Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami

Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami – Epilepsi merupakan sebuah penyakit yang cukup serius dan diderita oleh beberapa orang di Indonesia bahkan dunia. Epilepsi sering disebut juga dengan penyakit ayan oleh sebagian masyarakat. Penyakit ini ditunjukan dengan kondisi seseorang yang secara tiba-tiba mengalami kejang secara berulang ataupun perilaku dan gerakan tubuh yang tak terkendali. Setiap tahun, tercatat ada lebih dari 150 ribu orang di Indonesia menderita penyakit Epilepsi. Sedangakan beberapa fakta dunia menunjukan bahwa setiap tahun kasus ini bertambah sampai 2,4 Juta orang.

Meskipun penyakit ini cukup serius dan berbahaya sehingga dapat menyebabkan kematian, Namun penanganan terhadap Epilepsi masih sangat sulit. Apalagi, bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan atupun daerah yang tertinggal. Selain Pengobatan melalui medis dan obat-obatan, penangan epilepsi juga mampu dilakukan secara alami. Karenanya, perlu diketahui beberapa cara mengobati epilepsi secara alami.

cara mengobati epilepsi secara alami

Cara Mencegah dan Mengobati Epilepsi Secara Alami

Perlu diketahui, epilepsi dapat diderita oleh siapa pun tanpa adanya batasan usia.  Pada sebagian besar kasus, epilepsi terjadi sejak masa kanak-kanak. Meskipun hingga saat ini belum ada cara dan obat untuk menyembukan Epilepsi secara pasti, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara mengobati Epilepsi secara alami. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Mengetahui Gejala Epilepsi

Sangat penting untuk mengetahui gejala-gejala dari Epilepsi. Meskipun umumnya penyakit ini ditunjukkan dengan kejang-kejang, namun bukan berarti setiap orang yang mengalami kejang adalah penderita epilepsi. Biasanya, gejala penyakit ini adalah kejang yang berlanjut, sikap dan reaksi yang tidak terkendali selama beberapa detik ataupun menit, bahkan ada yang sampai kehilangan kesadaran mereka. apabila kita mengetahui gejala epilepsi, maka akan lebih cepat mencari penanganan yang tepat untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk. hal ini adalah langkah awal sebagai cara mengobati epilepsi secara alami.

Melakukan Pola Hidup Sehat

Bagi penderita Epilepsi, sangat penting untuk menjaga pola hidup mereka agar tidak kambuh sewaktu-waktu. Melakukan pola hidup sehat diantaranya dengan berolahraga teratur, menghindari mabuk-mabukkan, tidak melakukan diet yang berlebihan, dan menghindari stres. Karena penderita epilepsi tidak diperbolehkan untuk berfikir terlalu keras sehingga menyebabkan dirinya tertekan. Selain itu pastikan juga untuk menghindari dari segala bentuk benturan pada kepala.

Jauhkan dari Benda Berbahaya

Hal ini sangat penting bagi penderita epilepsi. Tujuannya adalah menghindari terjadinya benturan ataupun hal-hal yang dapat melukai penderita ketika mengalami kejang dan berprilaku yang tak terkendali.

Berikan Penanganan Yang Benar

Ketika seseorang mengalami gejala Epilepsi, posisikan kepalanya untuk miring agar tidak mengganggu pernafasannya. Buka bajunya atau longgarkan pakaiannya agar tidak kesulitan bernafas. Biarkan dia bergerak bebas hingga merasa baikan. Dan terpenting, jangan kerumuni penderita, karena itu akan mengganggu pernafasannya.

Selain langkah di atas, ada beberapa cara untuk mengobati penyakit epilepsi secara alami, diantaranya adalah :

  • Minum Jus Buah

Memperbanyak minum jus buah, bertujuan untuk meningkatkan kadar natrium dalam tubuh. Karena saat kadar natrium dalam tubuh menurun, otak akan membengkak dan tubuh akan mengalami kejang-kejang.

  • Minum Air kelapa

Minum air kelapa dipercaya sebagai cara menyembuhkan epilepsi secara alternatif terbaik. Mengkonsumsi atau minum air kelapa dapat menjaga kadar mineral dan mencegah dehidrasi. Sehingga, epilepsi tidak akan pernah kunjung datang.

  • Konsumsi Ramuan Bawang Putih

Ramuan bawang putih adalah salah satu cara mengobati epilepsi secara alami. Untuk membuat ramuan bawang putih ini cukuplah mudah, pertama ambil bawang putih dan memarkan. Selanjutnya campurkan dengan susu dan air secukupnya lalu direbus hingga mendidih. Terakhir, air rebusan ini kemudian dapat diminum untuk mengurangi kemungkinan kejang.

Selain cara di atas, minum air dan jaga kadar mineral dalam tubuh adalah langkah utama yang perlu diperhatikan oleh setiap penderita epilepsi. Apabila kadar air dalam tubuh cukup, maka resiko untuk mengalami kejang akan berkurang. Sehingga, secara tenang hidup tidak diselimuti oleh epilepsi.

Demikian ulasan mengenai cara mencegah dan mengobati epilepsi secara alami. Semoga artikel ini dapat membantu dan menolong jutaan nyawa penderita epilepsi. Sehat itu berharga, maka jangan sia-siakan waktu untuk menjaga kesehatan kita.

baca juga : Cara Mengobati Migrain Secara Alami

Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami | Dwi Ady | 4.5