Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana – Hidup dengan selalu mengikuti perkembangan zaman memang sebuah keseharusan yang tidak boleh diabaikan. Namun seiring berjalannya waktu nyatanya banyak sekali hal-hal di zaman dahulu yang ikut hilang. Misalnya saja makanan cilok, dahulu makanan ini sangat digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak, cilok ini juga bisa dibeli dengan harga yang murah. Tapi sayangnya keberadaan penjual cilok saat ini sulit sekali untuk ditemukan. Sudah tahu makanan cilok kan? Cilok itu adalah makanan yang berbentuk bola-bola menyerupai bakso. Perbedaanya dengan bakso adalah ukurannya yang lebih kecil serta bahan pembuatannya yang juga berbeda. Cilok ini biasanya disajikan dengan saos, maupun dengan kuah hangat yang diberi saos.

Tentunya bila Anda merasakan cilok ini pasti akan membuat Anda ketagihan. Tapi sayang sekali bila Anda tidak bisa menemukan penjual cilok ini di tempat Anda. Bila demikian, maka solusinya adalah dengan membuat cilok ini sendiri. Nah, pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas cara membuat cilok kuah sederhana yang bisa Anda buat sendiri dari rumah. Tenang saja, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok kuah ini cukup sederhana. Adapun bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat cilok kuah ini adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana

Bahan-Bahan Mmebuat Cilok Kuah Sederhana

1. Bahan Adonan Cilok

  • Garam secukupnya saja
  • Merica secukupnya saja
  • Penyedap rasa sapi (Boleh diganti dengan penyedap rasa ayam atau sesuai selera)
  • Tepung Terigu 250 gram
  • Tepung Kanji atau Tepung Aci 500 gram

2. Bahan untuk Kuah Cilok

  • Daun Bawang secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 3 Siung bawang putih

Penyedap rasa sapi (Boleh diganti dengan penyedap rasa ayam atau sesuai selera)

Setelah bahan-bahan di atas telah terkumpul, kini saatnya membuat cilok kuah tersebut. Berikut ini adalah cara membuat cilok kuah sederhana yang bisa Anda praktikkan sendiri dari rumah.

Baca Juga : Cara Membuat Pisang Nugget Enak

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana

Untuk membuat cilok kuah sederhana ini tidaklah sulit, cukup meluangkan waktu beberapa jam saja cilok dan kuahnya sudah bisa Anda nikmati. Adapun cara membuat cilok kuah sederhana tersebut adalah berikut ini :

1. Langkah pertama adalah siapkan satu loyang besar untuk tempat mengaduk adonan cilok. Kemudian masukkan semua bahan-bahan yang telah disebutkan di atas untuk diaduk sampai rata.

2. Setelah adonan tercampur merata, kini aduk-aduk adonan tersebut sambil menuangkan air hangat sedikit-sedikit sampai adonannya menjadi kalis.

3. Setelah adonan yang Anda buat kalis, kini ambilah adonan tersebut sedikit-sedikit dan buatlah agar berbentuk seperti bola. Bila Anda ingin rasa yang beda, Anda juga bisa mengisi adonan yang berbentuk bola tersebut dengan isian seperti ayam, telur, jamur, maupun daging cincang.

4. Kini rebuslah air hingga mendidih menggunakan panci yang agak besar. Agar pada saat merebus adonan cilok tidak menempel pada panci, maka air rebusan tersebut bisa Anda tambahkan sedikit minyak goreng. Kini bila air sudah cukup panas, Anda dapat memasukkan cilok tersebut ke dalam panci. Bila sudah matang, angkat dan tiriskan. Selesai.

5. Bila Anda telah menyelesaikan langkah di atas, itu tandanya Anda telah berhasil membuat cilok kuah. Kini saatnya membuat kuahnya. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencincang daun bawang dan bawang putih kemudian menumisnya hingga tercium bau harum yang mengunggah selera. Setelah itu masukkan air ke dalam tumisan tersebut. Berikutnya masukkan penyedap rasa, garam, dan merica. Bila air sudah mendidih, kuah siap dihidangkan.

Demikian adalah cara membuat cilok kuah sederhana yang bisa Anda praktikkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Cara Membuat Cilok Kuah Sederhana | dyca | 4.5