Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Cara Membuat Kue Kembang Goyang – Kue kering memang selalu enak untuk dijadikan cemilan. Selain memang rasanya enak, kue kering juga tidak mudah basi dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Nah pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat kue kembang goyang. Kue ini menjadi salah satu kue yang dicari pada saat momen lebaran tiba. Kue kembang goyang ini termasuk ke dalam golongan kue kering tradisional yang lumayan banyak orang ketahui. Kue ini dinamakan sebagai kue kembang goyang karena memang bentuknya seperti kembang dan pada saat proses pembuatannya juga harus digoyang-goyangkan agar dapat terlepas dari cetakannya.

Kue kembang goyang ini merupakan kue tradisional khas betawi. Bila di daerah Sumatera maka kue ini bernama kue kembang loyang. Selain biasanya disajikan pada momen lebaran, kue ini juga bisa Anda temui dengan mudah bila ada acara hari raya nyepi. Untuk membuat kue ini Anda membutuhkan bahan utama tepung beras. Bahan tersebut dipanaskan dengan besi kemudian dimasak ke dalam minyak panas. Nah adapun selengkapnya cara membuat kue kembang goyang ini bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang ini sangat cocok dijadikan hidangan untuk menjamu tamu ataupun dijadikan cemilan. Dengan rasanya yang manis membuat kue ini tidak hanya disukai orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga sangat menyukai kue yang satu ini. Kunci dari nikmatnya kue ini ada pada kerenyahan kuenya. Bila renyah dan mudah untuk digigit maka kue ini akan jadi kue yang sangat enak untuk dimakan. Jika Anda memang ingin membuat kue kembang goyang ini maka silahkan sediakan terlebih dahulu bahan-bahannya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kue kembang goyang.

Bahan-Bahan Kue Kembang Goyang

  • Minyak Goreng 500ml
  • Gula Halus 100 gram
  • Biji Wijen 6 Sendok Makan
  • Tepung Beras 300 gram
  • Air Kapur Sirih 200 ml
  • Gula Pasir 1 Sendok Makan
  • Santan Kental 200 ml
  • Telur 2 Butir
  • Perasa Vanilla 1 Sendok Teh
  • Garam ½ Sendok Teh

Itulah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kembang goyang yang enak dan renyah. Setelah bahan-bahan sudah siap, kini kita lanjut bahas cara membuat kue kembang goyang. Berikut ini adalah caranya.

Baca Juga : Cara Membuat Cake Tape Sederhana

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

1. Pertama silahkan siapkan semua bahan-bahannya dalam satu tempat.

2. Berikutnya siapkan wadah kosong untuk mengucuk telur. Kemudian kocoklah telur tersebut hingga jadi merata. Untuk membuatnya merata dan hasil yang terbaik Anda bisa menggunakan kocokan telur. Namun bila Anda tidak memilikinya, maka Garpu bisa jadi pengganti alternatifnya.

3. Setelah telur yang Anda kocok mulai tercampur merata, kini masukkan gula pasir dan gula halus. Kocok sampai merata kembali.

4. Berikutnya Anda bisa juga menambahkan air kapur dan santan kental ke dalam kocokan tersebut. Seperti biasa setelah bahan-bahan telah masuk silahkan diaduk sampai merata.

5. Berikutnya masukkan juga sedikit tepung beras, perasa vanila, dan juga wijen.

6. Kini panaskan minyak dan juga besi cetakan kue kembang goyang. Bila minyak sudah panas dan besi juga sudah ikut panas, kini celupkan besi tersebut ke dalam adonan kue kembang goyang sebentar, kemudian pindahkan lagi besi cetakan tersebut ke dalam penggorengan. Selesai. Kini kembang goreng sudah termasak. Silahkan ulangi langkah-langkah sebelumnya untuk memasak kue kembang goyang sebanyak yang Anda inginkan.

Demikian adalah cara membuat kue kembang goyang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.g

Cara Membuat Kue Kembang Goyang | dyca | 4.5