Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri – Mengemil adalah suatu rutinitas yang bila sedang berlangsung rasanya malas untuk berhenti. Bila belum kenyang ataupun bosan, maka rasanya kita akan sangat sulit sekali untuk berhenti. Salah satu cemilan manis yang tidak hilang dari dahulu sampai sekarang ini masih ada adalah martabak manis. Martabak manis atau orang sebut dengan kue terang bulan adalah cemilan favorit keluarga yang cocok dalam suasana apapun. Bahkan, meski kue ini diperuntukan untuk dimakan beberapa orang, akan tetapi tidak jarang juga yang rela membelinya satu loyang meski dirinya hanya sendiri. Tidak ada yang salah bila Anda juga menginginkan hal seperti itu, namun biasanya orang akan cepat kenyang bila memakan martabak manis ini sendirian. Nah untuk itulah martabak mini hadir untuk menjawab persoalan tersebut. Dengan martabak mini ini orang tidak akan cepat kenyang dan bisa makan sesuai dengan porsi yang dia inginkan tanpa takut perut kenyang sebelum martabaknya habis.

Pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat martabak mini sendiri. Sehingga bila Anda yang tidak ingin memakan martabak manis besar, Anda bisa membuat martabak mini ini sendiri. Selengkapnya mengenai bahan-bahan dan cara pembuatannya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

Untuk membuat martabak mini sendiri ini caranya cukup mudah. Anda bisa membuat martabak mini  ini untuk berbagai acara maupun dikonsumsi sendiri. Sebelum kita masuk ke cara pembuatan martabak mini ini, maka terlebih dahulu kita harus ketahui bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Adapun bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan untuk Membuat Martabak Mini

  • Gula Pasir 100 gram
  • Tepung Terigu 250 gram
  • Air 350 ml
  • Baking Powder ½ Sendok Teh
  • Telur 2 Butir
  • Vanili 1 Sendok Teh
  • Mentega 3 Sendok Makan
  • Coklat Meises Secukupnya
  • Susu Kental Manis Secukupnya
  • Keju Chedar Secukupnya

Itulah bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat martabak mini. Bila bahan-bahan tersebut sudah siap, kini waktunya untuk membuat martabak mini tersebut. Adapun cara membuat martabak mini tersebut adalah berikut ini.

Baca Juga : Resep Kue Putri Mandi

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

Cara Membuat Martabak Mini Sendiri

1. Pertama silahkan siapkan wadah khusus, kemudian campurkanlah tepung terigu, vanili, baking powder, gula pasir, dan garam ke wadah tersebut. Anda dapat mengaduknya sampai merata.

2. Bila langkah di atas sudah Anda terapkan, kini masukkanlah telur ke dalam wadah tersebut. Kocok-kocok adonan tersebut sampai merata.

3. Kini masukkanlah air secara perlahan sedikit-sedikit ke dalam wadah tersebut. Untuk hasil yang baik Anda bisa menggunakan mixer untuk mengocoknya. Kocoklah adonan tersebut hingga adonan berubah jadi menggumpal.

4. Sampai tahap ini Anda bisa meninggalkan adonan tersebut. Diamkanlah selama kurang lebih 60 menit.

5. Selagi menunggu adonan tersebut, Anda bisa menyiapkan loyang martabak mini. Berilah cetakan tersebut margarin agar tidak menempel.

6. Bila 60 menit sudah berlalu, kini masukkanlah adonan tersebut ke dalam cetakan martabak mini. Agar masuk ke dalam cetakan dengan rapih, Anda bisa menggunakan centong sayur untuk menyendok adonan tersebut ke dalam cetakannya.

7. Kini berilah gula pada bagian atas martabak mini tersebut, kemudian tutup hingga adonan menjadi matang.

8. Bila sudah matang, silahkan keluarkan martabak tersebut dari loyangnya. Selanjutnya berilah bagian atas martabak mini dengan margarin sedikit. Lalu silahkan beri topping sesuai dengan selera Anda. Karena pada bahan di atas kita menggunakan meises dan keju, maka kita akan memberinya toping meises dan keju. Terakhir berilah susu kental manis di atas topping tersebut. Selesai.

Demikian adalah cara membuat martabak mini sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba ya.

Add Comment