Cara Mengatasi Tumit Retak

Cara Mengatasi Tumit Retak – Bukan rahasia lagi jika semua orang menginginkan sesuatu yang sempurna. Mulai dari apa yang ketara hingga apa yang tersembunyi. Setiap orang ingin tampil percaya diri. Tetapi, banyak orang masih menyepelekan tentang kesehatan kulit, terutama kaki pada bagian tumit. Meskipun terlihat cukup sepele dan jarang mendapat perhatian, retak pada tumit cukup mengganggu. Bukan hanya karena permukaan kulit yang kasar, tapi juga karena sebagian orang menganggap tumit retak ini masalah. Jika dibiarkan tanpa diobati, maka retak ini akan menjadi lebar dan menganga. Lebih fatal, retak ini akan berdarah dan infeksi.

Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan tumit dan kulit bagian tubuh. Mulai dari faktor eksternal seperti cuaca, pergantian musim, sampai adaptasi. Faktor internal berupa makanan dan gaya hidup sehat cenderung lebih berpengaruh pada kesehatan. Maka dari itu menjaga kulit tetap halus mempunyai daya tarik tersendiri, terlebih bagi perempuan. Jika tidak, maka Anda harus segera mencari solusi atau cara mengatasi tumit retak.

cara mengatasi tumit retak

Cara Mengatasi Tumit Retak

Untuk beberapa perempuan, tumit menjadi salah satu bagian yang lumayan sensitif. Bagaimana pun, mereka ingin selalu tampil cantik, terlihat atau pun tidak. Jadi bagaimana cara mengatasi tumit retak? Jangan khawatir, banyak bahan-bahan yang bisa memperbaiki kulit tumit. Banyak juga bahan alami yang mampu mengembalikan kelembutan kulit sekaligus menjaga kulit agar tetap lembut. Di bawah ini akan diurai tentang tanaman dan produk yang dapat mengobati tumit yang retak. Silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Pepaya Muda

Selain memiliki rasa yang enak saat sudah matang, ternyata buah pepaya juga berkhasiat untuk mengobati tumit yang retak. Harga yang cukup terjangkau di kantong, kulit tumit bisa mulus kembali. Bukan hanya soal harga dan buahnya yang cukup mudah ditemui, tapi juga pemanfaatannya cukup mudah. Caranya, irislah pepaya muda dan oleskan getahnya pada tumit yang retak setelah sebelumnya kaki dibersihkan. Lakukan cara ini ketika akan tidur atau sesudah mandi. Lakukan secara rutin maka tumit retak pastilah hilang.

Garam

Salah satu alternatif yang mudah ditemui untuk mengatasi tumit yang retak adalah garam. Selain sebagai bumbu dapur, garam ini juga murah dan gampang ditemukan. Garam yang digunakan haruslah garam laut yang teksturnya kasar bukan yang halus. Tekstur yang kasar ini agar mampu merontokkan serabut kulit yang kasar pada tumit. Cara mengobati tumit retak cukup mudah. Pertama caranya adalah dengan memasukkan dua sendok makan (2 sdm) garam laut ke dalam satu liter (1L) air hangat. Rendam kaki dalam air tersebut sambil gosok-gosok garam yang tersisa di air pada permukaan tumit, atau bisa ambil kembali garam yang masih utuh. Lakukan tiap malam. Ini menjadi cara mengatasi tumit retak paling alternatif.

Mentimun

Buah mentimun, selain sebagai lalapan dapat juga menjadi alternatif bagus untuk mengobati tumit yang retak. Mentimun yang mengandung banyak air mampu melembabkan kulit tumit yang kering, caranya: cukup potong buntut ketimun dan tunggu hingga keluar getahnya, kemudian gosok-gosokkan buntut ketimun ini pada permukaan kulit tumit yang retak. Lakukan beberapa kali berturut-turut dalam satu bulan.

Vaseline Repairing Jelly

Merk ini, mungkin banyak orang yang sudah tahu apa manfaatnya. Tetapi, meskipun cara pemakaian yang cukup gampang, harganya cukup mahal. Walaupun begitu, produk ini cukup manjur. Cara pemakaiannya pun mudah, tinggal oleskan Vaseline Repairing Jelly ke tumit yang retak sebelum tidur. Beres.

Selain cara-cara di atas, masih ada cara mengatasi tumit retak lainnya. Salah satunya yaitu menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu. Jika sepatu sering dibiarkan kotor, kuman akan mendiami bagian itu hingga muncul banyak penyakit yang lebih banyak dari sekadar tumit yang retak.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi tumit retak. Semoga menjadi panduan dan pedoman untuk Anda. Semoga bermanfaat.

baca juga : Bahaya High Heels Untuk Kesehatan

Cara Mengatasi Tumit Retak | Dwi Ady | 4.5