Cara Membuat Pancake Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana – Telur dadar identik dengan rasa asin dan biasa dimakan bersamaan dengan nasi sebagai lauk pauk. Tapi apakah ada telur dadar yang rasanya manis serta bisa dijadikan cemilan? Jawabannya ada, dan pancake adalah jawabannya. Selain manis dan enak, pancake ini juga lembut sekali. Bagi siapa saja yang baru pertama kali memakan pancake ini pasti langsung jatuh cinta. Pancake ini memang bukan makanan umum yang sering dikonsumsi, lebih tepatnya pancake ini cocok untuk dijadikan cemilan maupun makanan ringan dikala Anda tidak ingin makan-makanan yang berat. Bila pancake ini dimakan pada momen yang tepat, maka pancake ini bisa juga dijadikan sebagai hidangan romantis yang bisa membuat pasangan Anda jadi lebih cinta.

Pancake sendiri masih sulit untuk ditemui di pinggir jalan maupun pedagang kaki lima. Bila Anda memiliki kocek yang lumayan, maka Anda bisa menemukan telur dadar manis ini di beberapa restoran ternama. Meskipun di pinggiran jalan masih jarang yang membuat pancake ini, bukan berarti makanan satu ini sulit dibuat. Justru sebaliknya, pancake ini mudah sekali dibuat. Untuk menambah wawasan kuliner Anda, maka pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat pancake sederhana yang bisa Anda coba. Cara selengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara Membuat Pancake Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana

Untuk membuat pancake ini memang tidak sulit, namun beberapa resep tertentu memang sulit untuk dipraktikkan. Namun tidak perlu khawatir, cara yang akan dibahas kali ini justru sangat sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Tidak hanya mudah dipraktikkan saja, rasanya pun enak dan dapat membuat Anda ketagihan. Sebelum kita masuk ke cara pembuatan pancake ini, maka sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang harus digunakan untuk membuat pancake ini.

Bahan-Bahan untuk Membuat Pancake Sederhana

  • Telur Ayam Besar 1 Butir
  • Tepung Terigu 110 gram
  • Mentega 2 Sdm atau Margarin 40 gram
  • Baking Powder 1 ¼ Sdt
  • Susu Cair 135 ml
  • Gula Pasir 1 ½ Sdm
  • Garam ¼ Sdt
  • Jerup Nipis 2 Sdt

Itulah bahan-bahan yang harus Anda sediakan untuk membuat pancake sederhana yang enak. Bila Anda tidak menggunakan mentega tapi lebih memilih menggunakan margarin, maka garam tidak perlu Anda gunakan. Jika sudah siap, lanjut kita bahas cara membuatnya.

Baca Juga : Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana

Cara Membuat Pancake Sederhana

1. Untuk membuat pancake sederhana ini pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan wadah kecil untuk mencampur air jeruk nipis dengan susu. Tujuannya agar susu jadi lebih asam. Setelah dicampur, aduklah sampai rata kemudian diamkan sekitar 5 menit.

2. Kini siapkan wadah lainnya dan campurkanlah gula, tepung terigu, garam, dan baking powder. Aduk bahan-bahan yang telah dicampurkan tersebut hingga rata dan gelembung-gelembung yang muncul jadi hilang.

3. Berikutnya siapkan wadah lainnya untuk mengocok susu yang sudah asam dengan tepung terigu dan telur. Aduklah bahan-bahan tersebut hingga tercampur semuanya. Untuk hasil yang baik sebaiknya aduk perlahan saja.

4. Kini waktunya memasak adonan agar jadi pancake. Anda dapat menyiapkan teplon atau wajan yang memiliki lapisan anti lengket, kemudian berikanlah permukaanya mentega. Lalu masukkanlah satu centong adonan menggunakan centong sayur ke dalam teplon atau wajan. Nantinya akan ada gelembung-gelembung yang akan keluar.

5. Jika gelembung sudah keluar, selanjutnya adalah balikan adonan tersebut ke sisi lainnya sampai matang juga. Tandanya matang adalah adonan berwarna coklat. Agar hasilnya baik maka jangan sekali-kali adonan tersebut ditekan.

6. Bila sudah matang, kini pancake telah siap disajikan dan disantap. Setelah siap disantap Anda bisa mengkreasikan topping sesuai dengan kesukaan Anda. Misalnya saja mengguyur pancake tersebut dengan madu ataupun sirup.

Demikian adalah cara membuat pancake sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba.

Add Comment