Beragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh – Kacang hijau memang dikenal sebagai bahan makanan yang banyak mengandung kebaikan untuk tubuh. Selain rasanya yang lezat jika diolah dalam bentuk apapun seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau, onde-onde dan beraneka macam kue lainnya. Kacang hijau masuk kedalam jenis tanaman polong-polongan atau fabaceae, yang tinggi akan kandungan gizi. Adapun beberapa kandungan tersebut adalah vitamin yang meliputi vitamin A, vitamin B1 berupa asam folat, riboflavin, thiamin, vitamin B6 berupa panthotenat, niasin, dan juga vitamin C. Selain itu, kacang hijau juga banyak mengandung protein, karbohidrat, dan kandungan mineral penting seperti potassium, selenium, magnesium, zat besi, zinc, manganese, serta phosphorus.

Tidak hanya itu, kacang hijau juga rendah akan kandungan lemak, kaya antioksidan, tinggi serat dan dilengkapi dengan kandungan asam lemak essensial seperti omega 3 dan juga omega 6. Dengan banyaknya kandungan yang tersimpan didalamnya, tentunya akan banyak pula  manfaat yang bisa kita dapatkan dari kacang hijau ini. Dan inilah beberapa daftar manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh kita.

Beragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Kinerja Sistem Saraf

Selanjutnya manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah sebagai salah satu bahan makanan yang dapat menyumbang kebaikan seperti membantu meningkatkan kinerja sistem saraf dalam tubuh. Hal ini didapatkan karena adanya kandungan vitamin B1 yang tersimpan di dalam kacang hijau, yang memang mampu memberi pengaruh yang baik terhadap kinerja dari sistem saraf.

  1. Mendukung Pembentukan Sel Tubuh

Dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau, kita bisa memperoleh segudang kebaikan untuk tubuh. Salah satunya adalah karena kandungan protein yang ada pada kacang hijau dapat memberi fungsi yang baik untuk membantu proses pembentukan sel didalam tubuh, mulai dari sel otak, otot dan sel di dalam organ tubuh lainnya.

  1. Membantu Memelihara Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang peranannya sendiri sangat kita butuhkan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Tanpa adanya mata yang sehat, kita tidak dapat melihat banyak hal, tidak dapat menjalankan banyak kegiatan dan tentunya akan memiliki banyak keterbatasan. Oles sebab itu, kita harus senatiasa menjaga dan memeliharanya, sebelum mata kita mendapatkan gangguan yang dapat menjadi penyebab masalah kebutaan. Untuk membantu memelihara kesehatan mata, bisa dilakukan dengan memenuhi asupan vitamin A dalam tubuh, seperti dengan mengkonsumsi kacang hijau secara teratur. Karena kandungan vitamin A yang ada didalam kacang hijau inilah yang akan bertanggung jawab terhadap kesehatan mata kita.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi kita yang gemar memakan kacang hijau, maka tak perlu khawatir dengan gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi. Sebab, di dalam kacang hijau banyak terdapat kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau sangat rendah kalori, sehingga aman untuk menjaga berat badan kita, meskipun kita sering mengonsumsinya.

  1. Mencegah Penyakit Kanker Usus

Didalam kacang hijau terdapat kandungan serat yang akan membantu melancarkan pencernaan, membantu membersihkan sistem pencernaan dari ganggua zat-zat berbahaya dan juga tumpukan racun yang dapat mengakibatkan masalah di dalam usus seperti penyakit kanker usus. Untuk itu, mengkonsumsi kacang hijau setiap hari dapat menjadi salah satu solusi terbaik dalam rangka menjaga kesehatan organ usus.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Banyak mengkonsumsi kaang hijau saat hamil akan memberikan pengaruh besar pada kesehatan ibu dan juga janin ibu di dalam kandungan. Pasalnya, diketahui segala komponen baik yang diperlukan oleh ibu hamil tersimpan di dalam kacang hijau ini. Seperti kandungan asam folat, karbohidrat, kalsim, fosfor, protein, lemak tak jenuh atau lemak sehat, vitamin B1 dan juga vitamin B2. Jika kandungan-kandungan sehat ini masuk kedalam tubuh ibu hamil maka akan banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan lemak sehat yang ada di dalam kacang hijau berfungsi untuk menghancurkan timbunan lemak jenuh yang ada di dalam arteri. Sehingga akan membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Tentunya kita tidak ingin penyakit berbahaya ini sampai hinggap di dalam tubuh kita, menggerogoti sel sehat yang ada didalam tubuh. Cobalah secara teratur mengkonsumsi kacang hijau, karena kandungan antioksidan di dalamnya akan membantu memberi perlindungan yang baik untuk tubuh. Menangkal radikal bebas yang dikenal sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker ini.

  1. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Peranan vitamin A didalam kacang hijau tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi vitamin A ini juga memiliki fungsi yang lain bagi tubuh, yaitu sebagai salah satu jenis vitamin yang dapat membantu proses penyembuhan luka dan membantu melindungi kesehatan jaringan dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Gigi

Mengkonsumsi kacang hijau bisa menjadi salah satu solusi yang tepat dalam menjaga kesehatan tulang tubuh dan juga gigi. Sebab kacang hijau diperkaya dengan kandungan kalsium dan juga phosphor yang akan membantu proses pembentukan tulang dan juga gigi.

Selain itu, manfaat kacang hijau untuk tubuh juga dapat kita peroleh seperti membantu menurunkan berat badan, sebagai sumber energi dan masih banyak lagi. Yang terpenting jika kita ingin mendapatkan manfaat utuh dari kacang hijau maka disaat kita memasaknya usahakan untuk tidak terlalu matang, karena bisa mengurangi kandungan gizi yang ada didalamnya.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kecantikan dan kesehatan mata :

Cara memakai bulu mata palsu

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

7 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Beragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh | Dwi ady | 4.5