Bagian Tubuh Yang Sebaiknya Tidak Disentuh Menggunakan Tangan

Bagian Tubuh Yang Sebaiknya Tidak Disentuh Menggunakan Tangan – Tahukah Anda bahwa saat mencuci tangan Anda dengan air bersih atau menggunakan sabun, tangan dan jari Anda mungkin masih mengandung kuman dan menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda? Apalagi dengan area terlarang pada tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya, ketika kuman berasal dari tangan. Dalam artikel berikut, kami akan meninjau bagian-bagian tubuh yang Anda tidak boleh sering menyentuh menggunakan tangan.

bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh menggunakan tangan

Bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh menggunakan tangan

  1. Tabung telinga

Gendang telinga di telinga sangat sensitif terhadap benda tajam. Sentuhan disengaja pada telinga dapat menyebabkan perforasi telinga ke telinga yang tuli. Selain itu, hal-hal yang Anda letakkan di telinga Anda dapat menjadi infeksi bakteri yang menyebabkan infeksi telinga. Jadi jangan gunakan tangan Anda atau benda tajam lainnya untuk menggaruk telinga Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan telinga Anda, temui dokter Anda.

  1. Wajah

Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk mencuci muka atau perawatan kulit. Tetapi jika tangan di permukaan lebih banyak bakteri, menggunakan tangan itu untuk menyikat dahi, bakteri akan menembus ke kulit. Ujung jari Anda mengandung pori-pori tersumbat dan minyak kulit yang rentan jerawat, kata Adnan Nasir, MD, seorang dokter kulit di Men’s Health.

  1. Anal

Dapat dikatakan di bagian tubuh, anus adalah tempat yang mengandung bakteri paling berbahaya. Dalam hal kebutuhan, Anda hanya perlu menggunakan tangan untuk mencuci anus Anda setelah pergi ke toilet, dan pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan air atau produk pembersih lainnya.

  1. Mulut

Penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa orang cenderung menempatkan jari-jari atau mulut mereka sekitar rata-rata 23,6 kali per jam ketika mereka lelah bekerja. Dan mereka memasukkan jari-jari mereka ke mulut mereka 6,3 kali satu jam ketika sibuk. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Microbiology, menemukan bahwa sepertiga hingga seperempat dari patogen dipindahkan dari jari ke mulut.

  1. Hidung

Banyak orang, terutama anak-anak kecil, memiliki kebiasaan memilih hidung mereka dengan tangan mereka. Namun, ini dapat mempengaruhi selaput lendir hidung atau dapat menyebabkan iritasi hidung yang mengarah ke peradangan. Selain itu, hidung bisa pecah, rambut rontok hidung. Hidung berfungsi melindungi hidung, mencegah asap masuk.

  1. Mata

Semua lesi mata menyebabkan konsekuensi yang menakutkan. Jadi jangan menggosok tangan Anda dan gosok mata Anda. Kuman dari tangan dapat menyebabkan penyakit mata seperti sakit mata atau lebih buruk, kuku jari Anda dapat merobek tubuh.

  1. Kulit di bawah kuku

Ada banyak jenis mikroorganisme di kuku Anda. Potong kuku Anda secara teratur untuk membatasi perkembangbiakannya. Juga, jangan menyentuh area di bawah kuku karena ini adalah tempat kebanyakan bakteri. Banyak orang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Namun, ini sangat berbahaya. Bakteri pada kuku dapat ditularkan secara langsung melalui kelenjar ludah ke dalam tubuh yang menyebabkan beberapa penyakit gastrointestinal.

  1. Zona tertutup

Untuk menghindari area septik, jangan sentuh tangan Anda saat Anda tidak bersih higienis, jangan gunakan sabun yang wangi atau detergen yang kuat untuk membersihkan area. Produk-produk ini secara tidak sengaja akan mengubah lingkungan pH di dalam, memberikan peluang yang menguntungkan bagi bakteri ragi untuk bereaksi kuat.

baca juga : 7 Kebiasaan Yang Diam-Diam Membunuh Anda Setiap Hari

Rutinitas sehari-hari seperti menyentuh wajah, menggosok mata, menggigit kuku, dll., Seringkali tidak berbahaya, tetapi berpotensi berbahaya.

Add Comment