Yuk Mari Mengenal Bagian Ginjal Dan Fungsinya

Bagian Ginjal Dan Fungsinya – Salah satu organ tubuh yang paling penting untuk kita jaga adalah ginjal. Ginjal yang berjumlah 1 pasang ini berada di bagian kanan dan kiri tubuh manusia. Sayangnya, karena kebanyakan dari kita sering menganggap remeh tentang masalah ginjal ini, alhasil banyak dari kita yang sering terkena penyakit ginjal secara tiba-tiba.

Misalnya saja seperti batu ginjal, ginjal bengkak, dan lain-lain. Beberapa penyakit ginjal tersebut bisa saja muncul akibat dari pola konsumsi air putih yang kita minum tidak sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh dokter. Selain itu, beberapa penyakit ginjal di atas juga bisa terjadi karena duduk terlalu lama dan jarang berolahraga.

Untuk menghindari beberapa penyakit ginjal tersebut, sangat penting sekali bagi kita agar paham dan mengerti bagian ginjal dan fungsinya bagi kesehatan tubuh. Untuk mencari tahu informasi akan hal ini, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Daftar Bagian Ginjal Dan Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Daftar Bagian Ginjal Dan Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini, Meroket.com akan memberikan referensi terkait bagian ginjal dan fungsinya bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa bagian ginjal tersebut diantaranya:

Nefron

Nefron

Nefron merupakan salah satu bagian ginjal terpenting yang harus kita jaga. Bagian nefron ini berfungsi sebagai filter dari darah, air dan beberapa zat cair yang ada dalam tubuh kita. Jika bagian nefron ini rusak, bisa jadi Anda kencing keluar darah atau terdapat beberapa zat penting bagi tubuh yang keluar bersamaan dengan urine. Jika hal ini tidak segera diobati, maka Anda akan kekurangan beberapa zat penting tubuh.

Korteks

Korteks

Bagian ginjal dan fungsinya yang kedua ialah korteks. Korteks merupakan tempat muara asal urine yang akan keluar. Dimana didalam korteks ini penyaringan darah dimulai pertama kali sebelum diteruskan ke nefron. Di dalam korteks ini juga terdapat beberapa bagian ginjal yang terpenting yang akan kami jelaskan pada nomor 3 dan selanjutnya.

Glomerulus

Glomerulus

Seperti yang kita tahu, sebelum terbentuk urine asli. Terdapat 3x penyaringan dimana Glomerulus adalah bagian ginjal pertama yang bisa menghasilkan urine prime. Disini merupakan tempat penyaringan pertama seperti air, asam amino, garam, urea dan zat gula.

Kapsula Bowmen

Kapsula Bowmen

Bagian ginjal dan fungsinya yang penting selanjutnya ialah Kapsula Bowmen. Selaput tipis yang menyerupai kantung ini merupakan pelindung glomerulus.

Medulla

Medulla

Medulla merupakan tempat dimana urine sekunder terbentuk setelah melalui banyak proses penyaringan dan dipastikan bahwa zat dalam urine merupakan zat yang memang harus keluar dan bukan bercampur dengan darah atau pun zat lain.

Ureter

Ureter

Ureter merupakan sebuah saluran urine yang menghubungkan antara renal perlvis dengan kandung kemih. Secara sederhana bagian ini merupakan saluran urine yang tugasnya meneruskan dari pelvis ke kandung kemih apabila sudah penuh.

Pelvis

Pelvis

Pelvis merupakan tempat penampungan urine sementara yang sudah disaring oleh beberapa bagian ginjal sebelumnya. Biasanya, ketika kuantitas urine dalam renal pelvis ini penuh maka secara otomatis akan diteruskan ke ureter yang akan bermuara di kandung kemih. Di kandung kemih ini nantinya pun demikian. Apabila kandung kemih sudah penuh akan urine, maka secara otomatis syaraf akan meneruskan ke otak dan memberi response ke tubuh kita untuk buang air besar.

Itulah beberapa bagian ginjal dan fungsinya yang wajib kita ketahui. Setelah membaca ulasan di atas, tentu kita harus bersyukur apabila ginjal yang kita miliki masih sehat. Untuk itu, mari jaga kesehatan ginjal dengan rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dan jangan lupa berolahraga ya.

baca juga : Daftar Makanan Untuk Darah Rendah Yang Cocok Dikonsumsi

Yuk Mari Mengenal Bagian Ginjal Dan Fungsinya | Dwi Ady | 4.5