Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Cara Membuat Martabak Manis Teflon – Kue terang bulan atau martabak manis adalah makanan favorit bagi pecinta kuliner yang menyukai rasa manis. Tidak terbatas usia, baik anak-anak, para remaja, hingga orang dewasa sangat suka sekali dengan martabak manis ini. Bila Anda berada di kota, mungkin mendapatkan martabak ini sangatlah mudah. Namun berbeda jika Anda sedang berada di tempat yang jauh dari kota. Maka solusi yang bisa diwujudkan untuk menikmati martabak manis ini adalah dengan cara membuatnya sendiri.

Beruntung, pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat martabak manis teflon. Seperti yang Anda tahu, untuk membuat martabak manis ini tentunya membutuhkan wajan besar yang bisa digunakan untuk melebarkan adonan. Akan tetapi bila memang kita hanya ingin membuatnya yang ukuran kecil saja, maka teflon bisa juga digunakan. Mau tahu lebih lengkap tentang caranya? Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini.

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Tidak perlu pusing mengenai peralatan yang tidak ada untuk membuat martabak manis. Sebab, dengan menggunakan teflon saja Anda sudah bisa membuat martabak manis yang enak. Tentunya itu semua didukung dengan resep yang tepat dan sesuai. Untuk itulah bila memang Anda ingin membuatnya, maka rincian bahan-bahan pembuatan martabak manis ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda.

Bahan-Bahan untuk Membuat Martabak Manis Teflon

  • ¼ Sdt Garam
  • 2 Sdm Gula Pasir
  • 1 ½ Sdt Susu Bubuk
  • 30 gram Tepung Tapioka
  • 200 gram Tepung Terigu
  • 1 Sdm Margarin Cair
  • ½ Sdt Vanili Bubuk
  • 1 Sdt Fermipan
  • 1 Butir Telur Ayam
  • Mentega Secukupnya
  • Keju Secukupnya
  • Mesis Secukupnya
  • Kacang Secukupnya

Itulah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis teflon. Tentunya bahan-bahan tersebut mudah untuk Anda dapatkan. Bila bahan-bahan di atas sudah siap, maka berikut adalah cara pembuatan martabak manis teflon yang bisa Anda coba sendiri dari rumah.

Baca Juga : Resep Brownies Kukus Coklat Keju

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

1. Langkah pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat martabak manis teflon adalah membuat biangnya terlebih dahulu. Caranya cukup sediakan wadah, kemudian campurkanlah 1 Sdt Fermipan, 1 Sdm Tepung Terigu, dan Gula Pasir. Setelah itu masukkan juga air 75 ml kemudian diamkan sebentar selama kurang lebih 15 menit.

2. Kedua siapkan wadah baru, kemudian buatlah adonan dengan mencampur tepung tapioka, tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, dan terakhir susu bubuk. Campurlah adonan tersebut dan aduk-aduk sampai merata. Pada saat Anda mengaduk, tuangkan air sedikit-sedikit. Bila Anda ingin hasil yang maksimal, maka pada saat mengaduk adonan ini gunakanlah mixer.

3. Apabila adonan di atas sudah jadi kental, kini hentikan mixer kemudian masukkanlah telur ayam dan biang yang sudah dibuat pada langkah pertama. Berikutnya aduklah adonan tersebut dengan balloon whisk agar yang tadinya mengental jadi cair. Selanjutnya diamkanlah adonan tersebut selama kurang lebih 2 jam.

4. Setelah 2 jam adonan siap dimasak. Panaskanlah teflon yang Anda miliki dengan api sedang. Bila sudah hangat, kini tuangkan adonan menggunakan centong sayur dengan cara menuang sambil memutar adonan tersebut. Jangan lupa bagian pinggir teflon digesek sedikit agar nantinya menjadi kerak martabak. Sekarang tutuplah adonan yang sedang dimasak tersebut sampai matang.

5. Bila adonan sudah matang, kini angkatlah adonan tersebut dan kemudian sajikan dengan topping.

6. Pemberian topping bisa Anda lakukan sesuai dengan selera. Selesai.

Demikian adalah cara membuat martabak manis teflon. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Add Comment