8 Tanda-Tanda Meningitis Pada Anak-Anak Yang Orang Tuanya Perlu Perhatian

Tanda-Tanda Meningitis Pada Anak-Anak Yang Orang Tuanya Perlu Perhatian – Meningitis adalah penyakit yang berhubungan dengan peradangan membran pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Ada banyak penyebab meningitis, tetapi umumnya gejalanya sering sama dan sulit diidentifikasi.

Meningitis adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang dapat mempengaruhi kehidupan orang, terutama yang paling rentan terhadap meningitis. Itulah mengapa saat ini kita berbagi 8 tanda meningitis pada anak-anak akan membantu orang tua melakukan penanganan tepat waktu ketika anak sakit. Silahkan simak informasinya berikut ini

tanda-tanda meningitis pada anak-anak yang orang tuanya perlu perhatian

8 Tanda-Tanda Meningitis Pada Anak-Anak Yang Orang Tuanya Perlu Perhatian

  1. Demam secara tiba-tiba

Salah satu gejala meningitis adalah demam mendadak. Tubuh muda bergetar dan selalu terasa dingin.

Suhu tubuh anak tiba-tiba dan cepat meningkat, khususnya sulit menurunkan demam. Namun, pada kenyataannya, ini juga merupakan gejala dari banyak penyakit yang berbeda, sehingga orang tua perlu memperhatikan tanda-tanda lain untuk membuat kesimpulan apakah anak tersebut mengalami meningitis atau tidak.

  1. Sakit kepala parah

Sakit kepala yang disebabkan oleh meningitis tidak serius tetapi mereka membuat anak merasa tidak nyaman. Selain itu, sakit kepala dapat memengaruhi leher, tetapi banyak orang tua yang menyadari sedikit atau tidak ada tanda-tanda meningitis.

Jika anak Anda mengalami sakit kepala yang parah selama beberapa hari karena demam tinggi, itu mungkin disebabkan oleh meningitis. Selain itu, orang tua harus menyadari bahwa jika ujung kepala anak membengkak, ini mungkin tanda meningitis parah pada anak-anak.

  1. Meneteskan air mata

Anak-anak dengan meningitis sering tidak dapat memusatkan perhatian pada mata mereka, itulah sebabnya mereka sering pusing atau meneteskan air mata.

  1. Nyeri perut, mual dan muntah

Beberapa anak dengan meningitis sering menunjukkan tanda-tanda hilangnya nafsu makan. Penyebab mual terus menerus, disertai sakit perut dan muntah.

  1. Sensitivitas terhadap cahaya

Gejala umum lainnya pada orang dengan meningitis adalah kepekaan terhadap cahaya. Anak-anak akan menutup mata mereka dengan mata atau mengeluh cahaya yang menyebabkan mereka memiliki air mata, mual dan sakit kepala.

  1. Kekakuan leher

Salah satu gejala penyakit meningokokus yang paling umum pada anak-anak adalah kekakuan leher, kesulitan bergerak ke arah yang mengarah pada kesulitan berputar. Anak Anda tidak akan memperhatikan gejala ini, tetapi perhatikan apakah anak Anda memegangi kepalanya secara tidak biasa atau merasa lehernya kurang lentur dari biasanya.

Cobalah untuk menyentuh dagu Anda dengan dada Anda. Jika anak Anda bisa menyentuh dagunya tanpa kesulitan apa pun. Tetapi jika tidak nyaman dan bahkan terasa sakit ketika dagu Anda menyentuh dada Anda, bawalah ke dokter untuk memeriksanya tepat waktu.

  1. Tidak bisa meluruskan kaki

Selain itu, orang tua dapat memeriksanya dengan berlutut, kaki mereka meregang. Kemudian, letakkan tangan Anda di bawah tumitnya dan perlahan angkat kedua kaki. Biasanya mengangkat hingga lebih dari 70 derajat masih lurus, tetapi jika tidak kurang dari 70 derajat tetapi kakinya telah menyusut (kaki terlipat ke paha), ini adalah tanda bahwa dia bisa meningitis.

Orang tua harus membawa anak untuk segera tes karena mungkin memiliki anak-anak dengan meningitis.

  1. Ruam kulit

Ruam kulit juga merupakan tanda meningitis. Ketika Anda melihat ruam pada kulit Anda, orang tua harus mencoba tes di bawah ini untuk melihat apakah ruam terkait dengan penyakit meningokokus.

baca juga : 7 Kebiasaan Yang Diam-Diam Membunuh Anda Setiap Hari

Pertama, ambil gelas bersih, dengan lembut tekan cangkir pada kulit ruam anak. Tetap menekan kaca sampai kulit menjadi pucat. Jika ruam menghilang atau mengaburkan, itu bukan karena meningitis. Tetapi jika ditekan, ruam bisa melihat dengan jelas melalui cawan, itu karena meningitis. Namun, Anda harus ingat bahwa tes ini tidak 100% akurat, jadi sebaiknya periksa dengan dokter Anda.

Apa yang harus dilakukan ketika anak Anda mengembangkan gejala-gejala ini?

Meningitis adalah penyakit yang serius, jika tidak terdeteksi intervensi dini dan tepat waktu akan mempengaruhi kehidupan anak-anak. Karena itu, segera setelah anak muncul gejala harus dibawa ke rumah sakit sesegera mungkin.

Juga, beri anak istirahat, tenang dan jangan biarkan bola lampu terlalu terang saat tidur. Laporkan semua gejala ke dokter Anda. Harus dirawat di rumah sakit untuk perawatan, tidak ada perawatan rawat jalan.

8 Tanda-Tanda Meningitis Pada Anak-Anak Yang Orang Tuanya Perlu Perhatian | Dwi Ady | 4.5