Cara Mengecek Keaslian HP Samsung Dengan Mudah

Cara Mengecek Keaslian HP Samsung Dengan Mudah – Di Indonesia, rasanya semua orang yang memiliki HP pastilah kenal sekali dengan brand Samsung. Selain memang menjadi salah satu brand HP yang paling banyak dimiliki di Indonesia, Samsung juga selalu hadir dengan inovasi-inovasi baru yang berkelas. Tidak heran HP Samsung ini bisa menjadi salah satu HP primadona yang paling banyak diburu di Indonesia. Tahukah Anda darimana Samsung ini berasal? Samsung adalah brand HP yang berasal dari Korea Selatan. Negara tersebut cukup baik membawa brand Samsung ini ke Indonesia, tidak seperti Apple yang lebih mensegmentasikan kelas menengah ke atas saja, Samsung justru malah berbeda, yakni mensasar seluruh market yang ada di Indonesia. Sehingga tidak heranlah jika saat ini banyak anak muda hingga orang dewasa yang ada di Indonesia memegang HP dengan merek Samsung.

Semua orang tentu tidak ingin tertipu dan mendapatkan yang terbaik, namun pada kenyataanya HP Samsung yang beredar di Indonesia saat ini ada juga yang versi palsu atau replikanya. Sehingga akan sangat merugikan sekali jika kita tidak bisa mengecek keaslian HP Samsung tersebut dan malah mendapatkan yang palsunya. Untuk membantu Anda yang ingin mengatasi masalah tersebut maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Sebab, pada kesempatan kali ini Meroket.com akan coba membahas cara mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah. Sehingga dengan adanya cara ini, Anda tidak akan bisa tertipu dengan mudahnya. Mau tahu caranya? Silahkan simak lebih lanjut pada ulasan yang lebih lengkap di bawah ini.

Cara Mengecek Keaslian HP Samsung Dengan Mudah

Di Indonesia saat ini merek HP yang paling banyak digunakan ada 3, yakni Apple, Samsung dan Xiaomi. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini bukanlah kelebihan dan kekurangannya tersebut, melainkan cara mengecek keaslian HP dengan merek Samsung. Apakah Anda sudah yakin bahwa HP Samsung yang Anda miliki saat ini asli? Apakah Anda ingin membeli HP Samsung yang baru namun khawatir akan tertipu dengan HP Samsung yang tidak asli? Jangan khawatir, berikut ini adalah cara mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah :

1. Cek IMEI

Untuk mengecek keaslian HP Samsung yang Anda miliki atau baru ingin dibeli adalah melalui pemeriksaan IMEI. Apakah IMEI tersebut? IMEI adalah kependekan dari International Mobile Station Equipment Identity. Semua HP yang beredar saat ini pastilah memiliki nomor IMEI sebagai tanda identitas. Untuk nomor IMEI ini sendiri biasanya terdapat pada kardus, namun jika di Kardus HP tidak ada nomor tersebut Anda bisa mengetahui IMEI HP Samsung yang sedang Anda pegang dengan cara melakukan panggilan ke *#06#. Setelah Anda menghubungi nomor tersebut, nantinya HP Anda akan menampilkan jendela berupa Pop Up yang berisikan nomor IMEI HP Anda.

Jika Anda ingin mengetahui HP Samsung asli atau tidaknya, silahkan lihat mengenai rincian HP tersebut dengan melihat datanya di http://www.imei.info/. Di Web tersebut Anda bisa memasukkan nomor IMEI yang Anda punya. Setelah Anda input dan submit, maka nantinya akan keluar rincian lengkap mengenai HP dengan nomor IMEI tersebut. Jika rincian yang dihasilkan berbeda dengan HP yang Anda miliki, maka bisa dipastikan bahwa HP Anda tidaklah original.

2. Cek Memori HP

Memori Samsung

Memori Samsung

Cara berikutnya untuk mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah adalah dengan memeriksa memori HP. Pada umumnya HP Samsung yang beredar di pasaran memiliki total memori internal HP yakni 32GB/16GB/8GB. Setelah dimasukkan beberapa data kedalamnya, maka total memori internal tersebut akan berkurang menjadi 23GB/10,3GB/5,5GB. Nah periksalah memori HP Samsung yang Anda sedang pegang saat ini. Apakah memori internalnya sama atau mendekati ukuran yang telah disampaikan di atas atau tidak. Jika berbeda bahkan sangat jauh sekali bedanya, maka bisa dipastikan bahwa HP Samsung yang sedang berada di tangan Anda saat ini tidaklah asli.

3. Cek Kamera

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan juga untuk mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah adalah dengan mengecek kamerannya. Kebanyakan HP Samsung palsu atau HP Samsung replika yang beredar saat ini tidaklah memiliki kualitas yang baik seperti kamera pada HP Samsung yang asli. Jika Anda ingin mengetahui HP Samsung yang asli dengan mudah, maka cukup nyalahkan kamera dan teslah beberapa foto. Jika foto yang dihasilkan tajam, bagus dan bening, maka bisa jadi ponsel tersebut benarlah HP Samsung asli. Akan tetapi jika Anda melakukan beberapa foto namun hasilnya buram, tidak bening dan tajam, maka bisa jadi HP Samsung tersebut tidaklah asli atau replika.

4. Cek Spesifikasi

Cara mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah yang berikutnya adalah dengan mengecek spesifikasi HP Samsung tersebut. Pastikan tipenya dan ceklah spesifikasi HP Samsung tersebut di Internet atau tabloid Pulsa. Samakan spesifikasi yang ada pada HP Samsung yang sedang Anda pegang. Jika memang spesifikasi yang dihasilkan tidaklah sama atau tidak sesuai dengan aslinya, maka sudah bisa dipastikan bahwa HP Samsung tersebut adalah palsu.

5. Cek Fisik

Cek Fisik Samsung

Cek Fisik Samsung

Cara terakhir yang bisa juga Anda terapkan dan lakukan untuk mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah adalah dari cek fisiknya. Semirip-miripnya HP replika atau HP Samsung palsu yang beredar saat ini, pastilah terdapat beberapa perbedaan fisik yang bisa dirasakan dan dilihat langsung oleh Anda. Tidak mungkin HP Samsung yang palsu bisa menyamai persis HP Samsung yang asli. Jadi jika Anda ingin mengetahui HP Samsung yang saat ini Anda pegang asli atau palsu, maka cara termudahnya adalah dengan melakukan dua cek fisik sebagai berikut.

Pertama cek logo atau tulisan Samsung. Pastikanlah logo atau tulisan Samsung yang terdapat pada layar HP Samsung Anda halus, tidak kasar dan tidak timbul. Jika pada saat Anda melakukan pemeriksaan namun logo atau tulisan Samsung tersebut terasa kasar dan menonjol, maka bisa jadi HP Samsung Anda palsu.

Kedua ceklah posisi tombol. Cek fisik yang kedua ini bisa Anda coba dengan melakukan pengecekan posisi tombol. HP Samsung yang asli tombol volume dan home dekat dengan layar. Namun jika Anda mendapatkan HP Samsung yang tombol volume dan home yang dimilikinya dekat sekali dengan layar atau terbalik bentuknya, maka bisa dipastikan HP Samsung tersebut adalah palsu.

Baca Juga : Cara Mengetahui iPhone Asli dan iPhone Palsu

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai cara mengecek keaslian HP Samsung dengan mudah yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya cara di atas dapat membantu Anda mengetahui HP Samsung yang Anda miliki asli atau tidak. Selamat mencoba cara-cara di atas ya.

Add Comment