Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana – Kue apa yang tengahnya bolong? Kita semua pasti sepakat menjawab donat. Untuk membuat donat ini tidak sulit, cukup menggunakan bahan dasar tepung terigu saja Anda sudah bisa membuat donat. Apalagi bila Anda mempunyai kentang, maka bisa membuat donat kentang. Bagi yang belum mengetahuinya mungkin donat kentang terdengar asing ditelinga, padahal donat kentang ini benar adanya dan sudah banyak yang menjualnya. Tempat yang paling mudah untuk menemukan donat kentang ini biasanya adalah di mall-mall. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut serta bahan dasarnya yang berbeda dari donat pada umumnya membuat donat kentang ini dapat memikat banyak orang yang pertama kali melihatnya.

Bila Anda adalah salah satu orang yang terpikat akan donat kentang ini, mengapa tidak coba membuatnya sendiri? Jangan khawatir, untuk membuatnya cukup mudah. Beruntung pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat donat kentang sederhana untuk Anda. Sehingga dengan bahasan ini harusnya membuat Anda semakin mudah untuk membuat donat kentang ini. Lalu bagaimana cara membuat donat kentang ini? Lebih lanjut bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Untuk membuat donat kentang sederhana ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Dengan resep yang tepat, maka donat kentang bisa Anda buat dengan mudah. Nah sebelum kita bahas cara membuatnya, terlebih dahulu kita harus ketahui bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat donat kentang ini. Adapun bahan-bahannya tersebut bisa Anda lihat berikut ini :

Bahan-Bahan untuk Membuat Donat Kentang Sederhana

  • Tepung terigu 300 gram (Pastikan tepung terigu yang Anda gunakan berprotein tinggi.)
  • Kentang 100 gram
  • Telur 1 Butir
  • Margarin 30 gram
  • Ragi Instan 1 ½ Sdt
  • Garam 1 Sdt
  • Susu Bubuk 10 gram
  • Air Es 150 ml

Topping Donat Kentang

  • Selai Cokelat Secukupnya
  • Selai Strawberry Secukupnya
  • Keju Cheddar 100 gram

Itulah bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat donat kentang. Untuk toppingnya sendiri alternatif saja. Jadi bila Anda tidak ingin menggunakan topping tidak apa-apa. Kemudian untuk kentangnya sendiri sebelum digunakan sebaiknya direbus terlebih dahulu. Bila bahan-bahan sudah siap, kini waktunya masuk ke cara pembuatannya.

Baca Juga : Resep Bolu Kukus Pelangi

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat donat kentang sederhana adalah membuat adonannya terlebih dahulu. Untuk membuat adonannya ini caranya cukup mudah. Campurkan saja tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk dan kentang ke dalam satu wadah. Kemudian aduklah sampai semua bahan jadi tercampur rata.

2. Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan air es dan telur secara perlahan sedikit-sedikit. Lalu aduk kembali sampai telur tercampur dan hilang.

3. Selanjutnya masukkan garam dan margarin ke dalam adonan tersebut. Aduk, lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.

4. Bila adonan sudah jadi, kini saatnya membentuk donat. Ambilah sedikit adonan, kemudian pipihkan adonan tersebut hingga ukurannya menyerupai donat. Bila Anda ingin donat kentang yang bolong, Anda bisa membolongi bagian tengahnya pada tahap ini. Jika tidak, maka lanjut ke langkah berikutnya.

5. Kini siapkan loyang, kemudian adonan tersebut dapat dipindahkan ke loyang dan bisa Anda berikan taburan tepung terigu lagi secukupnya. Diamkan sebentar hingga adonan tersebut jadi mengembang.

6. Bila sudah mengembang, kini masukkan adonan tersebut ke dalam panggangan dengan suhu 160 derajat celcius, kemudian tunggu kurang lebih 10 menit, maka donat sudah matang dan siap disajikan.

7. Untuk penyajiannya Anda bisa mengolesi donat dengan selai atau ditaburi dengan keju. Silahkan kreasikan sesuka Anda.

Demikian adalah cara membuat donat kentang sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba, semoga berhasil membuat donat kentang yang enak.

Add Comment