Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah – Suka jajanan pasar? Berarti Anda wajib sekali mencoba kuliner tradisional yakni klepon ketan isi gula merah. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan khas tradisional. Klepon ketan isi gula merah terbuat dari bahan tepung beras ketan yang dibuat dengan bentuk bola-bola dengan isian gula merah. Selain rasanya yang enak, makanan tradisional satu ini sangat cocok sekali menjadi cemilan sehari-hari Anda. Bahkan di beberapa tempat klepon ketan isi gula merah ini dijadikan makanan hidangan bila ada arisan Ibu-Ibu. Klepon ketan isi gula merah ini biasanya dapat dengan mudah Anda temukan di pasar-pasar tradisional. Jadi bila Anda ke pasar tradisional, maka sempatkan untuk membeli makanan ini.

Bagi Anda yang memang hobinya membuat makanan, maka tidak ada salahnya coba membuat klepon ketan ini. Pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat klepon ketan isi gula merah yang bisa Anda praktikkan sendiri dari rumah. Nah selengkapnya mengenai cara pembuatan klepon ketan ini bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Klepon ketan ini memiliki nama lain yang juga sudah khas dikalangan kita, yakni onde-onde. Biasanya memang onde-onde ini diisi dengan kacang hijau, akan tetapi diisi dengan gula merah juga tidak kalah enaknya. Mungkin dalam beberapa kurun waktu yang akan datang bisa jadi muncul berbagai variasi lainnya dari isian klepon ketan ini. Tapi karena kali ini kita akan membahas cara pembuatan klepon ketan isian gula merah, maka terlebih dahulu kita harus ketahui bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat klepon ketan isi gula merah.

Bahan-Bahan untuk Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

  • 250 gram Tepung Ketan
  • 200 gram Gula Merah
  • ¼ Sdt Garam
  • 50 ml Air Pandan
  • Parutan Kelapa Secukupnya
  • Air Mendidih Secukupnya

Di atas adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat klepon ketan isi gula merah. Jika bahan-bahan di atas telah tersedia, maka kini saatnya Anda untuk membuat klepon ketan isi gula merah ini.

Baca Juga : Resep Ogura Cake Coklat

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

1. Langkah pertama adalah kukus parutan kelapa.

2. Langkah berikutnya adalah masukkan air mendidih kemudian perlahan masukkan juga tepung ketan secara perlahan sedikit-sedikit. Aduklah campuran tersebut hingga jadi rata.

3. Langkah selanjutnya adalah masukkan air pandan, kemudian aduk-aduk sampai adonan menjadi kalis. Hal ini bertujuan agar adonan tersebut mudah untuk kita bentuk menjadi bulat-bulat.

4. Jika langkah di atas sudah selesai, kini ambilah adonan sedikit secukupnya. Adonan ini akan kita bentuk menjadi bola-bola. Namun sebelum dibentuk, terlebih dahulu masukkan gula merah sesuai selera.

5. Kumpulkan beberapa bola tersebut untuk direbus. Bila sudah terkumpul semua, maka rebuslah adonan bulat tersebut dengan air mendidih. Rebuslah sampai matang, nanti bila adonan tersebut sudah matang, maka adonan akan mengambang dengan sendirinya.

6. Bila sudah matang, angkatlah adonan tersebut, lalu keringkan.

7. Kini adonan siap untuk digulingkan ke atas parutan kelapa yang sebelumnya sudah kita kukus. Gulingkanlah bola-bola tersebut sampai tertutupi parutan kelapa. Selesai.

Sekarang klepon ketan isi gula merah sudah siap disajikan dan disantap. Demikian adalah cara membuat klepon ketan isi gula merah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Add Comment