Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat – Sesak napas atau bahasa medisnya dyspnea adalah kondisi yang menyulitkan si penderita bernapas karena kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas, terlebih penyakit sesak napas tidak pernah mengenal waktu dan tempat juga suasana. Mungkin jika bukan Anda yang mengalaminya, bisa juga orang sekitar Anda. Begitu pula penederita sesak napas tidak bisa terus menerus tergantung dengan obat-obatan dari dokter atau terus menggunakan alat bantu pernapasan. Jika Anda ingin mengatasi sesak nafas dengan meminimalisir penggunaan obat-obat dari dokter, beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu.

cara mengatasi sesak nafas tanpa obat

  1. Carilah Ruang Hijau Terbuka

Ruang hijau adalah ruang terbuka yang banyak ditumbuhi tanaman berwarna hijau atau lainya meliputi tananaman hias, pepohonan atau bunga. Kawasan ruang hijau terbuka akan menghasilkan oksigen sehat yang diterima paru-paru. Hal ini sangatlah membantu otot sekitar paru-paru mmenjadi lebih rileks dari biasanya.

Saat berada dekat pada tumbuhan secara tidak langsung Anda juga akan melakukan hubungan simbiosis mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan ini terjadi karena tumbuhan melepaskan oksigen dan memerlukan karbondioksida, sementara manusia akan memerlukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Maka dari itu Anda yang mengalami penyakit sesak napas sering-seringlah mencari ruang hijau terbuka agar suplay oksigen berkulaitas dalam paru-paru tercukupi.

  1. Olahraga

Menurut kebanyakan orang berolahraga bisa membuat sesak napas kambuh dan bertambah parah, hal itu tidak terjadi apabila Anda melakukan cukup dengan olahraga ringan. Walaupun olahraga ringan ternyata itu masih membantu otot-otot pernafasan Anda lebih rileks dan secara perlahan sesak napas yang sering terjadi akan hilang seiringnya waktu. Olahraga ringan yang dimaksud di sini adalah misalnya seperti berjalan keluar rumah saat pagi sambil menghirup udara belum tercampur polusi, bersepeda pun bisa dilakukan dan yang paling mudah adalah olahraga dengan membersihkan rumah, dengan membersihkan rumah seperti mengepel, menyapu dan mencuci baju seketika otot-otot dalam tubuh akan ikut bekerja juga. Mudah bukan olahraga ringanya? Lakukan minimal 20an menit per hari.

  1. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang tidak baik sangatlah berpengaruh dalam kesehatan tubuh, seperti menimbulkan sesak napas juga bisa terjadi. Jika Anda menderita sesak napas sebaiknya pola makan harus dijaga yaitu bukan dengan cara menambah atau menguranginya karena menambah bisa menyebabkan karbohidrat dalam tubuh bertambah sehingga asam lambung menjadi naik begitupun mengurangi makan bisa membuat tubuh kehilangan banyak kalori akhirnya tubuh mengalami kelelahan dan sesak napas kembali kambuh.

baca juga : 7 Hal Hebat Akan Terjadi Jika Anda Hanya Minum Air Selama 1 Bulan

Cara terbaik adalah makan sering namun dengan porsi yang kecil itu bisa menanggulangi kebanyakan kkarbohidrat dan kehilangan banyak kalori dalam tubuh.

  1. Pernapasan Diafragma

Melakukan tekni pernapasan diafragma juga merupakan cara mengatasi sesak napas yang dianjurkan. Caranya, Anda cukup duduk di kursi, buat rileks lutut, bahu, leher dan kepala. Letakkan satu tangan Anda di atas perut, dan satu lagi di atas dada. Bernapaslah dengan perlahan dan rileks melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat bernapas. Selanjutnya, saat Anda menghembuskan napas, kencangkanlah otot perut. Buang napas melalui mulut dengan bibir mengerucut. Lakukan hembusan napas lebih lama dari biasanya. Ulangi cara ini sekitar 8 menit.

  1. Berbaring Santai

Cara mengatasi sesak napas tanpa obat yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan, hanya dengan berbaring santai Anda sudah berupaya menyehatkan pernapasan Anda. Caranya, cobalah bernapas sambil berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki dan kepala ditinggikan bertumpu/ beralas pada bantal. Atau bisa juga dengan posos berbaring telentang, kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut. Usahakan punggung tetap lurus. Kedua posisi berbaring tersebut membantu tubuh dan saluran udara untuk bernapas menjadi lebih mudah dan ringan.

  1. Duduk dengan Posisi ke Depan dan Sedikit Membungkuk

Istirahat sambil duduk juga bagus untuk merileksasikan tubuh sekaligus membuat pernapasan lebih plong. Cara satu ini sangat bermanfaat dan bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah ataupun sedang istirahat di tempat kerja. Caranya, duduklah di kursi dengan telapak kaki menapak lantai, condongkan dada sedikit ke depan. Otot leher dan bahu Anda harus tetap rileks, perlahan letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan.

  1. Berdiri Menyandar di Dinding

Caranya, posisikan badan Anda menyandar pada dinding/ tembok dengan menempelkan pinggul, lalu buka keuda kaki Anda selebar bahu dan tangan berada di smping kedua paha Anda. Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan. Cara lainnya bisa juga berdiri sambil telapak tangan Anda bertumpu pada meja dan merilekskan oto leher serta bahu Anda. Hal ini juga turut membantu merilekskan tubuh dan saluran pernapasan Anda.

  1. Minumlah Ramuan Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sejak dulu dipercaya mengobati berbagai penyakit dan menghangatkan tubuh saat kedinginan, adapun terdapat sebuah penelitian bahwa jahe sangatlah efektif meredakan sakit tenggorokan, sakit perut, sakit kepala dan gangguan pernapasan seperti sesak napas. Mungkin Anda bisa mencoba menyembuhkan sesak nafas Anda dengan jahe dan berikut cara mengolahnya:

  • Sediakan 4 ruas jahe
  • Kupas dan cuci bersih jahe, lalu bakar hingga berwarna merah dan mengeluarkan aroma khasnya
  • Letakan jahe pada gelas dan beri air panas setengah gelas
  • Tunggu 3 menit dengan keadaan gelas atas tertutup
  • Setelah itu bisa beri air biasa (tambahkan gula jika perlu)
  • Jahe siap untuk diseduh dan Anda bisa meminumnya sehari 2 kali

Cara mengatasi sesak nafas tanpa obat di atas efektif dilakukan jiga sesak napas tidak disertai penyakit lainnya. Contoh kasus, jika sesak napas berkelanjutan yang disertai demam, batuk-batuk, menggigil dan kaki atau pergelangan kak terasa dingin dan membengkak segeralah bawa ke dokter.

Add Comment