7 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur – Menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim karena memang siklusnya seperti hal tersebut, atau biasanya lebih dikenal dengan suatu fase yang dialami oleh para wanita dewasa yang sudah pubertas. Tetapi banyak keluhan menstruasi yang dikeluhkan sebagian besar wanita karena tidak teratur nya masa tersebut. Mengapa siklus menstruasi terjadi secara tidak teratur?

Menstruasi tidak teratur berarti siklusnya mengalami pelambatan biasanya pada tahun pertama setelah memasuki, Namun apabila bukan tersebut pastilah karena hormon atau psikolog yang buruk.

Menstruasi tidak teratur apa penyebabnya? Biasanya menstsrusasi yang tidak teratur di usia remaja disebabkan karena hormon tidak seimbang atau mengalami psikolog yang buruk. Para remaja sering menduga duga akibat telatnya menstruasi tersebut dengan hal-hal yang menakutkan seperti penyakit kista atau sedang hamil. Nah, sudah pasti Anda tidak ingin mengalami mentruasi yang terhambat bukan? Silahkan simak ulasan artikel berikut ini untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

cara mengatasi menstruasi tidak teratur

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan telatnya menstruasi adalah fikiran yang terlalu khawatir dan stress. Sehingga menyebabkan menstruasi tidak sesuai jadwal. Maka, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi menstruasi tidak teratur akibat faktor tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi Teh

Teh bisa membantu dalam membersihkan darah dan dapat mengatasi keluhan wanita yang sedang tidak teratur. Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi teh dalam keadaan hangat.

2. Konsumsi Pare

Pare dapat membuat  menstruasi teratur dengan cara dijadikan sebagai minuman yang berkhasiat. Pare juga merupakan rempah yang mudah didapat dilingkungan sekitar kita. Meski rasanya yang sedikit pahit, pare menajdi salah satu cara mengatasi menstruasi tidak teratur dan terbukti khasiatnya.

3. Berlibur

Menstruasi tidak teratur dapat juga disebabkan karena banyak timbunan pikiran yang terlalu berat. Stress dapat menjadi penyebab proses menstruasi terhambat. Untuk mengatasinya, maka sangat disarankan untuk pergi berlibur sampai pikiran kembali tenang. Bila sudah melakukannya, biasanya saat itu juga sirkulasi darah akan lancar dan menstruasi jadi tidak terhambat lagi.

4. Jamu

Ramuan tradisional sangat baik dalam memperlancar menstruasi, contohnya jamu kunyit asam. Lalu dimana kita bisa mendapatkan jamu tersebut? Anda dapat membelinya langsung di toko herbal atau toko jamu terdekat. Selain paraktis, jamu pun akan menyehatkan tubuh secara alami.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih dapat memperlancar peredaran darah, termasuk darah menstruasi. Biasakan minum air putih di pagi hari yang banyak. Minimal dalam sehari kurang lebih 8 gelas atau setara dengan 2 liter.

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga dapat membantu untuk memperlancar menstruasi. Mengapa? Olahraga secara tidak disadari dapat memperlancar peredaran darah karena melemaskan otot tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, maka dapat memperlancar menstruasi. Olahraga yang dilakukan bersama dengan pola makan sehat akan sangat mempengaruhi kelancaran dari menstruasi.

7. Positive Thinking

Anda mungkin terlalu berfikir yang aneh-aneh hingga mengalami telat dalam menstruasi, mulai sekarang cobalah Anda untuk berfikir positif dan jangan menerka-nerka kejadian yang belum pasti terjadi.

Menebak-nebak hal yang tidak pasti hanya akan membuat banyak timbunan dalam otak dan menyebabkan sirkulasi darah jadi tidak lancar. Bersikaplah santai dan positif thinking maka akan membantu melancarkan peredaran darah dalam menstruasi.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi menstruasi tidak teratur dengan cara alami. Cara alami tidak akan menimbulkan efek samping dan tanpa perlu biaya mahal. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melancarkan menstruasi. Akan tetapi cara di atas adalah cara yang paling direkomendasikan. Maka, untuk melancarkan menstruasi jangan ragu untuk melakukan tips di atas. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda ya. Semoga bermanfaat.

baca juga : Macam – Macam Keputihan

7 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur | Dwi Ady | 4.5