Daftar Penyebab Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab

Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab – Beberapa penyakit kulit yang menimbulkan rasa gatal diketahui karena disebabkan oleh kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat atau lingkungan yang tidak bersih. Kalau penyakitnya seperti penyakit kulit yang telah dibahas dalam tulisan yang ini : Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Dan Obatnya, sudah jelas diketahui penyebab dan obatnya apa, bagaimana jika tidak diketahui? Tentunya bisa menimbulkan kebingungan si penderita. Namun Anda tidak perlu terlalu kwatir, karena penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab itu mungkin adalah salah satu dari hal-hal berikut:

badan gatal-gatal tanpa sebab

1. Karena Penyakit Dalam

Rasa gatal-gatal pada kulit tanpa sebab bisa jadi disebabkan oleh adanya gangguan penyakit dalam seperti Leukimia, ginjal, sirosis atau hepatitis. Empat jenis penyakit yang disebutkan itu memang sering menimbulkan efek gatal pada kulit. Tentunya Anda harus waspada dengan penyakit-penyakit dalam seperti itu karena akibatnya bisa fatal.

Kalau penyakit gatal yang dialami tidak kunjung berhenti dalam waktu seminggu lebih, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyakit dalam apa yang sedang diderita. Jika pemyakitnya nanti sudah diketahui, langkah pengobatan selanjutnya bisa segera diambil oleh dokter.

2. Karena Kulit Kering

Penyebab gatal-gatal lainnya mungkin adalah karena kondisi kulit yang kering. Terlalu lama dalam ruangan ber-AC, terlalu lama menyelam dalam air atau terpapar udara dengan kelembaban rendah adalah diantara penyebab kulit kering. Rasa gatal yang diderita biasanya disertai dengan munculnya bintik merah pada kulit dan juga berbagai bentuk perubahan yang lain.

Langkah pengobatan paling sederhana yang bisa diambil salah satunya dengan mengoleskan lotion pelembab pada bagian tubuh yang gatal. Jika dalam waktu beberapa hari gatal tersebut tidak juga hilang, disarankan untuk segera menemui dokter guna memeriksakan kesehatan.

3. Disebabkan Oleh Stress

Kondisi psikologis yang stress terlalu lama diketahui juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit. Ketika seseorang mengalami stress, tubuh akan memproduksi dua jenis hormon yaitu Adrenalin dan Kortisol. Saat dua hormon tersebut dilepaskan secara terus-menerus ke dalam darah, sistem imun tubuh akan memberikan reaksi salah satunya adalah dengan mengeluarkan pula hastamin yang memang akan menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit.

Untuk menghindari stress yang berkepanjangan, sebaiknya ambil waktu untuk santai atau jalan-jalan sejenak. Atau bisa juga dengan melakukan olah raga ringan yang menjadi hobi Anda. Kondisi mental yang sehat akan menghilangkan rasa gatal pada kulit secara perlahan-lahan.

4. Karena Hormon Masa Kehamilan

Ini khusus bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Rasa gatal yang timbul selain karena peregangan kulit terutama pada perut dan payudara, bisa juga karena terjadinya perubahan hormonal di dalam tubuh ibu yang sedang mengandung tersebut. Diantara hormon yang meningkat saat hamil adalah Esterogen. Peningkatan kadar hormon itu biasanya akan menyebabkan telapak tangan dan kaki mengalami kemerahan yang disertai rasa gatal yang cukup mengganggu.

Gatal yang diderita ketika sedang hamil adalah suatu hal yang wajar, namun tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan jenis penyakit serta metode pengobatan yang bisa diambil.

Nah, itulah beberapa kemungkinan penyebab rasa gatal yang timbul tanpa sebab. Poin pertama dan keempat memerlukan penanganan doker ahli untuk mengobatinya, sementara untuk penyebab nomor 2 dan 3 bisa diobati oleh penderita sendiri, tapi tentunya tidak ada larangan juga jika ingin berkonsultasi dengan dokter. Demikian, semoga bermanfaat.

Add Comment