Beberapa Cara Mengobati Mata Dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Mata Dengan Daun Sirih – Siapa yang tidak tahu dengan daun sirih? Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang banyak memilki khasiat. Tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk menjaga kecantikan, akan tetapi ternyata juga bisa mengobati gangguan pada mata. Hal ini dikarenakan, daun sirih mengandung minyak atsiri yaitu betlephenol, hidroksikavikol, cavibetol, kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Selain kandungan tersebut darun sirih juga banyak mengandung zat anti jamur dan zat antiseptik pada seluruh bagiannya.

Selain itu, daun sirih juga mengandung berbagai macam senyawa seperti protein, vitamin A, vitamin C yang bisa membuat kesehatan mata menjadi kembali normal. Apalagi dengan menggunakan daun sirih bisa mengatasi gangguan mata seperti mata minus, mata bengkak, mata belekan, serta mata akibat alergi. Nah, untuk itulah Anda juga harus mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengobati mata dengan daun sirih, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Cara Mengobati Mata Dengan Daun Sirih

Beberapa Cara Mengobati Mata Dengan Daun Sirih

Di bawah ini ada beberapa cara mengobati mata dengan daun sirih yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa caranya diantaranya:

Digunakan Sebagai Kompres

Cara mengobati mata dengan daun sirih yang pertama dengan digunakan sebagai kompres. Daun sirih yang digunakan sebagai kompres terdapat dua cara untuk melakukannya. Dengan demikian, Anda bisa mencoba cara yang sesuai untuk Anda dan sangat mudah. caranya yaitu:

pertama:

  • Ambil daun sirih beberapa lembar daun sirih yang telah tua.
  • Cuci hingga bersih dan kotoran yang menempel pada daun hingga bersih.
  • Kemudian rebus daun sirih tersebut dengan air sekitar 600 cc.
  • Didihkan hingga menyisakan air sekitar 200 cc.
  • Setelah itu, dinginkan rebusan daun sirih yang telah jadi.
  • Kemudian, siapkan baskom dan taruh air rebusan daun sirih didalamnya, setelah itu rendam handuk di dalam air rebusan tersebut.
  • Setelah itu, Anda sudah bisa mengkompreskan handuk tersebut ke bagian mata, lakukan secara berulang-ulang dan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kedua:

Cara yang kedua termasuk cara yang sangat mudah dilakukan dan sangat mudah digunakan serta tidak terlalu sulit, caranya yaitu dengan menyiapkan 2 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Kemudian tempelkan daun sirih pada kedua mata, Anda juga bisa menggunakan plaster agar daun sirih tidak terlepas ketika Anda tidur dan biarkan hingga keesokkan paginya. Namun demikian, sebelum Anda melakukan cara tersebut usahakan untuk membersihkan muka sebelum tidur.

Digunakan Sebagai Ramuan

cara mengobati mata dengan daun sirih yang terakhir yaitu dengan menggunakannya sebagai ramuan. Cara ini termasuk cara yang bisa digunakan dengan menambahkan bahan lain agar daun sirih semakin bisa dijadikan sebagai salah satu obat mata. Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun sirih dan madu. Madu sebagai salah satu bahan yang digunakan hal ini dikarenakan madu banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga mata. Caranya yaitu dengan merebus daun sirih yang telah dicuci bersih dengan air sekitar 600 cc. Didihkan hingga tersisa 200 cc. Setelah tersisa 200 cc Anda bisa menambahkan madu untuk membuat rasa menjadi lebih enak. Setelah itu, diamkan hingga dingin dan setelah dingin minum ramuan tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa cara mengobati mata dengan daun sirih yang bisa Anda lakukan dan coba, selain itu daun sirih juga sangat mudah didapatkan dan cara membuatnya mudah dilakukan jadi tidak alasan untuk tidak mencobanya bukan. Terimakasih dan selamat mencoba!

baca juga : Beberapa Cara Mengatasi Mata Bintitan Dengan Cara Alami

Beberapa Cara Mengobati Mata Dengan Daun Sirih | Dwi ady | 4.5