Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi – Pernah mendengar kata cegukan? Pasti pernah. Bahkan kadang sering Anda sendiri yang merasakan cegukan. Cegukan adalah suatu kondisi saat diafragma terbuka lebar. Biasa, bagi orang dewasa cegukan langsung diatasi dengan minum segelas air. Cegukan terjadi bisa kapan saja tanpa mengenal waktu. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, cegukan dapat juga terjadi  pada bayi. Kondisi ini yang membuat para orang tua panik.

Saat siang hari, bayi sering megalami cegukan. Tidak hanya itu, saat tidur pun kerap bayi merasakan cegukan. Hal ini sangat dikhawatirkan oleh para orang tua. Sudah pasti, orang tua ingin segera membawakan bayinya pada dokter terdekat. Nah, hal tersebut sebenarnya bisa diatasi tanpa harus ke dokter. Lalu bagaimanakah caranya? Dalam artikel ini akan diulas bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi secara instan tanpa perlu waktu lama. Simak selengkapnya di bawah ini.

cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cegukan sebenarnya adalah hal yang wajar bagi orang dewasa. Namun, bagaimana bagi seorang bayi? Bayi sudah pasti merasa sangat terganggu dengan kondisi ini. Apalagi saat nyenyaknya tidur, tiba-tiba cegukan muncul. Bayi hanya bisa menangis. Nah, bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan mudah? Adapun caranya yaitu:

Bawa Bayi Ke Tempat Yang Lebih Hangat

Bayi sejatinya membutuhkan kehangatan agar kondisi kesehatannya tidak terganggu. Bayi membutuhkan sandaran sang ibu. Cara menghilangkan cegukan pada bayi salah satunya adalah dengan membawa bayi ke tempat yang lebih hangat. Hindari bayi dari suhu rendah seperti saat hujan. Bawa bayi ke tempat yang suhu hangat dan kelembapannya terjaga. Hindari bayi dari ruangan yang ber-AC. Ruangan dengan kedap udara dingin menjadi penyebab bayi semakin cegukan. Maka, pelukan hangat ibu menjadi salah satu tempat bayi untuk berlindung saat dingin menyergap. Intinya jaga kehangata si bayi.

Berikan ASI dan Biarlah Bayi Bersendawa

Memberi ASI pada bayi sangatlah bagus. ASI menjadi bagian yang berfungsi sebagai pekembangan sang bayi. Memberikan ASI atau menyusui sering membuat bayi cegukan. Hal ini terjadi karena diafragma bayi terbuka dan gerakan menyusu salah. Memberi ASI dengan pola menyusi yang benar dan memberikannya pada waktu yang tepat dapat mengatasi cegukan pada bayi. Saat selesai menyusui, biarkan bayi bersendawa agar udara dalam perut bayi teratur. Udara tersebutlah yang sering membuat bayi cegukan.

Berikan Sesuatu Agar Ada yang Bisa Dihisap Oleh Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi berikutnya adalah dengan cara memberi sesuatu yang bisa dihisap oleh bayi. Seperti halnya saat menyusui, memberikan sesuatu yang dapat dihisap oleh bayi dapat menghilangkan cegukan. Memberikan isapan pada bayi menjadi salah satu cara efektif mencegah cegukan. Bila bayi sudah bersendawa pada saat menghisap sesuatu, biasanya cegukan bayi itu akan hilang dengan sendirinya.

Tiga cara di atas menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan atau mengatasi cegukan bayi secara langsung. Ada satu cara lagi yang menjadi sangat efektif untuk menghilangkan cegukannya, yaitu  dengan cara mengatur posisi bayi. Posisi bayi juga mempengaruhi proses pernafasan yang berlangsung pada bayi. Posisi paling baik adalah berdiri. Gendong bayi dan teuk-tepuk pelan bagian punggungnya. Maka cegukan akan hilang dalam seketika.

Demikian cara menghilangkan cegukan pada bayi. Tips dan cara di atas akan menjadi bermanfaat saat Anda mengaplikasikannya. Jadi, saat bayi cegukan Anda jangan panik. Semoga bermanfaat.

baca juga : Diabetes Pada Bayi Berbahaya Atau Tidak?

Add Comment