Bahaya Tidur Terlalu Lama

Bahaya Tidur Terlalu Lama – Tidur menjadi bagian aktivitas yang tidak mungkin kita lewatkan. Saat tubuh lelah, tidur menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengumpulkan kembali tenaga yang hilang. Selain itu, tidur juga membuat hati yang kacau menjadi lebih baik. Waktu tidur yang baik adalah selama 8 jam dalam satu hari untuk orang dewasa. Akan tetapi, terkadang karena sesuatu hal tidur melebihi batasnya sering dilakukan. Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak baik.

Tidur terlalu lama adalah sumber suatu penyakit. Percaya atau tidak, tidur terlalu lama membuat gangguan kesehatan secara instan. Namun, terkadang kita tidak memperdulikan kondisi tersebut. Jika dilakukan secara terus-menerus akan menjadi suatu kondisi yang sangat fatal. Maka itu, Anda perlu sekali menngetahui tentang bahaya tidur terlalu lama. Selengkapnya bisa Anda baca pada ulasan di bawah ini.

bahaya tidur terlalu lama

Bahaya Tidur Terlalu Lama

Tidur menjadi rutinitas yang sangat efektif untuk menurunkan kadar emosi. Tidur juga dapat meningkatkan energi yang hilang. Namun, bagiamana jika tidur terlalu lama? Secara langsung, tidur terlalu lama akan membuat kesehatan terganggu. Di bawah ini adalah apa yang akan terjadi pada Anda bila tidur terlalu lama:

Sakit Kepala dan Pusing

Anda mungkin sering menyamakan sakit kepala dan pusing. Padahal, kedua kondisi tersebut berbeda. Sakit kepala terjadi jika tidur melampau batas sebenarnya. Aliran darah seolah lamban menuju bagian otak. Nah, kemudian muncul pusing akibat aliran darah yang kurang lancar dan membuat kandungan otak yang sering disebut neurotransmitter berkurang. Maka, jangan tidur terlalu lama jika tidak ingin kepala sakit dan pusing.

Menurunkan Konsentrasi

Bahaya tidur terlalu lama salah satunya adalah menurunkan konsentrasi. Mengapa? Aliran darah yang lamban menuju otak otomatis otak tidak akan menerima oksigen secara baik. Otak secara langsung dipaksakan untuk tidak aktif dan terlena dalam ilusi. Sehingga, saat bangun tiba-tiba otak dipaksakan aktif kembali. Nah. Otak manusia seolah robot. Sehingga, dalam kondisi apapun bila tidur terlalu lama akan menurunkan konsentrasi.

Terserang Penyakit Jantung

Tidur sejatinya menyembuhkan rasa lelah dan membuat energi bertambah. Namun, tidur dalam waktu yang lama menjadi pemicu serangan jantung. Berdasarkan penelitian, tidur melewati batas yang akan membuat tanda-tanda penyakit jantung muncul. Maka, sangat disarankan untuk tidak tidur terlalu lama. Dibandingkan tidur terlalu  lama, lebih baik menghirup udara segar secara maksimal.

Kerusakan otak

Hal yang paling ditakuti oleh setiap manusia adalah mengalami sakit. Namun, sudah watak yang sangat lumrah manusia mencari penyakitnya sendiri. Termasuk dalam waktu tidur. Berdasarkan penelitian, tidur terlalu lama akan menyebabkan sakit atau kerusakan otak secara perlahan. Aliran darah tidak akan sempurna mengalir dan saraf-saraf otak  jadi mengalami kekurangan oksigen.

Nyeri Punggung

Bahaya tidur terlalu lama salah satunya adalah dapat menyebabkan nyeri punggung. Tubuh yang seharusnya banyak bergerak namun hanya terlintang begitu saja. Maka, nyeri punggung kerap menghantui mereka yang suka tidur terlalu lama.

Selain resiko yang stelah disebutkan di atas, masih banyak lagi kondisi kesehatan tubuh terganggu akibat tidur terlalu lama. Jika dihitung, resiko tersebut sagat banyak. Resiko paling fatal akibat tidur terlalu lama adalah kematian. Maka, waspada dan jauhi tidur terlalu lama.

Demikian ulasan mengenai bahaya tidur terlalu lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi ilmu baru. Mari secara bersama membuat tubuh sehat tanpa penyakit dengan tidur secukupnya. Tidur dengan jangka waktu yang pendek tapi berkualitas adalah pilihan.

baca juga : 7 Hal Hebat Akan Terjadi Jika Anda Hanya Minum Air Selama 1 Bulan

Bahaya Tidur Terlalu Lama | Dwi Ady | 4.5