Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana – Semua orang pasti suka dengan wangi yang harum. Tapi bagaimana dengan bau jengkol? Ada yang sebagian orang suka dan sebagian orang lagi tidak. Wajar saja, meskipun rasa yang dihasilkan oleh jengkol ini cukup enak di lidah, namun baunya cukup membuat orang menjadi tutup hidung dibuatnya. Hal tersebutlah yang membuat jengkol ini menjadi makanan dengan dua kubu yang berlawanan pendapat. Tapi bagi kalian yang memang sudah terhipnotis akan rasa dari jengkol ini, pasti akan sangat sulit sekali menghindari darinya. Jengkol ini adalah makanan yang sangat cocok diolah dengan berbagai macam jenis masakan. Bisa disemur, direbus, direndang, dijadikan sambal, dan juga dibuat balado.

Pernahkah Anda merasakan jengkol balado? Jika belum pernah, maka sebaiknya Anda coba membuatnya sendiri. Untuk resep dan cara membuatnya sendiri tidak perlu khawatir, sebab pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat jengkol balado sederhana. Adapun cara tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Makanan pedas memang selalu menggunggah selera siapa saja. Baik yang muda dan tua selalu suka dengan masakan yang pedas. Selain memang memberikan rasa yang tentu saja enak, masakan pedas juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandungan vitamin C, dan vitamin C inilah yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi penasaran ingin coba membuat jengkol balado sendiri? Jangan khawatir, caranya cukup mudah. Sebelum kita masuk ke caranya, sebaiknya kita sediakan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-Bahan untuk Membuat Jengkol Balado Sederhana

  • Jengkol 250 gram
  • Daun Jambu Biji 100 lembar
  • Lengkuas yang sudah digeprek 3cm
  • Air 1 liter untuk merebus
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai yang sudah digeprek 1 batang
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gular pasir 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Air Putih 50ml

Bumbu-Bumbu Jengkol Balado

  • Cabe merah keriting 10 buah dihaluskan
  • Cabe rawit merah 10 buah dihaluskan
  • Bawang merah 3 butir dihaluskan
  • Bawang putih 2 siung dihaluskan

Setelah bahan-bahan dan bumbu-bumbu jengkol balado telah siap, kini adalah resep cara membuat jengkol baladonya.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Biji Ketapang yang Empuk

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Cara Membuat Jengkol Balado Sederhana

Membuat jengkol ini tidak memerlukan cara masak khusus yang rumit. Dengan cara yang sederhana pun Anda sudah bisa membuat jengkol balado. Berikut ini adalah cara membuat jengkol balado sederhana :

1. Pastikan jengkol Anda dalam keadaan bersih pada saat hendak dimasak. Jadi cucilah jengkol Anda terlebih dahulu. Setelah bersih, kini rebuslah jengkol agar empuk dengan 1 liter air yang telah kita siapkan sebelumnya. Pada saat Anda merebus, masukkan daun jambu biji.

2. Setelah direbus sebentar, angkatlah daun jambu biji tersebut kemudian gepreklah daun tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya jengkol dapat meresap bumbu dengan baik. Kini kembalikan daun jambu biji tersebut ke dalam rebusan jengkol.

3. Sekarang siapkan penggorengan, dan masukkanlah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan air sebanyak 50ml. Kini masukkan jengkol yang telah direbus ke dalam penggorengan. Aduk rata hingga bumbunya tercampur merata dan tercium wangi harum.

4. Selesai. Kini jengkol balado sederhana siap untuk Anda sajikan.

Demikian adalah cara membuat jengkol balado sederhana. Mudah sekali bukan untuk membuatnya? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Add Comment