Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua

Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua – Selain harta, makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak mungkin bisa dihilangkan. Tanpa makanan orang akan kelaparan dan pada akhirnya dapat meninggal dunia. Karena itulah selagi masih hidup dan bernafas, makanan jenis apapun akan selalu diburu. Bahasan kuliner yang akan dibahas oleh Meroket.com kali ini adalah cara membuat papeda makanan khas papua. Tahukah Anda apa itu papeda? Papeda adalah makanan khas papua yang sangat digemari di sana. Makanan ini terbuat dari sagu yang berbentuk bubur dan pada umumnya dapat dinikmati bersama dengan ikan tongkol yang diberi bumbu. Papeda ini selain rasanya enak, juga aman untuk dikonsumsi. Papeda aman untuk dikonsumsi karena sangat bernutrisi, kaya akan serat, dan memiliki kandungan kolesterol yang rendah.

Di Papua sendiri sagu adalah bahan pokok yang sangat penting. Hampir berbagai makanan dibuat menggunakan sagu ini. Bila Anda ingin mencoba Papeda ini mungkin Anda harus pergi ke papua. Tapi itu dahulu, sekarang perkembangan zaman telah merubah banyak hal, salah satunya adalah berterbarannya resep makanan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Termasuk resep pembuatan papeda  ini. Nah, bila Anda sedang mencari resep cara membuat papeda ini maka resep tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua

Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua

Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua

Biasanya yang dijadikan makanan pokok adalah nasi. Namun berbeda dengan Papua. Sagu ini adalah makanan pokok yang paling banyak digunakan. Tanpa nasi asalkan ada sagu, maka tidak akan menjadi masalah. Dengan sagu ini masyarakat Papua biasanya membuat Papeda untuk dikonsumsi. Sebenarnya apa saja bahan-bahan untuk membuat papeda ini? Bahan-bahan membuat papeda ini sederhana dan tidak sulit seperti memasak masakan korea. Adapun bahan-bahan pembuatan papeda tersebut adalah berikut ini :

  • Tepung Sagu 250 gram
  • Bawang Putih 2 Siung
  • Kaldu Ayam Secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Air 4 Gelas

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Tteokbokki

Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua

Cara Membuat Papeda Makanan Khas Papua

Bahan-bahan di atas tentunya sangat sederhana dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bila Anda ingin membuat papeda dengan porsi yang lebih banyak atau besar maka tinggal tambahkan saja 2 kali lipat bahan-bahan di atas. Sekarang kita akan masuk ke cara pembuatan papeda. Berikut adalah cara membuat papeda makanan khas papua :

1. Pertama siapkan panci kemudian masaklah air 4 gelas hingga mendidih.

2. Sembari menunggu air yang mendidih, Anda bisa menghaluskan tepung sagu, bawang putih, kaldu ayam, dan garam dengan blender.

3. Setelah air mendidih kini masukkan bahan-bahan yang telah Anda blender ke dalam tepung sagu yang sedang direbus. Untuk memasukkannya lakukan dengan perlahan sambil mengaduk tepung sagu tersebut.

4. Aduklah terus campuran tepung sagu dan bahan-bahan lainnya hingga benar-benar halus menyatu dengan sagu. Bila sagu sudah kental maka itu artinya Papeda telah siap untuk disajikan. Selesai.

Papeda ini bisa Anda jadikan alternatif pengganti nasi. Tentu saja agar lebih nikmat, maka Anda juga perlu menyiapkan beberapa lauk pauk untuk menemani Papeda ini. Bila Anda menyukai ikan, maka masaklah juga ikan tongkol yang telah dibumbu kuning. Selain ikan tongkol dikuningkan Anda juga bisa menggunakan ikan bakar.

Demikian adalah cara membuat papeda makanan khas papua. Bila Anda bosan dengan nasi mengapat tidak mencoba membuat papeda ini? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba membuat papeda ini ya.

Add Comment