine kuning muda atau kuning pekat ialah kurang mengkonsumsi air putih sehingga tubuh mengalami dehidrasi.

Siklus Buang Air Kecil Kita Teratur

Siklus Buang Air Kecil Kita Teratur

Ciri – ciri ginjal sehat menurut dokter bisa dilihat dari siklus buang air kecil masing-masing orang. Bisa dikatakan setiap orang memiliki siklus buang air kecil yang tidak sama. Hal ini memang benar adanya. Namun yang kita lihat disini ialah siklus buang air kecil antara buang air kecil pertama dengan buang air kecil selanjutnya.

Jika ginjal kita sehat tentu siklus buang air kecil ini akan berlangsung pada waktu yang sama ketika kita melakukan atau merawat ginjal dengan benar. Lain halnya dengan orang yang jarang merawat ginjal dengan cara mengkonsumsi air putih secara teratur. Tentu siklus buang air kecil mereka tidak akan taratur. Bahkan kandungan urine yang mereka keluarkan masih terdapat beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak Mudah Mengantuk Dan Lesu

Tidak Mudah Mengantuk Dan Lesu

Ciri – ciri ginjal sehat yang ketiga bisa kita lihat dari kondisi tubuh kita saat ini. Biasanya penderita ginjal yang rusak atau menderita gagal ginjal kronis memiliki kondisi tubuh yang cepat lelah. Selain itu badan akan terasa lemas, nafsu makan berkurang, dan berujung pada menurunnya berat badan secara drastis.

Jika anda memiliki ginjal yang sehat, bentuk setiap aktivitas anda baik di pagi hari sampai menjelang sore hari akan tetap berada pada mood yang baik. Selain itu tubuh terasa tetap sehat dan bugar. Sekarang coba cek yuk bagaimana kondisi tubuh kita saat ini apakah tergolong sebagai orang yang memiliki ginjal sehat atau orang yang memiliki ginjal rusak?

Kulit Terasa Halus Dan Cerah

Kulit Terasa Halus Dan Cerah

Kebanyakan penderita gagal ginjal kronis memiliki ciri – ciri kulit yang kusam. Kondisi kulit yang pucat dan kusam ini menandakan bahwa fungsi ginjal tidak berjalan secara normal. Untuk itu ciri – ciri ginjal sehat yang terakhir ialah kulit terasa halus serta cara. Dalam hal ini ginjal mampu memaksimalkan air putih yang kita konsumsi sebagai salah satu mineral alami untuk membuat kulit tetap sehat dan tidak kering.

Ok, di atas adalah beberapa ciri – ciri ginjal sehat yang wajib anda tahu. Dari sekian banyak ciri – ciri diatas apakah anda tergolong sebagai pemilik ginjal sehat atau tidak? Namun yang lebih penting dari semua ini ialah, bagaimana cara kita menjaga dan merawat ginjal yang kita miliki agar tidak terserang penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan :

Yuk Mari Mengenal Bagian Ginjal Dan Fungsinya

Daftar Makanan Untuk Darah Rendah Yang Cocok Dikonsumsi

Begini Cara Mengatasi Darah Rendah dengan Cepat Tanpa Obat

Ciri – Ciri Ginjal Sehat, Apa Saja Ya? | Dwi Ady | 4.5